Follow Us

Asalkan Syarat Ini Dipenuhi, Pasien Covid-19 yang Sudah Isolasi Mandiri 14 Hari Tidak Perlu Lakukan Tes Swab PCR Lagi, Sudah Bisa Beraktivitas Seperti Biasa?

Averus Al Kautsar - Rabu, 14 Juli 2021 | 18:45
Tidak perlu tes swab PCR setelah melakukan isolasi mandiri.
Kompas.com/Muhlis Al Alawi

Tidak perlu tes swab PCR setelah melakukan isolasi mandiri.

GridHITS.id - Satgas Covid-19 sebut tak perlu lakukan tes swab PCR/antigen setelah jalani isolasi mandiri, asal hal ini terpenuhi.

Kasus pandemi di Indonesia pada saat ini terus meningkat.

Bahkan pada Selasa (13/7/2021) lalu diketahui ada 47.889 kasus baru di Indonesia.

Karena ketersediaan rumah sakit yang tidak terlalu banyak, saat ini banyak pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan melakukan isolasi mandiri di rumah.

Hal tersebut bertujuan agar virus corona tidak menyebar lagi ke orang yang tidak terpapar virus Corona.

Namun di tengah kasus yang sedang meningkat muncul pertanyaan, apakah masih perlu tes swab PCR/antigen setelah melakukan isolasi mandiri?

Pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri tidak perlu melakukan tes swab PCR/antigen setelah selesai menjalani isolasi, kecuali jika masih miliki gejala.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting.

Baca Juga: Masih Ingat Clift Sangra? Mantan Suami Suzanna Terbaring Lemah di Rumah Sakit karena Covid-19 Sampai Minta Doa Kesembuhan: 'Bantu Doa Ya'

Keterangan yang disampaikan Alex ini menjawab pertanyaan banyak pihak apakah harus lakukan tes swab setelah isolasi mandiri 14 hari.

Alex menambahkan jika pasien yang sudah selesai melakukan isoman tetapi masih miliki gejala bisa melakukan pemeriksaan rapid test antigen.

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest