Follow Us

Mudah Sekali Ternyata! Begini Tips Mencuci Pakaian Agar Warnanya Tak Cepat Pudar atau Luntur

Rachel Anastasia Agustina - Rabu, 16 Desember 2020 | 10:46
Ilustrasi mencuci pakaian.
Freepik/pressfoto

Ilustrasi mencuci pakaian.

Mudah Sekali Ternyata! Begini Tips Mencuci Pakaian Agar Warnanya Tak Cepat Pudar atau Luntur

GridHITS.id - Tidak jarang ketika kita mencuci pakaian, terutama ketika semua warna menjadi satu, akan terjadi kelunturan.

Tentunya hal yang satu ini sangat tidak diinginkan, terutama ketika kita mencuci pakaian yang kita sukai, pasti akan jadi kekesalan tersendiri.

Bahkan bukan hanya luntur saja, berbagai baju juga bisa dengan mudah pudar warnanya jika kita cuci dengan bahan kimia yang tak baik.

Baca Juga: Mulai Detik Ini, Jangan Cuma Pakai Air dan Deterjen, Begini Cara Terbaik Mencuci Pakaian Agar Virus Corona yang Menempel Musnah

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Ada Cara Sangat Mudah untuk Bersihkan Berbagai Noda pada Pakaian, Cukup Gunakan Cuka!

Untuk mencegah kelunturan warna dan agar pakaian favoritmu tidak pudar, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu ikuti, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (16/12/2020).1. Baca label perawatan pakaian Penting untuk membaca label perawatan pakaian yang biasanya ada dibagian dalam kerah selama beberapa detik. Lakukan instruksi pencucian yang disarankan untuk pakaian yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memeriksa instruksi pengeringan.

Label mungkin menunjukkan bahwa pakaian harus dikeringkan dengan suhu rendah, atau dikeringkan dengan diperas. 2. Cuci warna gelap bersama Menyortir pakaian adalah peluang bagus untuk memeriksa label perawatan dan menempatkan pakaianmu di tumpukan yang benar.Siapapun yang pernah mencuci satu kaus kaki merah dengan seluruh pakaian putih akan tahu rasa sakit yang bisa terjadi ketika warna memudar.Untuk mencegah warna gelap memudar, pertahankan warna serupa.

Baca Juga: Pakai Baju Kebalik Nagita Slavina Bukan Panen Cibiran Justru Terima Pujian Setinggi Langit Setelah Tahu Alasan di Baliknya

Baca Juga: Gara-gara Keseringan Jemur Pakaian dan Handuk di Dalam Ruangan, Wanita Ini Harus Derita Penyakit yang Bikin Dirinya Kesusahan Setiap Malam3. Balik pakaian Saat kamu mencuci pakaian berwarna hitam atau tebal di mesin cuci, penting untuk membalikkannya terlebih dahulu, lalu mencucinya. Jangan khawatir dengan kotoran pada bagian luar baju, nantinya akan bersih. Ini adalah langkah selanjutnya untuk mencegah pakaian memudar.4. Jangan isi mesin cuci terlalu penuh pakaian

Memasukkan pakaian yang banyak ke mesin cuci yang sesuai kapasitasnya memang menggoda, tetapi hal ini memiliki kekurangan karena membuat mesin cuci bekerja lebih keras, dan bertindak keras pada pakaianmu.

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest