Follow Us

Great Eastern Life Indonesia dan Bank OCBC NISP Adakan Kelas Literasi Keuangan untuk Pasangan Muda Mempersiapkan Keuangan Menuju Kehidupan Pernikahan

Saeful Imam - Minggu, 13 November 2022 | 10:48
Acara Bank NISP siap nikah dengan modal investasi
nisp

Acara Bank NISP siap nikah dengan modal investasi

GridHITS.id - Kesiapan finansial merupakan hal penting dalam mempersiapkan pernikahan.

Pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan tidak hanya perlu menyiapkan biaya acara pernikahan, tetapi juga perlu menyiapkan biaya hidup pasca pernikahan.

Setelah menikah, selain tujuan keuangan yang mulai banyak, pengeluaran rutin pun akan bertambah.

Jika dikategorikan berdasarkan rentang waktu kebutuhan, pengeluaran dalam hidup berumah tangga dapat dibagi menjadi dua, yakni pengeluaran jangka pendek dan pengeluaran jangka panjang.

Pengeluaran jangka pendek umumnya berupa biaya-biaya rutin konsumtif, seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, dan telepon/internet.

Belum lagi jika ada biaya cicilan bulanan atas pembelian rumah atau kendaraan serta biaya asuransi kesehatan dan dana darurat.

Pengeluaran jangka panjang umumnya berupa biaya-biaya yang akan dikeluarkan pada kurun waktu 5—10 tahun mendatang, tetapi perlu dipersiapkan sejak dini.

Misal, biaya pendidikan anak dan dana pensiun.

Sebagian besar pasangan yang akan menikah pun kerap luput untuk mempersiapkan dana tabungan, investasi, ataupun asuransi—yang tanpa disadari akan berguna kalau-kalau hal buruk menimpa.

Jika pengeluaran jangka panjang tidak disiapkan sedemikian rupa, hal tersebut dapat menjadi penyebab konflik paling utama dalam pernikahan.

Berdasarkan hal-hal di atas, tak bisa dipungkiri, masalah ekonomi memiliki andil besar dalam kehidupan pernikahan.

Baca Juga: Rukita dan Bank OCBC NISP Sediakan Rp 724 miliar untuk Berikan Kemudahan Bagi Para Investor Muda Miliki Bisnis Co-living

Editor : Hits

Baca Lainnya



>

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular