GridHITS.id -Tabel fungsi AND dan OR di microsoft excel adalah tabel kebenaran yang digunakan dalam logika Boolean.
Kedua tabel ini menghasilkan nilai kebenaran (TRUE atau FALSE) berdasarkan hasil evaluasi beberapa pernyataan logika.
Tabel fungsi AND digunakan untuk menguji kebenaran dari dua atau lebih pernyataan logika.
Jika semua pernyataan yang dievaluasi benar (TRUE), maka hasilnya juga benar (TRUE).
Jika ada satu pernyataan yang salah (FALSE), maka hasilnya salah (FALSE). Berikut adalah tabel kebenaran fungsi AND:
Pernyataan A | Pernyataan B | Hasil |
---|---|---|
FALSE | FALSE | FALSE |
FALSE | TRUE | FALSE |
TRUE | FALSE | FALSE |
TRUE | TRUE | TRUE |
Baca Juga:Sangat Mudah, Begini Cara Membuka Excel yang Terkunci
Maka kita dapat menggunakan fungsi AND seperti ini: =AND(x>5, x<10). Jika kedua kondisi tersebut benar, maka hasil evaluasi adalah benar (TRUE).
Tabel fungsi OR digunakan untuk menguji kebenaran dari dua atau lebih pernyataan logika.
Jika salah satu pernyataan yang dievaluasi benar (TRUE), maka hasilnya juga benar (TRUE).
Jika semua pernyataan salah (FALSE), maka hasilnya salah (FALSE). Berikut adalah tabel kebenaran fungsi OR:
Pernyataan A | Pernyataan B | Hasil |
---|---|---|
FALSE | FALSE | FALSE |
FALSE | TRUE | TRUE |
TRUE | FALSE | TRUE |
TRUE | TRUE | TRUE |
Dalam praktiknya, fungsi AND dan OR sering digunakan bersama dengan fungsi IF untuk membuat rumus yang lebih kompleks dan dapat mengevaluasi banyak kondisi secara bersamaan.
Baca Juga:Gampang Banget, Begini Cara Memberi Nomor Halaman di Microsoft Word