Belajar dari PT Ajinomoto dalam Mengelola Sampah Plastik, Buat Produk dengan Kemasan Kertas hingga Olah Sisa Limbah Kantin jadi Pakan Ternak

Rabu, 22 Februari 2023 | 17:13

PT ajinomoto mengolah sisa limbah kanton menjadi pakan ternak

GridHITS.id - Sampah menjadi masalah saat tak dikelola dengan baik.

Namun, sampah bukan musuh manusia karena selama manusia beraktivitas pasti akan menghasilkan sampah.

Sampah hanya perlu dikelola dengan manajemen yang baik, hingga tidak mengganggu kesehatan dan mencemari lingkungan.

Bahkan, sampah bisa diolah atau didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Ini jugalah yang dilakukan PT Ajinomoto Indonesia dalam melakukan pengelolaan sampah.

Berawal dari keprihatinan sampah yang terus menggunung, Grup Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) memiliki berbagai upaya guna mengurangi permasalahan sampah plastik.

Berikut beberapa usaha yang telah dilakukan yang juga bisa menjadi inspirasi bagi rumah tangga atau perusahaan lain.

Karyawan Dibiasakan Memilih Sampah

Di perusahaan, Ajinomoto mengedukasi para Health Provider yang merupakan seluruh karyawan Ajinomoto untuk memilah sampah.

Membuat Kemasan Produk Berbahan Kertas

Melalui Brand Masako®, AJI-NO-MOTO®, dan Sajiku®, juga memiliki inisiatif pengurangan sampah plastik dengan menekan angka penggunaan material plastik pada setiap kemasannya.

Ajinomootmengurangi hingga 30% penggunaan material plastik di kemasannya, Brand Masako® sejumlah 8,4% dalam setiap kemasan 8,5gr dan Sajiku® sejumlah 9,5% di setiap kemasannya.

Membuat Waste Station

Ajinomoto berinovasi sekaligus berkomitmen mendukung pemerintah dalam menanggulangi sampah dengan meluncurkan fasilitas waste station dengan bekerjasama dengan Rekosistem.

Baca Juga: Pasti Baru Tahu, Jalanan di Berbagai Kota ini Ternyata Menggunakan Aspal Plastik, Salah Satunya di BSD City

Ini hasil kolaborasi dengan Rekosistem yang merupakan salah satu perusahaan start-up daur ulang di Indonesia- yang dalam penerapannya didukung oleh platform berbasis android & ios. Platform ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat untuk penyetoran sampah.

Tak hanya membuat fasilitas waste station bersama Rekosistem,Ajinomotojuga terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari sumbernya.

Ini sejalan dengan Ajinomoto yang berperan dalam pengurangan sampah yangberdampak pada lingkungan juga menjadi Health provider for The Earth, demikian ungkap Grant Senjaya – Head of Public Relations Dept PT AJINOMOTO INDONESIA.

Mengolah Sampah jadi Pakan Ternak

Pabrik Ajinomoto di Karawang dan Mojokerto juga turut mengurangi sampah domestik yang dihasilkan dari waste hasil produksi dan sisa makanan kantin.

Di Pabrik Karawang, limbah domestik hasil produksi dan sisa makanan kantin diolah kembali untuk dijadikan pakan ternak, bekerjasama dengan PT Ray Hikmah Jaya (RHJ) Feed Mill.

Di Pabrik Mojokerto, limbah domestik hasil produksi dan sisa makanan kantin diolah kembali untuk dijadikan berbagai produk samping (co-products) seperti FML & TRITAN, yang dapat dijadikan alternatif nutrisi untuk pakan ternak.

Baca Juga: Edukasi Masyarakat untuk Pilah Sampah dari Sumbernya, Ajinomoto Bantu dengan Luncurkan Fasilitas Waste Station

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya