Kumpulan Rumus Hitungan Sederhana di Microsoft Excel Ini Akan Membuat Anda Terlihat Pintar

Sabtu, 18 Februari 2023 | 18:05
Pixabay

Kumpulan rumus hitungan sederhana di Microsoft Excel ini akan sangat membantu Anda.

GridHITS.id - Banyak orang tidak tahu kehebatan Microsoft Excel sehingga mereka menggunakan Excel hanya sebagai alat bantu untuk mengetik. Atau hanya untuk bikin tabel jadi, kalau begitu ya tidak ada bedanya dengan Microsoft Word.

Padahal Excel adalah sebuah software dahsyat yang akan sangat membantu pekerjaan, khususnya dalam urusan hitung-menghitung.

Dan Anda akan lebih sangat terbantu lagi kalau menggunakan Excel dengan rumus hitungan sederhana.

Bila rumus itu Anda pertunjukkan di depan rekan sejawat Anda yang belum mengerti, niscaya Anda akan terlihat lebih pintar dan hebat.

Rumus hitungan sederhana Excel

Rumus hitungan sederhana yang bisa digunakan di Excel:

1. Penjumlahan (SUM)

Gunakan rumus "SUM" untuk menambahkan nilai di sel tertentu dalam sebuah rentang.

Contoh: =SUM(A1:A5) akan menambahkan nilai sel A1 sampai A5.

2. Pengurangan (SUBTRACT)

Gunakan tanda "-" untuk mengurangkan satu nilai dengan nilai lainnya.

Contoh: =A1-A2 akan mengurangkan nilai di sel A2 dari nilai di sel A1.

Baca Juga: Pekerjaan Cepat Kelar, Ini Puluhan Shortcut Microsoft Excel yang Wajb Dicatat

3. Perkalian (MULTIPLY)

Gunakan tanda "" untuk mengalikan dua nilai.

Contoh: =A1A2 akan mengalikan nilai di sel A1 dengan nilai di sel A2.

4. Pembagian (DIVIDE)

Gunakan tanda "/" untuk membagi satu nilai dengan nilai lainnya.

Contoh: =A1/A2 akan membagi nilai di sel A1 dengan nilai di sel A2.

5. Rata-rata (AVERAGE)

Gunakan rumus "AVERAGE" untuk menghitung rata-rata nilai dalam sebuah rentang.

Contoh: =AVERAGE(A1:A5) akan menghitung rata-rata nilai sel A1 sampai A5.

6. Maksimum (MAX)

Gunakan rumus "MAX" untuk menemukan nilai maksimum dalam sebuah rentang. Contoh: =MAX(A1:A5) akan mencari nilai maksimum dari sel A1 sampai A5.

Baca Juga: 5 Alternatif Software Mengetik Selain Microsoft Word, Ada yang Gratis tapi Bagus

7. Minimum (MIN)

Gunakan rumus "MIN" untuk menemukan nilai minimum dalam sebuah rentang.

Contoh: =MIN(A1:A5) akan mencari nilai minimum dari sel A1 sampai A5.

8. Persentase (PERCENTAGE)

Gunakan tanda "%" untuk mengubah nilai menjadi persentase.

Contoh: =A1*10% akan menghitung 10% dari nilai di sel A1.

Itulah beberapa contoh rumus hitungan sederhana di Excel.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang rumus-rumus lain yang tersedia di Excel, Anda dapat melihat dokumentasi resmi Microsoft Excel atau mencari tutorial Excel di internet.

Sebagian isi artikel ini dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan.

Tag

Editor : David Togatorop