Percuma Cuci Tangan! Virus Corona Akan Tetap Masuk Tubuh Lewat Barang-barang Kiriman Online, Baiknya Bersihkan

Selasa, 31 Maret 2020 | 19:46
Tribunnews

Wajib tahu! begini efektifnya belanja online demi cegah paparan virus corona, yuk bersihkan barang-barang itu untuk hindari corona

GridHits.id -Wabah virus corona di tanah air masih merajalela.

Penderita positifnya terus merangkak naik, bahkan hasil rapid test jauh lebih mencengangkan, karena penderita positifnya jauh lebih banyak.

Hanya saja, masyarakat Indonesia sebaiknya jangan panik, hanya butuh untuk meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga:Ekonom Faisal Basri :"Ongkos Lockdown 2 Minggu Lebih Murah Daripada Wabah Corona Menyebar Tak Terperikan!"

Baca Juga:Gelah Penikahan di Tengah Pandemi Corona, Feni Rose Harus Tunda Resepsi Sang Anak

Dilansir kompas TV,penyebaran Covid-19 atau virus corona bisa menyebar melalui tiga hal.

Masyarakat pun diimbau tidak menganggap remeh tiga sumber penularan virus corona tersebut.

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Purnawan mengungkapkan, tiga sumber penularan Covid-19 yang pertama adalah barang-barang yang dikirim secara daring.

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan saat menjadi pembicara dalam Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Minggu (29/3).

Baca Juga:Tak Bermaksud Mendahului Takdir, Mbak You Sebut Wabah Virus Corona di Indonesia Bisa Lebih ‘Mengganas’ ke Depannya & Menyerang Manusia, Ada Apa?

Baca Juga:Abaikan Imbauan Pemerintah dan Nekat Gelar Resepsi Pernikahan, 37 Tamu Pun Terinfeksi Virus Corona

Sumber kedua penularan lainnya yakni uang tunai. Pasalnya, uang dipegang oleh banyak orang, berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Sehingga uang tunai bisa menjadi penularan Covid-19. Oleh karena itu, perlu perlakuan khusus saat menggunakan uang tunai.

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya. Kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," terang Purnawan.

Sumber ketiga yakni interaksi antara kakek dan cucu juga agak riskan terjadi penularan. Sebab, kakek termasuk kelompok berisiko yakni usia lanjut.

Sehingga untuk mencegah penularan, kakek atau nenek perlu menerapkan protokol kesehatan selama berinteraksi.

"Yang ketiga ini memang agak riskan juga ya, itu cucu dari segi kesehatan, kalau kakek itu rentan cucu itu biasanya tahan," kata Purnawan.

"Tapi dia (cucu) menjadi (carrier) jadi sementara hati-hati jika berhubungan dengan cucu jadi kita harus selalu berhati-hati waspada, cuci tangan pakai masker begitu," imbuh Purnawan.

Baca Juga:Ramalannya Jarang Meleset, Terawangan Mbak You Soal Kapan Berakhirnya Virus Corona Ini Justru Bikin Nyesek

Baca Juga:Pandemi Corona Berdampak Pada Perekonomian Rakyat, Jokowi Beri Keringanan Cicilan Untuk Ojol dan Pengusaha Menengah

Tiga sumber penularan tersebut sangat dekat dan sering dilakukan di lingkungan masyarakat. Karenanya, masyarakat diimbau agar selalu waspada.

Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga meminta masyarakat tetap tinggal di rumah dan melakukan kegiatan produktif dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Selama di rumah, masyarakat diminta tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona memutus mata rantai penularan penyakit Covid-19 itu.

INGAT, VIRUS BISA BERTAHAN 24 JAM DI ATAS KARDUS

Di masa social distancing saat ini kita akan cenderung memesan segala sesuatu secara online.

Sayangnya, sering kita tidak hati-hati saat menerima paket.
Akibatnya,menjaga kebersihan dan kehigienisan paket menjadi diabaikan.
Padahal, itu sangat penting bagi kesehatan dan keamanan tubuh.
Pasalnya, paket atau barang-barang yang kita pesan telah melewati perpindahan tangan, yang mungkin saja sudah terpapar virus atau bakteri berbahaya.
Tribunnews.com

Peneliti menyebutkan bahwa virus corona hidup lebih lama di kardus dan plastik! hati-hati!

Fakta ini juga didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM).
Di mana studi itu menyebut bahwa virus corona bisa bertahan selama 2-3 hari pada permukaan plastik dan stainless steel, serta bertahan selama 24 jam di atas permukaan kardus.
Semoga paham

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas TV

Baca Lainnya