Korban Masih Terus Berjatuhan Entah Sampai Kapan, Paranormal Ini Berani Sebut Wabah Virus Corona sebagai Peristiwa Luar Biasa pada Abad Ini: ‘Tak Ada yang Bisa Melawan’

Rabu, 25 Maret 2020 | 20:15
Kolase Kompas.com & Tribunnews.com

Ki Kusumo menyebut wabah virus corona sebagai kejadian luar biasa abad ini

GridHITS.id – Virus corona yang tengah mewabah di ratusan negara termasuk Indonesia, menyita perhatian sejumlah paranormal untuk menerawangnya.

Salah satunya adalah paranormal Ki Kusumo.

Menurut Ki Kusumo, wabah yang telah menewaskan ribuan orang ini bisa dibilang peristiwa yang sangat luar biasa yang terjadi pada abad ini.

Baca Juga: Berpapasan dengan Pasien Positif Corona, Dokter di Surabaya ini Langsung Terinfeksi karena Hal Remeh!

Baca Juga: Gelah Penikahan di Tengah Pandemi Corona, Feni Rose Harus Tunda Resepsi Sang Anak

Dijelaskan oleh Ki Kusumo, dalam kepercayaan orang Jawa, wabah virus corona ini dinamakan dengan peristiwa Betara Kala.

"Jika dalam kepercayaan kami, orang Jawa pasti ingat dengan yang namanya peristiwa Betara Kala," ujar Ki Kusumo, Minggu (22/3/2020).

Sebagai informasi, secara harfiah, Betara Kala diartikan sebagai Dewa Kala, yakni sebuah simbol yang jika waktu dan tandanya sudah tiba, tidak ada siapa pun yang akan bisa melawan.

Lebih lanjut, Ki Kusumo mengatakan bahwa saat ini alam tengah menyeimbangkan dirinya.

"Ada namanya orang saat yang beruntung dan orang saat yang tidak beruntung, tapi ada satu kepercayaan lain yang menyatakan bahwa alam ini perlu diseimbangkan," ujarnya.

Ki Kusumo pun menyebut salah satu cara untuk menyikapi ‘Peristiwa Kala’ ini adalah dengan melakukan ritual.

"Sebagai orang Jawa, saya melihatnya, jika tiba-tiba terjadi Pageblug. Seperti misalnya ada peristiwa hama belalang di mana-mana. Lalu bagaimana kita mengatasinya? Waktu itu, ada yang namanya ritual, sehingga belalangnya pergi.

Baca Juga: Sempat Bikin Geger Satu Kampung, Ria Ricis Dapat Teguran Keras Komisaris Garuda Karena Tetap Syuting di Tengah Wabah Corona

Baca Juga: Pandemi Corona Berdampak Pada Perekonomian Rakyat, Jokowi Beri Keringanan Cicilan Untuk Ojol dan Pengusaha Menengah

Jadi bukan dengan cara disemprot dengan bahan kimia, dan bukan dilakukan sebuah proses yang nyata, bukan itu,” jelas Ki Kusumo.

Ki Kusumo lantas mengatakan ritual yang dimaksud akan berhubungan dengan alam gaib.

"Tetapi sebuah proses ritual yang berhubungan dengan alam gaib. Karena biar bagaimanapun hal-hal tersebut ada yang mengatur. Sebuah peristiwa yang berkaitan dengan alam nyata itu ada yang mengatur," sambungnya.

Kendati demikian, Ki Kusumo tetap mengingatkan bahwa manusia tidak boleh melupakan Tuhan.

Sebab, menurutnya, wabah virus corona yang begitu luar biasa ini merupakan peringatan dari alam semesta.

"Oleh karena itu saya berpikir bahwa ini adalah peringatan dari alam semesta. Ini adalah Pageblug yang akan kita sikapi.

Ayo kita lakukan sebuah proses ritual keheningan jiwa, kita mengingat bahwa kita ini siapa dan berasal dari mana. Kita bagaimana dan harus apa?" ujar Ki Kusumo.

Ki Kusumo pun mengimbau agar pemerintah segera melakukan tindakan, salah satunya yang berkaitan dengan kebudayaan di zaman dahulu.

Baca Juga: Dinyatakan Positif Corona Meski Tanpa Gejala, Detri Warmanto Justru Bersyukur karena Hal ini

Baca Juga: Niat Hati Menghindari Virus Corona, Ashanty Malah Bernasib Apes Kena Semprot Anang Hermansyah Gara-gara Lakukan Hal Sepele Ini: ‘Pucet Tiap Hari, Serem!’

"Jadi saya menginginkan Istana segera melakukan tindakan. Tindakan-tindakan yang berkaitan dengan kebudayaan kita jaman dahulu. Kebudayaan masa lampau yang mungkin saat ini sudah mulai kita lupakan. Istana segera melakukan hal tersebut," saran Ki Kusumo.

Tak lupa, Ki Kusumo juga mengajak masyarakat Indonesia untuk berdoa bersama.

"Saya mengajak seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk juga sama-sama agar kita bisa berdoa bersama, kita melakukan sesuatu yang berkaitan dengan spiritual," pungkas Ki Kusumo.

Bagaimana menurut Anda?

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul, “Ribuan Nyawa Sudah Melayang, Paranormal Ini Berani Sebut Wabah Virus Corona sebagai Kejadian Luar Biasa Abad Ini: ‘Peringatan dari Alam Semesta’

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya