Ternyata ini Beberapa Desain Baju Muslim Keren Terbaru Jelang Bulan Puasa 2023

Sabtu, 11 Maret 2023 | 21:42

Desain baju muslim terbaru 2023 menjelang lebaran

GridHITS.id - Industri fashion seolah tidak pernah berhenti mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Setiap tahunnya, tren fashion tanah air maupun di dunia terus mengalami perkembangan dan perubahan.

Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Muslim, tidak lepas dari tren busana-busana Muslim yang juga mengalami perkembangan.

Busana Muslim merupakan sebuah definisi yang menyatakan pakaian untuk umat Islam baik pria maupun wanita.

Pada tahun 2023 ini, tren busana Muslim juga dipengaruhi oleh perkembangan mode dan teknologi. Nantinya tidak hanya model-model baju yang lama saja namun juga berbagai motif terbaru akan menghiasi tren busana Muslim.

Kemudian tren busana Muslim pada 2023 juga diprediksi mengarah ke gaya elegan dan kontemporer.

Sekilas tentang MUFFEST+ 2023

Sejarah MUFFEST sudah bermula sejak tahun 2016 sebagai inisiatif dari Indonesian Fashion Chamber (IFC). Tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menonjolkan kreativitas serta tren busana modest wear atau pakaian tertutup untuk wanita Muslimah.

Sejak pertama kali diadakan, mata acara MUFFEST selalu menghadirkan runway show di atas panggung catwalk, pameran bisnis halal yang tidak hanya terbatas pada bidang fashion, serta panel diskusi dengan para pakar industri desain busana. Selain itu, ada kalanya MUFFEST juga memiliki ajang lokakarya interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku industri.

Kini, MUFFEST+ 2023 mempersembahkan berbagai inovasi baru untuk menampilkan keberagaman busana modest wear Indonesia dalam kancah internasional. Beberapa diantaranya mencakup konsep “See Now Buy Now” agar penonton MUFFEST dapat membeli koleksi busana yang ditampilkan secara daring, serta kehadiran sembilan desainer internasional sebagai bintang tamu.Partisipasi BINUS International di MUFFEST+ 2023

BINUS International Fashion Design akan berpartisipasi dalam acara Muslim Fashion Festival 2023 atau MUFFEST+ 2023, yang merupakan fashion show terkenal yang memperkenalkan busana Muslim tersebut, untuk mendukung inovasi mahasiswa serta penerapan kemampuan desain mereka secara nyata.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Berikut Cara Memilih Pakaian Muslimah Syar'i yang Elegan dan Nyaman

Pada tahun ini, MUFFEST akan diadakan mulai tanggal 7 hingga 10 Maret 2023 di The Westin Jakarta, Setiabudi, Jakarta Selatan. Pagelaran busana Muslim ini akan menghadirkan berbagai desainer serta jenama bisnis halal terkenal untuk menunjang pengalaman belajar mahasiswa BINUS International di lapangan.

Mewakili BINUS International, Nahid Studio by Rula Nahid; Alfice by Shinbi Jeon, Davin Darmawan, Nasya Alta, dan Rasya Suhardjo; The Collage by Yoshella Febe silalahi; serta Cycled of Intertwined by Stephanie Widjaja akan menampilkan koleksi busana Muslim kasual dan semi-formal yang terdiri dari atasan, bawahan, hingga abaya pada hari pertama MUFFEST+2023.

“Kami senang sekali bisa menghadiri ajang terbesar untuk pagelaran busana Muslim seperti MUFFEST,” ucap Ratna Dewi Parameta, MA yang menjabat sebagai Head of Fashion Program BINUS International.

Lalu, beliau juga mengungkap signifikansi acara MUFFEST bagi mahasiswanya, “Apalagi, busana Muslim memiliki pasar yang sangat besar di dalam negeri dan potensinya sangat luar biasa untuk dikembangkan. Saya rasa acara ini adalah kesempatan yang baik untuk meningkatkan exposure karya-karya mahasiswa terhadap tren busana Muslim.”

Tema yang dipilih oleh tim BINUS International juga sangat dekat dengan isu terkini, seperti yang dijelaskan oleh Ibu Ratna. “Tema kali ini adalah Celestial Sphere yang menceritakan kehidupan dan keindahan bumi. Makanya, koleksi pakaian kasual dan semi-formal kami menunjukkan warna hijau, biru, pink... semuanya tampil di sini.”

Mendorong Terwujudnya Visi Misi BINUS International Fashion Design Partisipasi BINUS International tidak hanya memberi tim mahasiswa kesempatan untuk menunjukkan kreativitas dan menjalin hubungan dengan tokoh-tokoh ternama dalam bidang fashion.

Keikutsertaan tim mahasiswa dalam ajang MUFFEST+ 2023 juga sangat selaras dengan visi dan misi program studi Fashion Design, yakni untuk mempersiapkan mahasiswa sebagai calon entrepreneur yang profesional dengan lingkungan belajar yang kreatif.Lingkungan belajar tersebut juga harus mampu mengekspos mahasiswa terhadap permintaan terkini dari masyarakat dan industri.

Ibu Ratna pun menjelaskan bagaimana MUFFEST+ 2023 mampu mewujudkan visi dan misi program BINUS International Fashion Design, “Perkembangan industri Moslem wear di Indonesia semakin pesat, dan negara kita salah satu tiga terbesar untuk konsumsinya. Karena [perkembangan] itu, kita butuh desainer muda yang terampil dan berbakat supaya bisa bersaing dengan produk yang berkualitas di pasar global.”

Hal tersebut berkaitan erat dengan misi Indonesia untuk bersaing secara internasional, seperti yang disimpulkan oleh beliau, “Presiden Joko Widodo mengharapkan Indonesia menjadi pusat fashion Muslim untuk 2025. Nah, BINUS International mendukung misi tersebut dengan membantu menelurkan generasi muda yang kreatif dan kompeten untuk meningkatkan kualitas serta citra anak bangsa.”

BINUS International Fashion Design mendukung inovasi serta kreativitas mahasiswa dalam bidang busana dengan menunjukkan karya mereka di panggung runway show MUFFEST+ 2023.Mereka memilih tema Celestial Sphere yang menonjolkan keindahan alam serta konsep pakaian kasual dan semi-formal.

Para pihak terkait dari program studi tersebut juga berharap bahwa partisipasi ini mampu mengekspos para desainer muda terhadap tren busana Muslim agar dapat berkontribusi bagi perkembangannya di Indonesia. Dengan demikian, mereka mampu bersaing secara internasional.

Baca Juga: Passion dan Komitmen, Kunci Sukses Vinvin Alvionica Bikin Alunicorn Cuan Miliaran Rupiah

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya