Follow Us

Usia Muda Bisa Kena Ancaman Kematian Serangan Jantung! Ini Gejala dan Penyebab Pembengkakan Jantung yang Jarang Diketahui

Safira Dita - Kamis, 10 Desember 2020 | 11:00
Gejala dan Penyebab Pembengkakan Jantung
Freepik

Gejala dan Penyebab Pembengkakan Jantung

GridHITS.id - Kenali gejala dan penyebab pembengkakan jantung yang bisa jadi ancaman di usia muda.

Nampaknya, masyarakat harus mulai waspada dengan kondisi pembengkakan jantung karena bisa dialami oleh usia muda.

Ya, usia paruh baya tak lagi menjadi sasaran utama penyakit jantung karena mereka yang berusia muda pun tak luput dari ancaman kematian yang disebabkannya.

Sebagai informasi, pembengkakan jantung atau jantung yang membesar (kardiomegali) bukanlah penyakit, melainkan pertanda kondisi lain.

Istilah "kardiomegali" mengacu pada pembesaran jantung yang terlihat pada tes pencitraan apa pun, termasuk rontgen dada.

Menurut penjelasan dr Vito Anggarino Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, FAsCC, pembengkakan jantung di usia muda bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca Juga: Kontestan Indonesian Idol Melisha Sidabutar Meninggal Dunia, Rossa dan Para Juri Beri Ucapan Belasungkawa

Baca Juga: Ini Dugaan Penyebab Melisha Sidabutar Finalis Indonesian Idol Special Season yang Meninggal Dunia, Sempat Menolak Dibawa ke Rumah Sakit

Misalnya penyakit jantung bawaaan, penyakit jantung rematik, penyakit jantung kardiomiopati, atau bisa juga karena gangguan irama jantung (aritmia).

Gejala pembengkakan jantung yang paling awal adalah mudah lelah. Kemudian gejala bisa berlanjut menjadi sesak napas, terutama di malam hari ketika sedang berbaring.

Kedua kaki orang yang tengah mengalami gejala pembengkakan jantung pun juga bisa membengkak.

Namun apabila pembengkakan jantung sudah terjadi sejak lama, maka keluhan utamanya adalah sesak napas.

Source : Kompas.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest