Follow Us

Bukan Dimakan, Coba Gunakan Bawang Putih untuk Menyiram Tanaman dan Kejaiban Seperti Ini yang Akan Terjadi

Riska Yulyana Damayanti - Kamis, 04 Maret 2021 | 13:00
Bawang putih untuk menyiram tanaman
Pixabay/pameladebutler

Bawang putih untuk menyiram tanaman

GridHITS.id - Ternyata tidak hanya dimakan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa digunakan pada tanaman loh.

Bawang putih untuk menyiram tanaman disebut bisa mengusir hama hingga membasmi jamur.

Baca Juga: Sudah Cuci Tangan Tapi Bau Bawang Putih Masih Nggak Hilang? Coba deh Gunakan Cara Ini dan Buktikan Sendiri Hasilnya

Dilansir dari Den Garden, Minggu (24/1/2021), senyawa belerang aktif dalam bawang putih tidak hanya bertindak sebagai pestisida yang ampuh, tetapi juga menghilangkan jamur dan menghalangi hama yang akan tumbuh.

Yang terbaik dari semuanya, Moms akan dapat membebaskan tanaman dari hama tanpa meninggalkan bahan kimia atau residu berbahaya.

Caranya adalah dengan membuat "teh bawang putih" alias pestisida cair dari bawang putih.

Semprotan air bawang putih buatan sendiri memiliki banyak kegunaan dan bisa diaplikasikan pada sayuran, buah, hias, dan tanaman dalam ruangan.

Jika digunakan sebagai semprotan daun, air bawang putih efektif membasmi kutu daun, kumbang kentang, lalat putih, kumbang kacang, cacing kubis, tungau laba-laba, ngengat, semut, dan rayap.

Kemudian, apabila digunakan sebagai perawatan tanah, air bawang putih adalah pengobatan yang diakui untuk membasmi nematoda dan agas jamur.

Senyawa belerang aktif pada bawang putih pun akan menghentikan berbagai infestasi jamur dan lumut.

Bila digunakan dalam kombinasi dengan cabai, bawang putih bekerja dengan baik sebagai pencegah tikus, kelinci, dan binatang perusak tanaman lainnya.

Baca Juga: Terungkap! Inilah Identitas Artis yang Diduga Terlibat Kasus Prostusi Online, Salah Satu Pemeran Sinetron Bawang Putih Berkulit Merah

Source : kompas

Editor : Riska Yulyana Damayanti

Baca Lainnya

Latest