GridHITS.id - Mengenal lebih jauh TikTok Ads yang bisa memberikan manfaat untuk bisnis Anda.
TikTok Ads sendiri merupakan fitur yang ada di dalam media sosial TikTok.
Dengan memanfaatkan TikTok Ads, kita bisa mengembangkan bisnis yang tengah kita rintis.
Ya, beberapa dari kita tentu sudah tak asing lagi dengan media sosial yang satu ini.
Menjadi salah satu platform yang digandrungi, TikTok sendiri juga bermanfaat untuk bisnis pribadi.
Bagaimana tidak, kita bisa mengiklankan produk dengan mudahnya di platform tersebut.
Sehingga tak heran performa bisnis pun bisa lebih naik dibandingkan biasanya.
Namun jangan sampai terkecoh saat memilih, sebab fitur yang satu ini memiliki berbagai jenisnya lagi.
Serta ada beberapa tips untuk Anda yang ingin mengomersilkan produk.
Baca Juga: 25 Lagu TikTok Viral 2022 dan Cara Mendengarkannya, Dijamin Asyik!
Jenis-Jenis TikTok Ads
TikTok menyediakan berbagai opsi iklan untuk pengiklan, seperti:
1. In-Feed video
Iklan ini ditempatkan di bagian bawah video TikTok.
Biasanya jenis iklan ini memang sering digunakan oleh banyak orang karena harganya lebih terjangkau.
2. Brand takeover
Iklan ini akan mengambil layar sepenuhnya pengguna dalam beberap detik saat membuka aplikasi.
Setelah itu, iklan akan hilang dan berubah menjadi In-Feed video ads.
3. Hashtag challenge
Iklan ini muncul di halaman Discovery.
Biasanya iklan ini akan mendorong pengguna untuk melakukan tantangan yang sedang terjadi.
Hashtag challenge juga dapat digunakan oleh marketer sebagai alat marketing.
Semakin banyak yang mengikuti tantangan, semakin dikenal campaign yang dibuat.
1. Buat akun TikTok Ads
Pertama, kunjungi situs TikTok ads, lalu klik ‘Create an Ad Button’ yang berada di pojok kanan atas.
Tombol ini digunakan untuk membuat akun TikTok Ads yang baru.
2. Buat campaign
Setelah mempunyai akun TikTok ads, Anda akan masuk ke menu dashboard.
Baca Juga: Jam FYP TikTok Hari Ini, Siap Viral dengan Ketentuan Kontennya?
Pilih menu ‘Campaign’ lalu klik tombol ‘Create’ untuk mulai membuat TikTok ads.
Setelah itu, pilihan tujuan campaign Anda terlebih dahulu.
Dalam menu ini, ada tiga opsi yang bisa kamu pilih, yaitu traffic, conversions, dan app install.
3. Tetapkan penempatan Tiktok ads, detail, dan target
Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan iklan serta target pasar yang akan Anda jangkau dari iklanmu.
Tentukan penempatan iklan Anda dengan tepat agar dapat menjangkau pasar lebih banyak pengguna.
Selain di platform TikTok, Anda juga bisa menempatkan iklan ke platform lainnya seperti BuzzVideo, News Republic, dan lain-lain.
Selanjutnya, isi nama tampilan, gambar, kategori yang relevan, dan lain-lain untuk menjalankan iklan Anda nanti.
Anda juga dapat mendeskripsikan aplikasi atau website-mu dalam 20 kata untuk lebih memperjelas apa yang sedang Anda iklankan.
Baca Juga: Download Sound TikTok Mp3 dengan Cara Ini Pasti Kualitas Sempurna
Setelah itu, tentukan penargetan pasar yang tepat.
Anda bisa menentukan audiensmu sendiri, misal umurnya berapa, jenis kelaminnya, minat, dan lain-lain sehingga usahakan untuk menentukan target audiens yang tepat.
4. Tentukan anggaran dan jadwal
Langkah selanjutnya, Anda harus menentukan anggaran serta jadwal yang ingin Anda buat.
Andabisa memilih ingin menjalankan iklan dalam satu hari atau minggu dengan waktu tertentu.
Selain itu, Anda juga bisa menentukan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan.
Setelah semuanya diatur dengan benar, Anda tinggal menunggu persetujuan dari TikTok.
Bila TikTok telah menyetujui iklan Anda, selalu pantau iklan di dashboard.
Nah itu dia penjelasan lebih lanjut soal TikTok Ads dan berbagai manfaatnya.
Baca Juga: Mengenal TikTok Affiliate, Program yang Bisa Bikin Dompet Menebal!
Artikel ini telah tayang di TribunBatam dengan judul Cara Pasang Iklan di TikTok Ads untuk Bisnis Online, Cek Jenis dan Syaratnya