Mendadak Viral, Sosok Ini Kejutkan Publik dengan Sebutkan Daun yang Bisa Menjadi Obat Covid-19 yang Ternyata Sudah Menjadi Obat Sejak Zaman Dulu, Benar Ampuh?

Sabtu, 11 April 2020 | 18:15
freepik

Seorang kakek mendadak viral karena sebutkan obat yang ampun tangani corona

Mendadak Viral, Sosok Ini Kejutkan Publik dengan Sebutkan Daun yang Bisa Menjadi Obat Covid-19 yang Ternyata Sudah Menjadi Obat Sejak Zaman Dulu, Benar Ampuh?

GridHITS.id- Hingga kini Indonesia masih disibukkan dengan penanganan pandemi covid-19 yang telah menyerang hampir seluruh negara di Indonesia.

Tenaga medis di dunia pun terus berupaya menemukan obat agar masyrakat dunia dapat segera sembut.

Baca Juga: Indonesia Dikelilingi Gunung Berapi, WIrang Birawa Ungkapkan Kekhawatiran Saat Masyarakat Tengah Tidur, 'Membawa Air Menyentuh Daratan'

Baca Juga: Bikin Kaget, Setelah Kepergian Glen Fredly, Roy Kiyoshi Prediksi Ada Artis Senior Wanita Meninggal Dunia

Namun, secara mengejutkan sosok ini muncul menyebutkan obat yang dapat digunakan untuk atasi virus corona.

Seorang kakek di Sungailiat Bangka, Kepulauan Bangka Belitung mendadak viral setelah mengunggah video berisi kesaksian dirinya menemukan obat pandemi corona lewat mimpi.

Dalam video berdurasi 2 menit 37 detik itu, sang kakek yang bernama Marsudi mengaku telah bermimpi pada malam Jumat sebanyak tiga kali.

kompas.com/Heru Dahnur

Marsudi, kakek yang sebutkan daun leben dapat menjadi obat virus corona

Dalam mimpinya Marsudi didatangi orang tua yang memberitahu jika daun pohon leben (Laban) bisa menyembuhkan penyakit corona dan gejala demam.

"Mimpi adalah bunga tidur. Tapi tolong pak dokter untuk memeriksa apa benar pucuk daun leben bisa mengobati corona," kata Marsudi dalam video yang beredar sejak sepekan lalu itu.

Marsudi menuturkan, dalam mimpinya dia dipanggil sebagai cucu dan disuruh minum air rebusan daun leben.

Baca Juga: Bikin Lega Satu Indonesia, Puncak Virus Corona Akan Cepat Berakhir karena Langkah Tegas Pemerintah ini

Baca Juga: Bukannya ke Dokter, Pasien PDP Corona ini Malah Datangi Dukun untuk Sembuhkan Covid-19, Akhirnya Meninggal Dunia

Namun dalam mimpinya Marsudi sempat bertanya untuk apa minum itu karena dirinya tak terjangkit corona.

"Lalu saya terbangun. Kemudian mimpi itu datang lagi Jumat depannya," ujar Marsudi yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan.

Bagi yang ingin mencoba khasiat daun leben, Marsudi mengingatkan agar membaca doa terlebih dahulu.

"Awali dengan bismillahoirahhmanirrahim," ujar dia.

Video yang diunggah Marsudi menyebar dengan cepat di berbagai kanal media sosial.

Bahkan pada salah satu akun Youtube, viewernya mencapai ribuan orang.

Dihubungi terpisah, petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Rambat Menduyung Bangka Barat, Ardianeka mengakui juga telah melihat video kakek tersebut.

Menurut Eka, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kasiat daun leben sebagai obat.

Baca Juga: Antarkan Jasad Glenn Fredly Sampai ke Liang Lahat, Aura Kasih Tulis Kenangan Bersama Mantan Kekasih, 'Kamu Selalu Ada di Hati Aku'

Baca Juga: Sebelumnya Ngotot Tolak Jenazah Tenaga Medis yang Terinfeksi Covid-19, Ketua RT Dusun Sewakul Sampaikan Permohonan Maaf

"Daunnya memang sudah dikenal masyarakat dan banyak tumbuh di daerah ini. Kalau kita baca referensi, memang sejak dulu khasiatnya untuk obat batuk dan mengencerkan darah," ungkap Eka kepada Kompas.com, Jumat (10/4/2020).

Pohon leben tersebut kata Eka, juga merujuk pada pohon laban yang kini dikembangkan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Pohon bernama latin Vitex Pinanta L itu dianggap memiliki kulit yang tebal sehingga lebih lama dimakan api.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Seorang Kakek Sebut Daun Leben Obat Corona Setelah 3 Kali Bermimpi"

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya