Follow Us

Fakta Unik Tapi Nyata, Orang dengan Golongan Darah O Lebih Berisiko Meninggal Saat Terjadi Kecelakaan Dibanding Golongan Darah Lain: Ini Penjelasannya Menurut Medis

Aulia Dian Permata - Kamis, 20 Mei 2021 | 07:47
golongan darah O lebih berisiko meninggal dunia saat mengalami kecelakaan
Freepik

golongan darah O lebih berisiko meninggal dunia saat mengalami kecelakaan

GridHITS.id - Pernahkah Anda mendengar kabar tentang golongan darah O yang disebut lebih berisiko meninggal dunia saat mengalami kecelakaan dibanding dengan golongan darah lain?

Sebuah penelitian mengungkap fakta yang cukup bikin kaget bagi pemilik golongan darah O.

Peneitian yang diterbitkan dalam jurnal Critical Care ini menjelaskan bahwa pasien dengan golongan darah O yang mengalami kecelakaan atau mengalami cedera berat berisiko meninggal 3 kali lebih besar.

Penelitian ini dipimpin oleh Wataru Takayama dari Tokyo Medical and Dental University Hospital, Jepang.

Baca Juga: Dulu Dihina-hina dan Dicampakkan Galih Ginanjar, Kini Fairuz A Rafiq Dapat Limpahan Kasih Sayang bahkan Mobil Mewah dari Sang Suami : Kesuksesan itu Tak Selamanya Berkenaan dengan Materi

Sebanyak 900 pasen dengan golongan darah berbeda, A, B, O, dan AB, dirawat di sebuah rumah sakit di Jepang antara 2013-2016 menjadi sampel penelitian ini.

Hasilnya, pasien golongan darah O menghadapi kematian sebanyak 28% sementara tiga golongan darah lainnya kalau digabung hanya 11%.

Kenapa bisa seperti itu?

Peneliti menduga bawa adanya agen pembekuan darah yang disebut faktor von Willebrand yang kadarnya lebih rendah pada golongan darah O.

Ini menyebabkan saat pasien dengan golongan darah O terluka hingga pendarahan hebat, pendarahannya lebih sulit berhenti.

Luka juga akan lebih sulit tertutup akibat kurangnya gen pembekuan darah yang dimiliki pasien.

Source : WebMD

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest