Bukan Mulan Jameela, Nasehat Ulama Besar ini yang Membuat Ahmad Dhani Tak Mau Berdebat dengan Jerinx SID

Jumat, 15 Mei 2020 | 11:00
Kolase Instagram Mulan Jameela dan Jerinx

Ahmad Dhani beberkan alasan tak balas tantangan Jerinx, ternyata selain Mulan Jameela, ia juga mendapat nasehat dari ulama besar lainnya.

Bukan Mulan Jameela, Nasehat Ulama Besar ini yang Membuat Ahmad Dhani Tak Ladeni Debat dengan Jerinx SID

GridHITS.id - Penggebuk drum Superman Is Dead (SID) kerap melontarkan kalimat kontraversial belakangan ini.

Dulu, penganut teori konspirasi ini mengatakan, virus corona adalah bagian dari konspirasi negara elit menguasai dunia, sehingga ia mengimbau pendukungnya untuk tak takut corona dan tak suntik corona.

Belakangan, Jerinx mengeluarkan teori konspirasi agama yang disambut oleh Ahmad Dhano dalam sebuah perdebatan panas di media sosial.

Baca Juga: Tak Terpancing Sama Sekali, Ternyata Alasan Ahmad Dhani Tak Balas Tantangan Jerinx Ada Kaitannya dengan Mulan Jameela

Baca Juga: Terus-terusan Tuai Kontroversi, Kali Ini Jerinx Tantang Ahmad Dhani Bertemu Usai 'Ditertawai' Akibat Kata-katanya, Al Ghazali Langsung Beri Respon Menohok

Ya, konflik antara Jerinx personil band SID dengan Ahmad Dhani belakangan memang ramai diperbincangkan.

Bukan tanpa sebab, konflik keduanya bermula ketika Jerinx dalam sebuah wawancara di Kompas TV menyebut bahwa agama adalah salah satu teori konspirasi.

"Masyarakat Indonesia percaya sama agama enggak mayoritas ? Saya berani bilang agama itu salah satu teori konspirasi juga. Karena tidak ada bukti sains," ucap Jerinx dilansir dari Kompas TV.

Usai mengemukakan hal demikian, Ahmad Dhani kemudian mulai memberikan responnya terkait ucapan Jerinx.

Menurut Dhani, seseorang yang menganggap bahwa agama adalah teori konspirasi, maka orang tersebut sama saja seperti tidak percaya sejarah.

"Jadi jika ada seseorang yang menganggap bahwa agama itu adalah konspirasi itu sama aja orang yang enggak percaya sejarah," ungkap Ahmad Dhani.

Tak cukup sampai di situ, Ahmad Dhani juga menantang Jerinx untuk berani ke debat umum perihal ucapannya yang menganggap agama adalah sebuah konspirasi.

"Untuk Jerinx, dia harus berani membawa risalahnya, Jerinx harus berani ke debat umum. Misalnya agama itu konspirasi. Buat saya, orang yang belajar itu bukan hal baru.

Sejauh apa keyakinanmu bahwa agama adalah konspirasi ? Ilmumu itu harus dibuktikan dalam sebuah debat-debat. Kalau ada yang tantang debat, hadirlah. Dan coba mengutarakan isi pikiranmu, bukan pikiran orang lain," ucap Ahmad Dhani.

Usai mendapatkan respon demikian, Jerinx yang kesal langsung melayangkan tantangan kepada Ahmad Dhani.

Tak tanggung-tanggung, Jerinx bahkan langsung menantang Ahmad Dhani untuk berdiskusi mengenai hal tersebut.

Jerinx bahkan dibuat makin naik pitam gegara ajakannya tersebut tak kunjung di respon Ahmad Dhani.

"Mas botak @ahmaddhaniofficial kenapa ajakan saya diskusi tidak anda respon ? Kemarin anda post video di YT khusus untuk "ngetawain" argumen saya ttg konspirasi.

Sekarang anda abaikan tawaran saya. Anda laki ? berani bacot berani tanggung jawab gak ?"tantang Jerinx pada Jumat (8/5/2020).

Usai beberapa saat terdiam, Ahmad Dhani akhirnya angkat bicara terkait dirinya yang tak merespon ajakan Jerinx.

Melansir dari tayangan kanal YouTube Video Legend yang diunggah pada Senin (11/5/2020) Ahmad Dhani mengaku ada alasan tersendiri.

YouTube/VIDEO LEGEND
YouTube/VIDEO LEGEND

Ahmad Dhani beri alasan kenapa dirinya tak respon saat ditantang Jerinx

Ya usut punya usut, alasan dirinya tak menanggapi disebutnya karena ada peran dari sang istri, Mulan Jameela.

Baca Juga: Al Ghazali Terpancing Lihat Ahmad Dhani Ditantang Jerinx SID, Mitha The Virgin: Tong Kosong Nyaring Bunyinya

Baca Juga: Jerinx SID Kembali Jadi Sorotan Usai Tanggapi Kasus Corona hingga Buat Dokter Ini Ikut Geram: Orang Ini Beneran Otaknya di Dengkul

Ya, pasca bebas dari penjara, Ahmad Dhani memang diawasi secara ketat oleh Mulan Jameela, terutama soal media sosial.

"Saya dikirimi IG tantangan. Saya enggak bisa menjawab tantangan itu karena IG saya itu disandera nyonya saya. Karena saya pernah masuk penjara gara-gara IG, gara-gara Twitter," ungkap Ahmad Dhani.

Pada kesempatan itu, secara gamblang Dhani memang mengakui akun miliknya dipegang dan dikendalikan Mulan.

"IG yang sekarang saya dipegang oleh nyonya saya. Jadi saya enggak bisa sembarangan IG. Saya tidak punya akses IG saya di luar hal-hal yang human interest," tambahnya.

Tak tanggung-tangggung bahkan saat dirinya ingin mengunggah sesuatu, Dhani harus meminta izin Mulan.

Dijelaskan Ahmad Dhani, konten-konten bermuatan politik biasanya tidak akan digubris Mulan Jameela.

Hanya konten yang menurut Mulan Jameela pantas diunggah saja yang akan dibagikan Ahmad Dhani.

"Kalau saya (mau) kirim IG itu saya kirim ke istri saya 'sayang, ini di-upload'. Kalau di-screening sama istri saya 'oke', di-upload sama istri saya. Tapi kalau kontennya politik, enggak dibalas.

Baca Juga: Bukan Mulan Jameela, Nasehat Ulama Besar ini yang Membuat Ahmad Dhani Tak Mau Berdebat dengan Jerinx SID

Baca Juga: Urat Takutnya Sudah Putus! Jerinx SID Tantang Tubuhnya Disuntikkan Virus Corona, Dr. Tirta Geram: Harusnya Lebih Berilmu

Makanya saya enggak bisa jawab tantangannya orang tersebut, pasti engga dikasih sama istri saya," pungkas Ahmad Dhani.

Terakhir, untuk tantangan berdebat secara langsung dari Jerinx, Ahmad Dhani berujar bahwa ia tidak akan pernah memenuhinya.

Sebab, Ahmad Dhani berpegang teguh pada perkataan Imam Syafi'i yang menganjurkan umat islam untuk meninggalkan debat dalam urusan agama.

Nasehat Imam Syafiilah yang membuat Ahmad Dhani mundur dari perdebatan yang sia-sia.

LARANGAN DEBAT DALAM AGAMA ISLAM

Dilansir GridHITS.id dari situs rumaysho.com, berdebat yag sia-sia dilarang oleh ulama.

Debat yang tercela adalah debat yang tidak memakai dasar ilmu, tanpa dalil. Contohnya lagi adalah debat dengan menggunakan otot, bukan argumen yang kuat.

Salah satu akibat suka berdebat yang tercela adalah menghilangkan keberkahan ilmu.

Moga kita diberikan hidayah dengan merenungkan nasihat Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin berikut ini:

Debat secara umum akan menghilangkan berkah. Telah disebutkan dalam Shahih Al-Bukhari, dari hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلَى اللَّهِ الأَلَدُّ الْخَصِمُ

“Orang yang paling dibenci oleh Allah adalah orang yang paling keras debatnya.” (HR. Bukhari, no. 4523; Muslim, no. 2668)

Yang dimaksud orang yang paling dibenci di sini adalah orang yang berdebat dengan cara yang keras.

Secara umum, orang yang suka berdebat (yang tercela) akan menghilangkan keberkahan pada ilmunya. Karena orang yang menjatuhkan diri dalam perdebatan (yang tercela) tujuannya hanya ingin dirinya menang. Itulah sebab, hilangnya berkah ilmu pada dirinya.

Adapun orang yang menginginkan kebenaran, maka kebenaran itu akan mudah diterima, tidak perlu dengan debat yang keras. Karena kebenaran itu begitu jelas dan terang benderang.

Coba lihat saja pada pelaku bid’ah yang ingin mendukung kebid’ahannya. Yang ada, keberkahan ilmu pada dirinya berkurang. Ia sama sekali tidak bertujuan untuk mencari kebenaran. Karena ia hanya ingin mencari-cari pembenaran untuk mendukung pendapatnya saja, bukan sejatinya mencari kebenaran.

Oleh karena itu, siapa saja yang berdebat hanya untuk cari menang, maka ia tidak diberi taufik dan tidak mendapatkan keberkahan ilmu. Adapun yang berdebat (berdiskusi) karena ingin meraih ilmu dan ingin meraih kebenaran serta menyanggah kebatilan, maka itulah yang diperintahkan. Hal ini disebutkan dalam ayat,

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

“Serulah (manusia) kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. An-Nahl: 125) (Penjelasan Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin dalam Surat Al-Baqarah: 124. Dinukil dari Syarh Al-Kabair, hlm. 217-218)

Artikel ini telah dimuat di Grid.ID dengan judul : Dikatai Tak Laki Usai Bungkam Saat Ditantang Jerinx Soal Teori Konspirasi, Ahmad Dhani Ungkap Alasannya Tak Berkutik Gegara Medsosnya Disandera Mulan Jameela: IG Dipegang Nyonya!dan Rumaysho.com dengan judul : Ingin Berkah Ilmu, Tinggalkan Perdebatan

Editor : Saeful Imam

Sumber : Grid.ID

Baca Lainnya