Mondelez Indonesia Rayakan 10 tahun Perjalanan Cocoa Life

Jumat, 23 September 2022 | 11:01

Mondelez dukung kesejahteraan petani di indonesia

GridHITS.id -Mondelez Indonesia rayakan pencapaian sukses 10 tahun pertama program Cocoa Life yang berhasil melampaui target awalnya.

Dalam misi mensejahterakan petani dan komunitas kakao, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

Adapun agenda perayaan yang dipusatkan di wilayah Pinrang, Sulawesi Selatan ini bertujuan menginspirasi lebih banyak pihak untuk bersama mewujudkan sektor kakao yang lebih berkelanjutan.

Andi Sitti Asmayanti selaku Director Sustainability, South East Asia, Mondelez Internationalmenjelaskan bahwa, Cocoa Life merupakan program kakao berkelanjutan yang diinisiasi oleh Mondelez International sejak 2012.

Tujuannya untuk mensejahterakan petani dan komunitas kakao, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

“Memasuki 10 tahun perjalanannya, program Cocoa life secara global telah berhasil memperoleh berbagai pencapaian sukses, mulai dari memberdayakan hampir210.000petanidan menjangkau lebih daritiga juta anggota komunitasdi seluruh dunia.

Serta telah menginvestasikan lebih dariUSD 400 jutadalam mendukung mata pencaharian petani.

Pencapaian tersebut jauh melampaui target global pada 2022, yaitu memberdayakan 200.000 petani dan satu juta anggota komunitas, dengan target investasi sebesar USD 400 juta,” jelasYanti.

Dari sisi pemberdayaan komunitas berbasis pendekatanCommunity Action Plans(CAP), program ini telah berhasil memberdayakan lebih dari 2.400 komunitas kakao di bawah naungan Cocoa Life.

Caranya dengan memprioritaskan investasi di infrastruktur sekolah, air dan kesehatan/sanitasi.

Selanjutnya, dari sisi lingkungan, program Cocoa Life juga telah berhasil melakukan pemetaanlebih dari 198,000 lahan pertanianuntuk membantu mencegah deforestasi pertanian Kakao di seluruh dunia.

Baca Juga: Ungkap Pentingnya Camilan Bagi Kesehatan Mental, Mondelez Indonesia Ajak Masyarakat Terapkan #JamNgemil

Selain itu, saat ini program Cocoa Life juga telah berhasil memenuhi75%kebutuhan produksi cokelat Mondelez International, dan ditargetkan mencapai 100%pada 2025.

Lebih lanjut mengenai pertanian kakao di Indonesia berdasarkan data International Cocoa Organization (ICCO) 2022, tercatat bahwa Indonesia termasuk ke dalam 10 negara penghasil kakao terbesar dunia dan menjadi yang terbesar di Asia.

“Program Cocoa Life di Indonesia hingga saat ini telah berhasil memberdayakan lebih dari40.000 petani.

Jugamenjangkau lebih dari68.000 anggota komunitas kakaodi wilayah Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara,” tambahYanti.

Kementerian Pertanian Republik Indonesiayang diwakili olehSekretaris Direktorat Jenderal PerkebunanHeru Tri Widartomenyampaikan apresiasinya atas kehadiran program Cocoa Life dari Mondelez Indonesia.

“Melalui kesempatan ini kami juga turut mengajak pihak-pihak lainnya untuk dapat mengambil peran sesuai dengan kewenangan dan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan kakao nasional.

Kami berharap semoga ruang lingkup dari progam ini dapat direplikasi dan disebarluaskan kepada sentra produksi kakao nasional lainnya, hingga akhirnya para petani kakao dapat memperoleh manfaat dan berujung para peningkatan kesejahteraan mereka," jelasHeru.

Dr. Musdalifah MahmudselakuDeputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomianmenjelaskan bahwaprogram Cocoa Life sangat bermanfaat sekali untuk peningkatan produksi kakao dan pendapatan petani kakao.

Sehingga kami mendukung program ini untuk terus berlanjut dan bisa ditransformasikan pada program-program yang berkelanjutan.

“Kami mengajak semua pihak, pemerintah pusat, kabupaten, serta para pihak swasta dan masyarakat untuk terus saling berklaborasi, bersinergi dan saling mendukung untuk mendorong peningkatan kemajuan kakao Indonesia,” terangMusdalifah.

Terkait pelaksanaan kegiatan perayaan yang dilaksanakan di Pinrang,Bupati Pinrang HA Irwan Hamidmenjelaskan bahwa perkebunan kakao merupakan salah satu komoditas utama dari kabupaten Pinrang.

Baca Juga: Investasi 23 Juta USD, Mondelez International Tambah Lini Produksi Ekspor di Indonesia

“Kami berharap program Cocoa Life ini bisa terus diperluas, sehingga bisa menjangkau lebih banyak petani dan komunitas kakao.

Dengan begitubisa berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasIrwan.

Berbagai manfaat positif juga dirasakanIlhamselakuperwakilan petani binaan dan komunitas Cocoa Life.“Kami sangat terbantu atas panduan yang diberikan tim Cocoa Life dalam penerapan praktik budidaya pertanian yang baik atauGood Agricultural Practices (GAP). Dengan menerapkan praktik ini, budidaya kakao bisa menjadi lebih baik dan kami bisa meningkatkan hasil panen yang dari sebelumnya 5-7 kg per minggu menjadi 15-17 kg per minggu,” jelasIlham.

Saat ini program Cocoa Life tengah berupaya untuk menjawab tantangan pada sektor kakao secara holistik di enam negara penghasil kakao, meliputi Ghana, Pantai Gading, Indonesia, Republik Dominika, India, dan Brasil. Sebagai bagian dari program keberlanjutan Mondelez International, Cocoa Life bersama para mitra terus berupaya untukmenjadikan pertanian kakao sebagai bisnis yang berkelanjutan, menciptakan masyarakat yang berdaya, serta turut berpartisipasi aktif dalam pelestarian dan pemulihan hutan.

Meskipun pencapaian program Cocoa Life telah melampaui targetnya dan menghasilkan dampak yang cukup besar, Mondelez Indonesia menyadari bahwa masih banyak tantangan di sektor kakao. Mondelez Indonesia mengajak para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam inisiatif ini, seperti mengedukasi para petani dan komunitas akan pengelolaan kakao yang tepat, sehingga bisa memperkuat dampak positif dan membawa perubahan pada dekade berikutnya.

Melalui agenda perayaan Cocoa Life ke 10 di Indonesia yang dipusatkan di wilayah Pinrang, Sulawesi Selatan, Mondelez Indonesia ingin mengajak lebih banyak pihak untuk berpartisipasi dalam mewujudkan sektor kakao yang berkelanjutan, sekaligus menjadikan pengalaman perjalanan selama 10 tahun terakhir sebagai pembelajaran untuk membangun babak baru yang lebih baik. “Terkait dengan strategi Cocoa Life dalam memajukan sektor kakao yang berkelanjutan kedepannya akan diumumkan pada akhir tahun ini, jadi pantau terus visi dan tujuan barunya untuk program ini dari Mondelez International,” kataYanti.

Lebih lanjut tentang pencapaian program Cocoa Life di 10 tahun pertamanya dapat dilihat dalam sajian video pada LINK BERIKUT. Selain itu, pelajari lebih lanjut laporan MDLZ Snacking Made Right 2021 di LINK BERIKUTguna mengetahui lebih jauh tentang inisiatif Mondelez Internasional dalam mendukung kesejahteraan konsumen dan masyarakat, dengan fokus utama meliputi pemilihan sumber bahan baku yang lebih berkelanjutan, berbagai kegiatan yang mengatasi perubahan iklim, serta inisiatif untuk memajukan DE&I (Diversity, Equity, dan Inklusi) di lingkungan kerja.

Baca Juga: Jangan Dilakukan Lagi 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Sebabkan Gagal Ginjal, Salah Satunya Suka Makan Camilan Kemasan

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya