Passion dan Komitmen, Kunci Sukses Vinvin Alvionica Bikin Alunicorn Cuan Miliaran Rupiah

Minggu, 17 April 2022 | 10:04

Vinvin Alvionica bisa menjadi trend setter busana muslimah

GridHITS.id -Passion yang besar serta komitmen yang kuat adalah pondasi penting dalam melakukan segala hal.

Vinvin Alvionica membuktikan ujaran tersebut. Dirinya sukses membangun Alunicorn (https://instagram.com/alunicorn_id), merek yang bergerak di lini busana Muslim, hingga sebesar sekarang.

Kecintaannya terhadap dunia fashion dan kerja keras tanpa lelah, menjadikan dirinya sukses sebagai pebisnis yang menghasilkan omset hingga angka miliar rupiah.

Semuanya bermula dari hobi. Sosok yang sebelumnya berprofesi sebagai bidan di salah satu Rumah Sakit swasta di kota Bandung ini, hanyalah ingin menyalurkan hobi berjualan hijab. Ia tidak serta merta langsung mendirikan Alunicorn.

“Sedari remaja hobi Saya adalah berjualan. Apapun yang menjadi peluang bisnis maka akan Saya kerjakan, termasuk mencoba usaha kecil-kecilan produk hijab semasa kerja di rumah sakit tahun 2017,” ungkap sosok yang juga kerap disapa dengan Bidan Vinvin ini.

Berbekal modal sebesar Rp 1 juta hasil dari menyisihkan gaji bulanan, ia mulai menjual barang seperti hijab kepada teman-teman di lingkungan kerjanya. Rupanya, barang-barang yang ia jual laku. Hal itu semakin membuatnya bersemangat untuk berbisnis kecil-kecilan, sambil bekerja.

Seiring berjalannya waktu, bisnis sampingan Vinvin ini semakin banyak memiliki pelanggan. Dari sana, ia mulai berpikir untuk membuat produk sendiri

"Jadi, awalnya nggak langsung membuat brand saat itu. Usaha kecil-kecilan dulu, jual sama teman-teman di tempat kerja" kenang vinvin.

Berangkat dari keinginannya untuk menciptakan produk sendiri, Vinvin akhirnya mulai memperkenalkan Alunicorn sebagai brand miliknya. Ia memulai pemasaran produk melalui Instagram, Tiktok (http://www.tiktok.com/@alunicorn_id) hingga akhirnya memiliki website sendiri yakni http://www.alunicorn.id.

Baca Juga: Saksikan Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022 yang Digelar Female & Children Media Grid Network, Dapatkan Inspirasi Busana Hari Raya dari 8 Desainer Lokal

Lantaran ingin fokus dengan bisnis yang ia jalani, Vinvin akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya di rumah sakit tersebut.

Saat meluncurkan Alunicorn, Vinvin mengaku tak sedikitpun mengalami kendali. Ia paham betul dengan apa yang hendak ia tawarkan.

Sebab, ia menggunakan produk yang benar-benar murni ia buat sendiri.

Kini, kerja kerasnya pun membuahkan hasil. Omzet miliaran rupiah masuk ke kantongnya. Kemudian, ia bahkan sudah mengirim produk ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Taiwan, Korea dan lainnya.

Tak hanya sisi profit, Vinvin juga memberikan manfaat untuk banyak orang. Alunicorn juga membuka lapangan kerja dan sekaligus memberdayakan perempuan. Saat ini, Vinvin sudah punya 10 rumah jahit dengan total sebanyak 100 karyawan. Ia juga tak lupa untuk berbagi.

“Salah satu penguat kunci sukses adalah kita harus bisa bersedekah, tidak perlu banyak asalkan rutin, Insya Allah rejeki akan lancar,” ujar Vinvin.

Saat ditanya kunci suksesnya, wanita kelahiran 05 Oktober 1993 ini mengaku memiliki passion di bidang fashion. Sehingga membuatnya semangat dalam bekerja dan tidak mudah menyerah bila ada masalah. Selain itu ketekunan dan semangat yang tinggi akan membuat lebih mudah untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

"Karena namanya bisnis, itu banyak tantangannya. Tidak bisa instan, semua butuh proses apalagi di Fashion. Kita harus tahu produk apa yang mau kita jual, sasaran marketnya bagaimana dan bagaimana menciptakan produk ngangenin yang dapat diterima di masyarakat,“ ungkap Vinvin

Vinvin mengatakan, bisnis fashion bukan hanya sekedar menjual produk agar laku dan untung. Namun, bagaimana menjadikan para konsumen loyal terhadap produk. Oleh karenanya, ia selalu mementingkan kualitas pada produknya.

Baca Juga: Lihat Koleksi Keren dan Terbaru untuk Lebaran! Fashion Date : Virtual Trunk Show Raya Collection 2022 Designers & Collection

"Nah, kalau dicek produk Alunicorn hanya pakai material yang bagus dan mempunyai ciri khas sendiri. Dan konsumen puas lalu repeat order lagi. Inilah yang membuat Alunicorn berkembang,” katanya.

Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, Vinvin mengaku tetap yakin produknya bakal diterima baik masyarakat Indonesia. Sebab, produk Alunicorn mempunyai ciri khas yang tidak ada di tempat lain. Produk-produk Alunicorn memiliki detail yang unik, dengan bahan plisket, anti setrika, anti kusut, sejuk, ringan dan busui friendly. Itulah mengapa produk Alunicorn banyak dicintai oleh semua masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

"Saya optimistis, karena saya menjual produk yang berkualitas. Dengan adanya pandemi semua brand banting harga, tapi Saya tidak perlu khawatir. Dengan menjaga kualitas produk dan menjaga hubungan dengan customer itu adalah kunci utama kita tidak akan kehilangan customer, sehingga saat pandemi pun masih tetap stabil bahkan meningkat,” tegas Vinvin.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Fashion Date: Virtual Trunk Show Raya Collection 2022, Berbagai Koleksi dan Inspirasi Busana Hari Raya dari Desainer Lokal Siap Ditampilkan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya