Masih Muda Sudah Katarak, Ternyata Ini Sebabnya Baim Wong Bisa Divonis Katarak Sampai Harus Dioperasi

Sabtu, 02 Mei 2020 | 13:27
instagram.com/baimwong/

Baim Wong dan Kiano

GridHITS.id - Nama Baim Wong pastinya sudah tak asing lagi di telinga kita.

Baim yang dikenal dengan tingkah jahil dan sederetanprank-nya ini beberapa hari lalu membagikan kabar kurang mengenakkan.

Padahal usianya masih cukup muda, tapi siapa sangka Baim Wong divonis mengalami katarak.

Melalui kanal YouTube-nya, suami dari Paula Verhoeven ini menyebut ia divonis mengalami katarak usai mengeluhkan matanya yang buram.

Baca Juga: Jempol Warganet Tak Bisa Ditahan, Adik Paula Verhoeven Jadi Bulan-Bulanan Dianggap Numpang Hidup Dengan Paula Verhoeven dan Baim Wong

Baca Juga: Kondisinya Tak Prima Selama Satu Bulan Terakhir, Baim Wong Akui Takut Pergi ke Rumah Sakit karena Pandemi Corona

"Harus dioperasi bosque, katanya katarak" kata Baim Wong, di chanel YouTube miliknya, Jumat (1/5/2020).

Katarak sendiri merupakanpengaburan lensa mata yang biasanya jernih menjadi seperti berkabut.

Beberapa penderita katarak juga mengaku jarak dan luas pandangnya menjadi sempit seakan melihat dari celah jendela yang tertutup.

Penglihatan kabur yang disebabkan oleh katarak ini dapat membuat penderitanya lebih sulit untuk membaca, mengendarai mobil (terutama di malam hari) atau melihat ekspresi di wajah orang lain.

Sebagian besar katarak menyerang orang yang sudah berusia lanjut.

Kasus katarak pada anak muda seperti yang dialami Baim Wong memang jarang terjadi, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Baca Juga: Fakta Baru Baim Wong Pernah Dekati Sosok Ini Kalah Mencengangkan, Siapa?

Baca Juga: Sabai Hamil Lagi, Ringgo Agus Rahman Syok Lihat Hasil USG Janinnya Belum Punya Tempurung Kepala, Istrinya Sampai Nangis-nangis

Beberapa hal ini dapat menyebabkan anak muda mengalami katarak seperti yang menimpa Baim Wong.

Cedera mata akibat kecelakaan atau hantaman benda keras misalnya, akan berpengaruh pada lensa mata seseorang.

Cedera dapat mengubah jaringan yang membentuk lensa mata sehingga timbul katarak yang mengaburkan pandangan.

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi faktor yang paling berbahaya.

Terlalu sering berada di tempat yang silau atau beraktivitas di bawah paparan sinar matahari yang terik dapat mempercepat proses timbulnya katarak di mata.

Oleh sebab itu, disarankan menggunakan topi atau kaca mata hitam untuk melindungi mata.

Selain itu, faktor lain yang mempengaruhi kesehatan seperti diabetes, kegemukan, dan tekanan darah tinggi juga mampu menimbulkan katarak di mata.

Sementara Baim Wong sendiri divonis katarak di usia muda lantaran faktor keturunan.

Baca Juga: Viral Bule Asal Rusia Ngamen Demi Sambung Hidup, Kini Harus Terima Nasib Dideportasi Hingga Alami Nasib Seperti Ini

Baca Juga: Arab Saudi Bereskan Masalah Virus Corona dengan Cepat, Ternyata Cara yang Justru Tidak Diterapkan di Indonesia Ini yang Jadi Kuncinya

"Ini faktor keturunan, karena masih muda sudah punya katarak. Harusoperasinih, takut juga," kata Baim dikutip dari video YouTubenya.

Beberapa kelainan genetik bawaan yang menyebabkan masalah kesehatan lainnya memang diketahui dapat meningkatkan risiko katarak pada anak muda.

Katarak juga dapat disebabkan oleh kondisi mata lainnya, operasi mata yang lalu atau kondisi medis seperti penggunaan obat steroid jangka panjang.

Kebanyakan katarak berkembang perlahan dan tidak mengganggu penglihatan, namun seiring waktu, tanpa disadari katarak pada akhirnya akan mengganggu penglihatan sepenuhnya.

Pada awalnya, pencahayaan yang lebih kuat dan kacamata dapat membantu mengatasi katarak ringan.

Tetapi jika gangguan penglihatan mengganggu aktivitas, operasi katarak lah yang paling tepat untuk dilakukan.

Untungnya, operasi katarak umumnya merupakan prosedur yang aman dan efektif.

Baca Juga: Pernikahan Baru Berjalan 10 Hari, Zaskia Gotik Justru Ungkap Kabar Sedih, Istri Sirajuddin Mahmud : Kasihan Baru Nikah Udah Ditinggal

Artikel ini telah tayang di laman Nakita.id dengan judul "Usianya Masih Muda Tapi Sudah Divonis Mengidap Katarak, Ternyata Ini Penyebab Katarak Bisa Menyerang Anak Muda Seperti Baim Wong"

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya