Follow Us

Jadikan Acuan Ini Sebelum Memilih Rumah! Berikut adalah Beragam Risiko dan Bahaya Kesehatan yang Bisa Terjadi Jika Memiliki Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur

Averus Al Kautsar - Senin, 22 Februari 2021 | 07:40
Memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata menyimpan bahaya tersembunyi.
Freepik

Memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata menyimpan bahaya tersembunyi.

GridHITS.id - Miliki kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata simpan dampak buruk bagi kesehatan yang tak banyak diketahui orang.

Miliki kamar yang nyaman tentu menjadi keinginan semua orang.

Selain nyaman, tak sedikit orang juga menyediakan beragam fasilitas di dalam kamar tidurnya untuk meningkatkan kepraktisan, sehingga beragam aktivitas bisa dilakukan di kamar tidur.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ternyata Ada Alasan Dibalik Anjuran Segera Mandi Setelah Kehujanan

Salah satu fasilitas yang sering diinginkan orang untuk ada di dalam kamar tidurnya adalah tersedianya kamar mandi.

Secara teknis dan teoritis, ilmu arsitektur sejatinya tidak pernah mempermasalahkan kehadiran kamar mandi pribadi di dalam kamar tidur, asal masih sesuai dengan aturan.

"Saya percaya ada beberapa prinsip (tentang kamar mandi di kamar tidur) yang menyangkut maintenance bangunan. Kalau dari sisi desain, arsitektur, kamar mandi memang memiliki risiko rembes," jelas Indra Zaka Permana, arsitek prinsipal dari PrivateLaboratory.net.

Menurutnya, baik atau tidak letak kamar mandi pribadi tersebut, justru ditentukan oleh kesiapan kita akan risiko jika tidak terdesain dengan baik, yaitu kelembapan ruang yang tinggi.

"Karena ada penggunaan air di situ, pemakaian cenderung tidak kontinu, air lebih banyak. Apalagi sifat (kamar mandi) untuk menyimpan air," lanjut Zaka.

Kelembapan yang tercipta, terang saja akan membuat kamar mandi lebih rentan berlumut jika kita tidak memerhatikan prosedur perawatan yang ideal.

Belum lagi, kalau kita memilih menggunakan bak air ketimbang shower atau tangki luar ruang sebagai tempat penampungan air.

Baca Juga: Masih Sering Meletakkan Sikat Gigi di Kamar Mandi? Penjelasan Ini akan Bikin Kamu Mikir Dua Kali Buat Melakukannya Lagi

Source : GridHealth.ID

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest