Follow Us

Jangan Sepelekan Uban di Usia Muda, Ternyata Bisa Saja Gangguan Kesehatan Ini Sedang Mengintai

Rachel Anastasia Agustina - Selasa, 10 November 2020 | 11:15
Munculnya uban di usia muda.
Freepik

Munculnya uban di usia muda.

Jangan Sepelekan Uban di Usia Muda, Ternyata Bisa Saja Gangguan Kesehatan Ini Sedang Mengintai

GridHITS.id - Rambut putih atau uban memang biasanya menjadi hal yang sangat tak diinginkan oleh kita.

Biasanya uban sendiri datang setelah rambut sudah kekurangan kemampuannya untuk melakukan pigmentasi.

Namun siapa sangka ternyata uban sendiri bisa datang pada usia muda yang perlu kita berikan perhatian khusus.

Karena bisa jadi itu merupakan ciri suatu penyakit. Melansir dari New York Times, rambut berubah menjadi beruban ketika sel-sel yang disebut melanosit yang ada di setiap folikel rambut rusak.

Baca Juga: Terungkap Cara Mudah Mencegah Uban di Usia Muda, Ternyata Cukup Konsumsi 5 Makanan Ini Rambut Putih Dijamin Tak Akan Berani Tumbuh di Kepala

Baca Juga: Enggak Perlu Perawatan Mahal, Ternyata Pertumbuhan Uban Bisa Dicegah dengan Rutin Konsumsi Makanan Rumahan IniMeski rambut beruban tak selalu diindikasikan dengan penyakit, namun hal itu bisa menjadi tanda adanya penyakit autoimun, tiroid, atau jantung. "Jika Anda menderita penyakit jantung dan rambut Anda beruban, itu adalah tanda penyakit jantung yang lebih buruk," kata Dr. Kirkland direktur Pusat Robert dan Arlene Kogod tentang Penuaan di Klinik Mayo. Melansir dari CNN, rambut beruban pada usia yang lebih muda, bahkan pada anak-anak bisa jadi merupakan kondisi Alopecia areata. Dari beberapa refrensi, Alopecia areata merupakan kondisi kerontokan rambut akibat adanya gangguan autoimun.

Selain itu, rambut beruban juga bisa menjadi tanda seseorang kekurangan vitamin B 12. Vitamin tersebut kerap ditemukan dalam produk hewani seperti ikan, daging segar, susu maupun telur. Pada orang dengan hormon tiroid yang tidak normal baik tinggi ataupun rendah juga bisa menyebabkan timbulnya uban lebih dini. Jika Anda ingin mengetahui normal tidaknya hormon tiroid ini, maka tes darah di laboratorium bisa dilakukan.

Baca Juga: Nyesel Baru Tahu Ternyata Tidak Perlu Mencabut Rambut untuk Mengatasi Uban, Tapi Cukup dengan Kopi

Baca Juga: Uban Bisa Hilang Permanen Sampai Ke Akar Hanya dengan Rempah Murah Meriah IniMeski jarang, kondisi rambut beruban bahkan dikaitkan dengan kasus vitiligo, tuberous sclerosis, Neurofibromatosis, dan sindrom Waardenburg. Anda mungkin perlu mengkhawatirkan kondisi-kondisi tersebut, jika rambut beruban pada usia muda, termasuk pada anak, diikuti dengan gejala seperti kejang, tumor di bawah kulit, dan gangguan pendengaran.Gaya Hidup Dr. Wilma Bergfeld, seorang dokter kulit di Klinik Cleveland, yang berspesialisasi dalam kelainan rambut menyebut, rambut beruban sangat ditentukan oleh sel penghasil pigmen.

Orang-orang yang sedang berdiet ataupun melakukan olahraga yang menyebabkan penurunan berat badan juga bisa mengalami rambut beruban lebih cepat. Kehilangan berat lebih dari 20 pon bisa menyebabkan timbulnya risiko ini. Selain itu, kondisi stres juga memperbesar timbulnya risiko seseorang mengalami rambut beruban. Dilaporkan dalam Nature Medicine, sebuah studi menemukan sel-sel yang bertanggung jawab atas warna rambut bisa terkuras saat tubuh sedang stres.Hal lain, kebiasaan buruk seperti merokok juga bisa mempercepat rambut beruban.

Baca Juga: Enggak Perlu Mahal, Menghilangkan Uban Cukup dengan Bahan Rumahan Ini Tanpa Merusak Kulit Kepala

Baca Juga: Hanya Perlu Oleskan Kayu Manis ke Rambut dengan Cara Ini, Jangan Kaget dengan Hasilnya yang Terjadi!Sebuah studi yang dilaporkan Italian Dermatology Online Journal, seperti yang dilansir Medical News Today, perokok berisiko 2 setengah kali lebih mungkin memiliki rambut putih muncul lebih cepat. Tak hanya itu, penggunaan pewarna rambut kimia dan produk perawatan rambut yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab munculnya uban. Ini karena adanya zat yang bisa merusak melanin rambut seperti adanya kandungan hidrogen peroksida dalam pewarna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Beruban di Usia Muda? Bisa Jadi Ciri Gangguan Kesehatan

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest