Follow Us

Peneliti Amerika ini Yakin Virus Corona Bukan dari Wuhan, Tapi Daerah ini dan Sudah Menyebar Sejak Awal September 2019

Shinta Dwi Ayu - Senin, 20 April 2020 | 08:00
Ilmuwan ini yakin Virus Corona bukan dari Wuhan tapi daerah ini
Freepik

Ilmuwan ini yakin Virus Corona bukan dari Wuhan tapi daerah ini

penelitian ini justru mengungkapkan virus corona bukan berasal dari Wuhan.

Bahkan penelitian tersebut mengatakan, keberadaan virus itu sudah ada sejak September 2019.

"Kemudian, ia (Covid-19) mulai menginfeksi dan menyebar di antara 13 September dan 7 Desember, menghasilkan jaringan yang kami sajikan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences," kata kata ahli genetik Universitas Cambridge, Peter Foster melansir dari Tribunnews.

Baca Juga: Tak Kuasa Menahan Kesedihan, Najwa Shihab Hanya Bisa Tertunduk Dengarkan Curhatan Pilu Seorang Sopir Ambulan Pengantar Jenazah Covid-19, 'Saya Ingin Teriak'

Penelitian tersebut juga mengatakan, awal mula penularan wabah virus corona diprediksi memang berasal dari kalelawar atau hewan lainnya.

"Mereka berada dalam bentuk kelelawar atau hewan lainnya selama beberapa bulan dan menulari manusia lainnya," katanya.

Para peneliti itu menganalisis virus dengan menggunakan jaringan filogenetik, suatu algoritma yang dapat memetakan pergerakan global organisme melalui mutasi gen mereka.

Ketika mencoba menentukan lokasi pasti dari pasien nol, tanda-tanda awal mendorong peneliti menelusuri jauh ke selatan daripada kota Wuhan.

Meskipun laporan mengatakan infeksi pertama terjadi di Kota Wuhan pada Desember 2019.

Baca Juga: Alhamdulillah, Vebby Palwinta Sah Jadi Istri Razi Bawazier, Potret Tampan Suaminya Jadi Sorotan hingga Dikira Raja Salman

"Apa yang kami rekonstruksi adalah jaringan awal penyebaran signifikan pertama di antara manusia," kata Foster.

"Jika saya didesak untuk menjawab, penyebaran asli virus itu bukan di Wuhan tetapi lebih mungkin di China Selatan," tutp Foster.

Artikel ini pernah ditulis di Nakita.id dengan judul : Bak Misteri yang Belum Terpecahkan, Bukan dari Wuhan China Ternyata Penelitian Terbaru Kini Mulai Menemukan Titik Terang Tentang Asal Muasal Virus Corona

Source : tribunnews

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest