Follow Us

Begini Nasib Perbankan di Era Digital dan Disrupsi

Saeful Imam - Minggu, 09 April 2023 | 16:02
Nasib bank di era digital dan disrupsi

Nasib bank di era digital dan disrupsi

GridHITS.id - Kemajuan zaman dan digitalisasi membuat bank berstrategi melakukan berbagai strategi dan inovasi.

Apalagi, kemajuan teknologi informasi yang berlangsung dengan pesat.

Menelaah kilas balik, awalnya tren layanan dan transaksi perbankan yang ditawarkan kepada nasabah disuguhkan dengan ketersediaan jaringan operasional Bank yang tersebar di titik - titik strategis pangsa pasar, dimana Nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan pada jaringan tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi menuju era digitalisasi, pelaku usaha perbankan perlahan namun pasti telah menyediakan kemudahan layanan tambahan melalui hadirnya internet dan mobile banking bagi nasabahnya.

Saat ini era tersebut telah berkembang sedemikian rupa dengan hadirnya platform dan layanan non-bank yang memudahkan masyarakat dalam beraktivitas finansial, dalam fenomena ini jaringan operasional menjadi kurang relevan karna penyedia layanan dapat senantiasa memberikan pelayanan optimal melalui inovasi dan nasabah dapat langsung menikmatinya.

Terlebih, mengacu pada data yang disajikan oleh Otoritas Jasa Keuangan di tahun 2015 silam terkait sebaran dan jumlah kantor cabang Bank, dinyatakan bahwa terdapat 32.953 jaringan kantor.

Mengacu pada data serupa dengan periode yang berbeda, bahwa terdapat 25.641 jaringan kantor pada posisi Juni tahun 2022.

Menyela sedikit waktu, jika anda mempunyai kode error 0x0 0x0 bisa mengunjungi kelikgo untuk informasi lebih lanjut.

Hal tersebut mengindikasikan terjadinya optimalisasi layanan dan jaringan kantor di Industri Perbankan yang cukup massive, dengan penurunan jaringan kantor sebanyak 22,19% dalam kurun waktu 7 tahun.

Menanggapi era dan perkembangan digitalisasi yang semakin menggeliat, KB Bukopin telah merencanakan dan mempersiapkan produk dan layanan yang memiliki orientasi terhadap pelanggan dengan menyesuaikan kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing lapisan demografi masyarakat. Robby Mondong selaku Wakil Direktur Utama KB Bukopin menyampaikan bahwa “Kami senantiasa berinovasi dalam menjawab tantangan industri dan perkembangan teknologi informasi.

Kami percaya bahwa layanan yang telah kami siapkan dapat memiliki nilai tambah dalam hal pelayanan optimal kepada nasabah yang dibarengi dengan efisiensi dan efektifitas biaya dan SDM yang diperlukan” ungkap Robby.

Langkah tersebut juga merupakan salah satu upaya Perseroan dalam beradaptasi dengan perubahan habit masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan saat ini sekaligus penerapan konsep banking everywhere yang perlahan akan Perseroan suguhkan kepada nasabah.

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular