GridHITS.id - Fitur-fitur whatsapp business terus menjadi sorotan usai aplikasi ini banyak diunduh beberapa waktu lalu.
Whatsapp business beda dengan whatsapp biasa atau yang biasa disebut whatsapp mesenger.
Kelebihan itulah yang dimanfaatkan para pedagang, pebisnis, bagian marketing, untuk memasarkan produk maupun jasanya.
Menurut situs resmi whatsapp,whatsApp business sendiri aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis kecil dan menengah.
Aplikasi ini diperkenalkanpada tahun 2018 dan dikembangkan khususnya untuk UMKM.
WhatsApp Business membantu UMKM dengan menghadirkan fitur tersebut untuk memaksimalkan interaksi dengan konsumen.
Mengenal Fitur-fitur Whatsapp Business
Ada beberapa fitur yang ada di whatsapp business tapi tak di whatsapp biasa.1. Profil Whatsapp Business
Kalau whatsapp biasa, profil hanya berupa nama, nomor telepon, dan foto profil.Ini berbeda dengan whatsapp business yang profilnya lebih kaya dan mendetail, karena sebagai sumber rujukan informasi bisnis itu konsumen.
Sebut saja kita bisa membuat logo brand, nama brand,kategori bisnis, media sosial, dan alamat bisnis.
Baca Juga: Bisnis Makin Cuan, Cara Membuat Whatsapp Business Auto Reply
Bahkan, kita dapat menyertakan alamat email dan situs web.
Semakin banyak informasi yang tertera, semakin banyak informasi yang didapat konsumen.
2. Katalog Produk
Katalog produk berisi produk atau jasa yang akan dijual kepada konsumen.Katalog produk ibarat pajangan dagangan yang ditampilkan di sebuah toko.
Konsumen akan tahu aneka produk yang dijual beserta harga dari fitur ini.
Cara tambahkan katalog di whatsapp business
Asal tahu saja,membuat dan menambahkan katalog produk di WhatsApp Business bisa dilakukandismartphone ataupun komputer, baik desktop maupun laptop.
Artinya, cukup dengan HP kita bisa membuat dan menambahkan produk.
Baca Juga:Yuk Dicoba, Cara Pakai 1 Nomor untuk Dua Whatsapp
Berikut langkah-langkahnya :
- Buka akunWhatsApp Business di smartphone
- Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas Pilih “Business Tools” Pilih “Catalog” Klik “Add new item” untuk menambahkan produk
- Lalu Tambahkan gambar dengan klik “Add images”
Cara membuat katalog WhatsApp Business di Desktop ataupun Laptop
- Buka akunWhatsApp Business di whatsapp web atau whatsapp desktop lewat PC.
- Klik ikon titik tiga horizontal di atas jendela
- Pilih "catalog"kemudian ketuk"add new item"
- Masukkan informasi produk/layanan, seperti foto, nama, harga, deskripsi, dan sebagainya.
- Klik "add to catalog"
Baca Juga:Lebih Tenang! Ini Cara Mengunci Whatsapp agar Chat Tidak Bocor
Usahakan kita memilih dan mengatur produk sesuai dengan kelompoknya. Langkah yang dapat dilakukan:
- Buka akun WhatsApp Business
- Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas
- Pilih “Business Tools” Pilih “Catalog”
- Klik “Add new collection”
- Ketik nama kategori yang diinginkan
- Lalu centang atau pilih beberapa produk yang termasuk pada kategori tersebut
Agar laris manis, selaincara tambahkan katalog di whatsapp business, pastikan katalog itu dipromosikan.
Dengan promosi tepat di media sosial, produk kita lebih mudah dikenal dan dibeli orang lain.
- Buka akun WhatsApp Business
- Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
- Pilih “Business Tools”
- Pilih “Catalog”
- Pilih informasi produk yang ingin Anda bagikan
- Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
- Pilih “Share”
- Pilih “Send link via WhatsApp Business” , “Copy link”, atau “Share link”
3. Bisa Membalas Pesan dengan Cepat
Sering kan kita dibuat kesal karena konsumen menanyakan pertanyaan yang sama berulang kali.Bukan hanya satu atau dua, tapi puluhan hingga ratusan.
Fitur balas cepat ini sangat membantu menjadi solusi hal itu.
Dengan fitur ini, kita dapat membalas pesan dari konsumen dengan cepat.
Cara Menggunakan Fitur Balas Cepat:
- Masuk ke aplikasi WhatsApp Business, kliksetting (pengaturan)
- Ketuk Fitur Bisnis > Balas Cepat.
- Ketuk Tambahkan (Tombol ‘+’) .
- Klik Masukkan pesan untuk membuat pesan yang Anda inginkan.
- Klik Pintasan untuk mengatur pintasan papan ketik untuk balas cepat Anda.
- Ketuk Simpan.
- Untuk membuat perintah balas cepat di WhatsApp Business, Anda perlu memahami dan mengikuti perintah sebagai berikut:
Shortcut – Shortcut diawali dengan tanda garis miring (/) berguna untuk ‘memanggil pesan’ yang dituliskan di kotak isian pesan tadi.
Keyword – Keyword alias kata kunci, sangat bermanfaatdalam ‘memudahkan pencarian’ berdasarkan kata kunci.
Masukkan Keyword atau kata kunci ini akan bermanfaat saat memfilter jika memiliki beberapa balasan cepat di dalam daftar chat.
Kitadiberikan kesempatan untuk memberikan 3 kata kunci dalam setiap pesan balas cepat di WhatsApp.
Untuk menggunakan fitur ini, maka Anda hanya perlu mengetikkan tanda garis miring “/” dan memilih pesan mana yang mau dikirimkan. Bahkan kita dapatmengedit pesan dan memberikan emoticon sebelum mengirim pesan tersebut.
4. Label Untuk Menandai Pembayaran
Label ini berguna untuk memberi tanda pada proses pembayaran konsumen.Kita bisa menandai konsumen yang sudah lunas membayar, konsumen baru,konsumen yang sudah membayar, dan lain-lain.
Cara menggunakan Label di Whatsapp:
- Masuk aplikasi WhatsApp Business > ketuk Pengaturan.
- Ketuk Fitur Bisnis > Label > Tambah Label Baru.
- Masukkan nama label > ketuk Simpan.
- Kita juga memiliki cara alternatif dengan ketuk Chat dan gesek ke bawah pada layar Anda. Lalu ketuk Label > Tambah Label Baru > masukkan nama label > ketuk Simpan. Anda perlu mengetahui bahwa Anda dapat membuat label hingga 20 label.
5. Fitur Auto Reply
Pesan auto reply atau pesan balasan otomatis memang lazim digunakan para pedagang atau pebisnis.Dengan pesan auto reply, kita tetap dapat memberikan balasan kepada pelanggan meski toko sudah tutup atau kita sedang melakukan aktivitas lain.
Baca Juga:Gampang Banget, Begini Cara Ganti Admin Group di Whatsapp
Dengan fitur ini, kita dapat merespons cepat hingga konsumen whatsapp tak merasa diabaikan.
Ada 3 karakter fitur autoreply:
Ada beberapa karakter dari whatsapp business, yaitu greeting message,yaitu pesan sapaan untuk menyapa konsumen atau pelanggan, entah selamat pagi, selamat datang di toko kami, dan lain-lain.
Lalu adaaway message, yaitupesan di luar jam kerja atau saat toko tutup.
Kemudian Quick Replies, yaitubalasan cepat kepada pelanggan atau konsumen saat dia menanyakan sesuatu.
Cara Mengaktifkan Pesan Balasan Otomatis
1. Buka aplikasi WhatsApp Business app.2. Ketuk Opsi lainnya > Alat bisnis (Business tools) > Balasan cepat (Quick replies).
3. Klik Tambahkan (Add).4. Ketuk Pesan untuk mengatur pesan yang ingin disampaikan. Catatan: File media tidak didukung balasan cepat di Web atau Desktop.5.Klik Pintasan untuk mengatur pintasan keyboard untuk balasan cepat kamu.6. Ketuk SIMPAN.
Baca Juga: Pesan yang Dihapus Bisa di-Undo! Cara Gunakan Fitur Whatsapp Accidental Delete
Cara Menggunakan Balasan Otomatis Berdasarkan Profil Bisnis
Ada juga balasan pesan otomatis untuk menginformasikan jam kerja, jam buka tokok alamat, atau profil dan produk yang dijual:
Ini Caranya yang dapat dilakukan:
1. Buka percakapan, klik Pesan, dan ketik '/', atau bisa juga dengan cara ini.2. Buka obrolan, ketuk Lampirkan (Attach) > Balasan Cepat (Quick replies).
Demikian fitur-fitur whatsapp business,semoga dapat membantu.
Baca Juga:Dijamin Cepat Pulih! ini Cara Mengatasi Akun Whatsapp yang Diblokir Sementara