Follow Us

Obesitas Merupakan Masalah Kompleks yang Memerlukan Dukungan Sosial

Saeful Imam - Sabtu, 25 Maret 2023 | 21:48
Obesitas perlu dukungan sosial untuk mengatasinya
Freepik

Obesitas perlu dukungan sosial untuk mengatasinya

GridHITS.id - Pada tanggal 4 Maret lalu adalah Hari Obesitas Sedunia, sebagaimana ditetapkan oleh Federasi Obesitas Dunia, organisasi global yang berfokus secara eksklusif pada obesitas.

Walaupun tema Hari-hari Obesitas Sedunia sebelumnya adalah seputar informasi dan pemahaman, namun tema kampanye tahun ini adalah ‘Mengubah Perspektif: Mari Kita Bicara Tentang Obesitas’, yang bertujuan untuk mengoreksi berbagai kesalahpahaman seputar obesitas dan untuk mengambil tindakan efektif dan kolektif.

Regional President of Herbalife Nutrition for Asia Pacific and China, Stephen Conchie mengatakan pada poin terakhir ‘tindakan kolektif’ merupakan hal yang sangat penting, karena obesitas merupakan masalah yang jauh lebih besar daripada sekedar suatu isu bagi individu-individu tertentu, yang dapat diselesaikan secara mudah cukup dengan mantra, ‘makan lebih sedikit, bergerak lebih banyak’.

“Hanya dengan melihat sekilas rak-rak di supermarket dan minimarket, menu restoran, dan melihat iklan-iklan yang terus menghujani kita setiap hari untuk menyadari bahwa obesitas seringkali adalah hasil dari kehidupan modern,” kata Conchie.

Obesitas terus meningkat secara global, The World Obesity Foundation mencatat bahwa pada tahun 2020, hampir 1 miliar orang hidup dengan obesitas – hal tersebut berarti 1 dari 7 orang.

Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat, sehingga pada tahun 2035 hampir 1 dari 4 orang hidup dengan obesitas.

Hal ini mempunyai implikasi kesehatan serius, karena obesitas diasosiasikan dengan kondisi-kondisi seperti hipertensi dan diabetes, yang merupakan faktor resiko dari penyebab-penyebab utama kematian (penyakit kardiovaskuler).

Sejumlah konsumen Herbalife Nutrition juga melaporkan bahwa mereka mengalami peningkatan berat badan sebagai akibat dari gaya hidup tidak sehat selama pandemi dalam dua tahun terakhir, berdasarkan temuan ‘Asia Pacific Personal Habits Survey’ yang dirilis oleh Herbalife Nutrition di wilayah Asia Pasifik.

51% dari orang-orang tersebut bertambah berat badan sebanyak tiga hingga lima kilogram, sedangkan 21% bertambah enam hingga sepuluh kilogram.

Idealnya, untuk mengurangi kelebihan berat badan, kita perlu melakukan diet yang lebih baik, dengan mengurangi konsumsi makanan yang diproses dan memperbanyak buah dan sayuran beserta protein, dan menghabiskan sekitar 45 menit untuk berolahraga setiap hari.

Namun, hal tersebut lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Baca Juga: Diet Tanpa Nasi Putih, Salah Satu Diet Terbaik untuk Penyandang Obesitas

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular