Bikin Tenang di Tengah Kepanikan! Pemerintah Menjamin Seluruh Warga yang Terkena Corona Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis, Termasuk WNA!

Minggu, 10 Mei 2020 | 10:20
Tangkap layar Kompas.tv

Gigit Jari Usai Gasak Rp 20 Juta hingga Emas Seberat 15 Gram di Rumah Pasien Positif Corona, Para Pelaku Rampok Ini Akhirnya Jalani Rapid Test!

Bikin Tenang di Tengah Kepanikan! Pemerintah Menjamin Seluruh Warga yang Terkena Corona Dapat Pelayanan Kesehatan, Termasuk WNA!

GridHITS.id - Wabah corona menyimpan kekhawatiran tersendiri di kalangan masyarakat.

Banyak yang ketar-ketir seandainyaterkena virus covid-19.

Biaya yang tinggi mencapai ratusan juta rupiah menjadi kecemasan tersendiri.

Baca Juga:Tanda-tanda Pandemi Berakhir Sudah Terlihat! Pemerintah Rencanakan Buka Mal, Tempat Ibadah, dan Sekolah di Awal Juni, ini Tahapan dan Syaratnya

Baca Juga:Bukan Kabar Baik, Belum Usai Pandemi Corona, PBB Beri Peringatan Akan Datangnya Bencana ini di Seluruh Dunia, Apa?

Kabar baiknya, masyarakat sebaiknya tetap tenang dan tak khawatir karena pemerintah akan menjamin pelayanan kesehatan kepada setiap warga yang terkena corona.

Bahkan, masyarakat yang tak ikut BPJS pun ikut ditanggung.

Berikut release lengkapnya.

Pemerintah memberikan pengumuman siapa saja yang berhak mendapat pelayanan dan jaminan dari BPJS Kesehatan.

Menjawab keresehaan publik, BPJS Kesehatan secara langsung mengumumkan berita baik.

"Kriteria masyarakat yang mendapatkan pelayanan dan jaminan Covid-19 ini di antaranya adalah seluruh penduduk Indonesia," jelas Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembayaran Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief.

YouTube/ BNPB Indonesia

Kriteria masyarakat yang mendapat jaminan dan pelayanan Covid-19

Dijelaskan bahwa tidak ada batasan siapa yang akan mendapat pelayanan dan jaminan dari BPJS Kesehatan.

Artinya, bahwa semua masyarakat yang ada di Indonesia walaupun bukan peserta JKN atau BPJS bisa mendapat pelayanan dan jaminan Covid-19 dengan baik.

"Tidak memandang apakah yang bersangkutan adalah peserta JKN atau BPJS ataupun bukan," tukas Budi Mohamad Arief dikutip dari kanal YouTube 'BNPB Indonesia'(8/5/2020).

Baca Juga:Baru Saja Ditangkap Polisi, Ketua RT Penolak Jenazah Perawat Kembali Dilanda Musibah Baru, Apa?

Baca Juga:Peneliti ITB : Bila Pemerintah DKI Jakarta Ambil Kebijakan ini, Korban Covid-19 Tak Akan Mencapai Angka Puluhan Ribu

Tak hanya itu, WNA yang terpapar Covid-19 juga akan mendapat jaminan dari pemerintah Indonesia.

"Bahkan Warga Negara Asing (WNA) pun yang mereka sedang ada di Indonesia dan kebetulan menderita serangan penyakit akibat Covid-19 itupun akan dijamin oleh pemerintah," tutur Budi Mohamad Arief.

Budi Mohamad Arief juga mengingatkan agar masyarakat patuh menjaga jarak sosial.

"Dan pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan juga pesan kepada seluruh hadirin agar tetap melaksanakan upaya pencegahan.

"Jangan meremehkan pandemi Covid ini, karena kita tidak pernah tahu dari mana penularan itu datang atau kita juga bisa jadi pihak yang menularkan pada orang lain.

Baca Juga:Dulu Dihujat karena Sering Menikah Setingan, Kini Artis ini Nikahi Pengusaha Kaya dan Bisa Ngungsi ke Pulau Terpencil karena Takut Corona

Baca Juga:Hampir Satu Bulan Menjalani Masa Karantina, Sarwendah Tiba-Tiba Curahkan Kondisi Tak Terduga Ruben Onsu di Tengah Wabah Virus Corona, Ada Apa?

"Oleh karena itu, jangan lupakan cuci tangan dengan air mengalir minimal 20 detik, selalu menggunakan masker ketika berada di tempat umum, dan upayakan jaga jarak 1-2 meter dengan orang di sekeliling kita.

"Sehingga kita bisa melakukan semua pekerjaan itu di rumah, maka akan lebih baik kita di rumah saja dan menjelang lebaran tahun ini kita berharap tidak perlu mudik.

"Kali ini ibadah cukup di rumah dan saudara-sudara kita yang ada di kampung halaman bisa kita hubungi melalui media telekomunikasi.

"Lakukan dengan disiplin, jadilah pahwalan, lindungi diri, dan lindungi orang lain, mari menangkan perang melawan Covid-19! Karena Indonesia bisa," tutup Budi Mohamad Arief.

Artikel ini telah ditulis di nakita.id dengan judul : Berita Gembira untuk Kita Semua, Pemerintah Baru Saja Menjamin Seluruh Masyarakat Bahkan WNA Bisa Dengan Tenang Dapat Pelayanan Covid-19 dari BPJS Kesehatan Meski Bukan Anggota, Apa Kriterianya?

Editor : Saeful Imam

Sumber : YouTube

Baca Lainnya