Follow Us

Berbeda Dengan Indonesia yang Minta Masyarakat SIap-siap Hidup Normal Kembali, WHO Justru Sebut Corona Masih Tak Terkendali Hingga 5 Tahun Mendatang

Hanifa Qurrota A'yun - Selasa, 19 Mei 2020 | 12:30
Direktur WHO
WHO

Direktur WHO

Berbeda Dengan Indonesia yang Minta Masyarakat SIap-siap Hidup Normal Kembali, WHO Justru Sebut Corona Masih Tak Terkendali Hingga 5 Tahun Mendatang

GridHits.id - Saat ini, jumlah kasus Covid-19 telah mencapai 4,8 juta kasus di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,8 juta orang dinyatakan sembuh.

Hal ini membuat kita berharap pandemi Covid-19 akan segera berakhir.

Namun, kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Soumya Swaminathan, telah mengingatkan tidak ada akhir yang cepat untuk pandemi Covid-19, meskipun jika akhirnya vaksin tersedia dalam waktu 12 bulan.

Baca Juga: Masa Bodoh dengan Kebijakan Pemerintah Soal Bekerja di Tengah Pandemi Corona, Wali Kota Depok Nekat Bakal Tetap Perketat Pembatasan: ‘Sudah Zona Merah, Tidak Bisa Dilonggarkan’

Baca Juga: Perubahan Terbaru Tanggal Cuti Bersama Lebaran 2020 di Tengah Pandemi, Resmi Diundur ke Akhir Tahun!Seperti dilaporkan CNBC, di webinar The Financial Times Global Boardroom pada hari Rabu, Swaminathan menyebut, "saya katakan dalam jangka waktu empat hingga lima tahun, kita baru bisa mengendalikan virus ini."

Komentar Swaminathan menyurutkan mereka yang berharap virus bisa segera hilang di tahun depan.

Swaminathan mengatakan, sejumlah faktor memengaruhi bagaimana kita dapat mengendalikan virus, termasuk tindakan pengendalian, kemungkinan virus bermutasi, dan penemuan vaksin.

Dia mencatat, meski vaksin adalah jalan keluar terbaik, ada sejumlah besar ketidakpastian yang dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi angka penyebaran virus corona.

Menemukan vaksin baru adalah langkah pertama. Selain itu, logistik untuk membuat vaksin dan mendistribusikannya kepada lebih dari 7 miliar orang di seluruh dunia adalah tugas yang sangat besar.Swaminathan bukan satu-satunya pejabat WHO yang mengingatkan tentang pandemi ini.

Baca Juga: Dulunya Cleaning Servis Sebelum Jadi Terkenal, Pelawak Ini Harus Terima Nasib Kembali Hidup Susah dan Rela Jadi Tukang Cireng Lantaran Sepi Job Ditengah Pandemi Corona

Editor : Safira Dita

Baca Lainnya

Latest