Ternyata HP Disadap! Blak-blakan Ditagih Debt Collector Padahal Tak Pernah Ngutang ke Pinjol? Ini Cara Mengatasinya

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:00
Freepik/rawpixel.com

Ilustrasi penagihan debt collector

GridHITS.id - Kisah ini datang dari seorang pengembang aplikasi yang memiliki channel YouTube bernama Mr. Bert.

Beberapa waktu lalu beliau menjabarkan bagaimana 'penyadapan' yang dilakukan oleh aplikasi pinjaman online (pinjol).

Hal itu dibahas saat dirinya mendapatkan telepon dari salah satu aplikasi pinjaman online yang cukup ternama.

Sang debt collector dari aplikasi tersebut pun langsung menyatakan bahwa Mr. Bert dijadikan penjamin oleh salah satu temannya yang meminjam ke aplikasi mereka.

Mr. Bert pun menyamarkan nama temannya dengan sebutan Pak Budi. Sampai akhirnya ia pun bereaksi pada sang debt collector.

"Anda siapa? Bahkan Anda tidak mengenalkan diri dan bicara terlalu cepat" ujar Mr. Bert pada debt collector.

Rupanya sang debt collector mengatakan bahwa Pak Budi sudah tidak bisa dihubungi dan meminta Mr. Bert sebagai penjamin untuk menghubungi.

"Tolong dong pak, bapak hubungi dia (Pak Budi) agar membayar utangnya, jangan melarikan diri, kalau dia melarikan diri bapak yang susah karena bapak dijadikan penjamin" ujar sang debt collector.

Rupanya sejak kejadian itu Pak Budi sudah menerima sampai 56 SMS yang menyatakan dirinya sebagai penjamin Pak Budi.

Bahkan ia mendapatkan pesan dari nomor WhatsApp yang berbeda-beda untuk menagih. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk menghubungi Pak Budi.

Momen ini terekam dalam video bertajuk "LICIKNYA PINJOL. Dikejar Debt Collector Walau Tidak Ngutang. Ternyata HP Disadap. SOLUSINYA NIHHH" yang tayang di kanal YouTube Mr Bert.

Baca Juga: Licik Bukan Main! Apes Pria Ini Dikejar-kejar Debt Collector Padahal Tak Punya Utang, Modusnya Ngeri Banget

"Saya menghubungi Budi karena saya emosi, dan kondisinya memang saya tidak terlalu dekat dengan Budi, lalu kenapa dia berani menjadikan saya jaminan" tegasnya.

Akhirnya Budi menjelaskan bahwa ada banyak temannya yang juga dihubungi oleh pinjol, dan mengira bahwa datanya disadap oleh si pinjol.

Sampai Mr. Bert pun sadar bahwa bisa aja memang aplikasi tersebut mengambil data ponsel seseorang tanpa diketahui.

Untuk memastikan hal tersebut, Mr. Bert pun mengunduh aplikasi pinjol tersebut dan melihat bahwa kita diminta mengizinkan aplikasi tersebut mengakses data di ponsel kita.

Sehingga bisa dengan mudah mereka mengetahui lokasi Anda, galeri, kontak hp, dan lainnya tanpa izin kita, sehingga bisa disebut ini adalah penyadapan.

Maka dari itu kita perlu melakukan antisipasi melalui pengaturan atau setting ponsel untuk membatasi pergerakan aplikasi macam pinjol.

Cara membatasi aplikasi:

- Masuk ke menu pengaturan atau setting

- Turun ke bawah dan cari aplikasi tersebut, klik batasi

- Setelah itu Anda bisa memilih apa saja yang ingin dibatasi, seperti camera, mic, telepon dan lainnya, tolak semua izin jika diperlukan

Nah itu dia cara meminimalisir penyadapan yang dilakukan aplikasi pinjol terutama yang ilegal, selamat mencoba!

Baca Juga: Bisa Jadi Pelajaran Berharga Orang Banyak! Guru SD Ini Langsung Depresi Berat Usai Nekat Hutang Pinjol Rp 3 Juta dan Kini Membengkak Jadi Rp 90 Juta, Dapat Ancaman Ini

Editor : Rachel Anastasia

Baca Lainnya