Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

Cara Memasang Iklan di TikTok Berdasarkan Jenis Pemasarannya

Rachel Anastasia - Rabu, 28 September 2022 | 19:00
Ilustrasi cara memasang iklan di TikTok Shop dan mengenal jenisnya
Freepik/tirachardz

Ilustrasi cara memasang iklan di TikTok Shop dan mengenal jenisnya

GridHITS.id -Ada cara memasang iklan di TikTok yang bisa Anda lakukan.

Cara memasang iklan di TikTok ternyata mudah dan bisa berguna untuk jualan yang dipunya.

Sehingga pengalaman berjualan di platform tersebut jadi lebih efektif dengan cara memasang iklan di TikTok.

Ya, beberapa dari kita tentu sudah tak asing lagi dengan media sosial yang satu itu.

Atau bahkan banyak dari kita yang merupakan pengguna setia dari TikTok.

Biasanya kita akan senang dengan berbagai konten hiburan yang ada di aplikasi tersebut.

Sebab konten di TikTok sendiri banyak temanya dan jarang menimbulkan kebosanan.

Selain itu, kini kita juga bisa daftar ke TikTok Shop untuk berjualan.

Terutama untuk kita yang memang sudah punya toko online sebelumnya.

Dengan TikTok Shop, kita bisa berjualan dengan siaran langsung.

Bahkan kita bisa mengiklankan produk yang kita punya dengan cara-cara ini.

Baca Juga: Paket Segera Sampai! Cek Sekarang Cara Melacak Pesanan di TikTok

Sebelum Anda menyimak cara memasang iklan di TikTok, tengok dulu jenis-jenis iklannya:

1. In-Feed Ads

Pasti sudah taka sing dengan iklan yang berada di beranda akun TikTok milikmu

Itu adalah salah satu format iklan di TikTok yang paling umum dan banyak digunakan untuk para pelaku usaha melakukan pemasaran.

Bukan hanya untuk berjualan saja, suatu perusahaan uga bisa menggunakan In-Feed Ads ini untuk mempromosikan akun usaha mereka juga agar lebih banyak menjangkau audiens.

2. Top View Video Ads

Top view video ads juga salah satu cara agar kamu bisa melakukan iklan serta pemasaran melalui media sosial TikTok.

Biasanya iklan akan tampil teratas muncul di bagian atas beranda pengguna.

Konten atau iklan ini akam lebih bisa menjangkau keterlibatan lebih tinggi dengan efektivitas penjualan 67% lebih tinggi daripada video iklan TikTok yang tanpa menggunakan fitur ini.

3. Branded Effect Ads

Untuk fitur ini bisa digunakan gratis tanpa biaya. Bagi kamu yang inginkan uang bisa mengalir deras dengan beriklan di TikTok tanpa modal sangat bisa menggunakan efek.

Baca Juga: Aman dan Berhasil, Inilah Cara Menghilangkan Iklan di TikTok

Biasa disebut dengan effect ads, para pengguna atau pelaku usaha bisa mempromosikan dengan menggunakan efek yang sedang tren di TikTok.

Bila ingin lebih jitu lagi Iklan efek bermerek di TikTok memungkinkan merek untuk membuat ‘efek’ dengan bantuan teknologi Augmented Reality atau AR khusus.

4. Brand Takeover Ads

Seringkali iklan ini muncul saat pengguna baru membuka aplikasi TikTok miliknya.

Iklan-iklan bisa saja akan memenuhi layar ponsel pengguna selama beberapa detik pertama sebelum beralih ke jenis iklan TikTok lainnya.

Biasanya iklan ini akan menampilkan tautan ke halaman arahan bermerek atau akun pelaku bisnis yang melakukan pemasaran tersebut.

5. Branded Hashtag Ads

Tak hanya digunakan di TikTok saja, namun penggunaan hastag juga bisa dilakukan di media sosial lain untuk melakukan pemasaran. Biasanya penggunakan hashtag juga berkaitan dengan sebuah konten tantangan atau challenge.

Promosi ini meningkatkan keterlibatan dan pengenalan merek saat pengguna memposting video tentang diri mereka yang berinteraksi dengan produk yang mereka pasarkan.

Hastasg atau tagar juga bisa membantu iklan ini menjadi viral ketika iklan muncul di bagian atas halaman ‘search’ Tiktok.

Cara memasang iklan di TikTok dengan buat akun terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Download Lagu TikTok MP3 Tanpa Aplikasi Tambahan, Dijamin Gratis

Pertama, kunjungi situs TikTok ads, lalu klik ‘Create an Ad Button’ yang berada di pojok kanan atas.

Tombol ini digunakan untuk membuat akun TikTok Ads yang baru.

2. Buat campaign

Setelah mempunyai akun TikTok ads, Anda akan masuk ke menu dashboard.

Pilih menu ‘Campaign’ lalu klik tombol ‘Create’ untuk mulai membuat TikTok ads.

Setelah itu, pilihan tujuan campaign Anda terlebih dahulu.

Dalam menu ini, ada tiga opsi yang bisa kamu pilih, yaitu traffic, conversions, dan app install.

3. Tetapkan penempatan Tiktok ads, detail, dan target

Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan iklan serta target pasar yang akan Anda jangkau dari iklanmu.

Tentukan penempatan iklan Anda dengan tepat agar dapat menjangkau pasar lebih banyak pengguna.

Selain di platform TikTok,cara memasang iklan di TikToklainnya adalah BuzzVideo, News Republic, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara TikTok FYP Ternyata Semudah Ini, Siap Cuan dengan Karya Sendiri?

Selanjutnya, isi nama tampilan, gambar, kategori yang relevan, dan lain-lain untuk menjalankan iklan Anda nanti.

Anda juga dapat mendeskripsikan aplikasi atau website-mu dalam 20 kata untuk lebih memperjelas apa yang sedang Anda iklankan.

Setelah itu, tentukan penargetan pasar yang tepat.

Anda bisa menentukan audiensmu sendiri, misal umurnya berapa, jenis kelaminnya, minat, dan lain-lain sehingga usahakan untuk menentukan target audiens yang tepat.

4. Tentukan anggaran dan jadwal

Langkah selanjutnya, Anda harus menentukan anggaran serta jadwal yang ingin Anda buat.

Andabisa memilih ingin menjalankan iklan dalam satu hari atau minggu dengan waktu tertentu.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan.

Setelah semuanya diatur dengan benar, Anda tinggal menunggu persetujuan dari TikTok.

Bila TikTok telah menyetujui iklan Anda, selalu pantau iklan di dashboard.

Nah itu dia cara memasang iklan di TikTok dengan mudah, selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Memasang Iklan di TikTok yang Pasti Diterima oleh Platformnya

Artikel ini telah tayang diVideoTribundengan judulCara Mudah Pasang Iklan di TikTok, Penjual Online Shop Harus Mencobadan diTribunBatamdengan judulCara Pasang Iklan di TikTok Ads untuk Bisnis Online, Cek Jenis dan Syaratnya

Editor : Hits

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

x