Siap-siap Indonesia Sambut Meta Clinic, Konsultasi dan Analisa Kecantikan Tanpa Terhalang Jarak dan Waktu

Sabtu, 23 Juli 2022 | 22:19

Selamat datang di Meta Clinic

GridHITS.id - Kemajuan teknologi menyajikan kemudahan dan kenyamanan bagi para penggunanya.

Hal ini seiring dengan hadirnya teknologi metaverse.

Buat yang belum tahu, metaverse sendiri adalahteknologi Augmented Reality (AR) yang memungkinkan seseorang berinteraksi dengan orang lainnya secara virtual di dunia maya, tapi dengan kendali penuh di dunia nyata.

Ada yang mengatakan, metaverse adalah perwujudan dunia nyata manusia ke dunia maya di dunia internet.

Dengan metaverse, kita bisa memilih profil avatar sesuai ciri-ciri fisik kita atau sesuai keinginan, yang menggambarkan sosok kita di dunia maya.

Setelah itu, kita bisa melakukan banyak hal di dunia metaverse, termasuk saat menggunakan jasa perawatan kecantikan.

"Kehadiran metaverse tidak bisa dihindari, ke depannya akan banyak klinik kecantikan yang memanfaatkan kecanggihan ini," demikian diungkap peneliti dan praktisi kecantikan dr Aldisa Olivia, Dipl.AAAM beberapa waktu lalu lewat wawancara langsung.

Menurut dokter lulusanAmerican Academy of Aesthetic Medicine ini mengungkapkan, metaverse akan melahirkan meta clinic yang memungkinkan pelanggan mendapatkan saran dan menjalani perawatan kecantikan dari jarak jauh.

"Awalnya mungkin hanya konsultasi, memilih produk, atau juga analisa kecantikan seperti jenis kulit," ungkapnya.

Baca Juga: Dobrak Standar Kecantikan, Brand Fashion Minimal Luncurkan Kampanye #WearConfidence

Ke depannya, bukan tidak mungkin berbagai treatment juga bisa dilakukan di meta clinic dengan teknologi metaverse.

Dengan hadirnya meta clinic, pelanggan kecantikan bisa berkonsultasi tentang rekomendasi perawatan dari jarak jauh.

"Misalnya pasien dari London mau konsultasi dokter di Dubai yang kebetulan sudah membuka metaclinic," tuturnya.

Sesuai dengan konsep metaverse, pasien bisa mengunjungi klinik itu dengan bantuan VR Box dan perlengkapan penunjang lainnya.

"Mereka dapatberinteraksi dengan dokternya sesuai fisik avatar masing-masing. Meski di dunia maya, mereka serasa berada di klinik sungguhan," ungkap dr Aldissa.

Tak hanya itu, mereka juga dapat menjelajah isi klinik, termasuk menemukan dan memilih produk-produk perawatan yang sesuai.

Mereka bisa datang, melihat-lihat isi lemari dengan penuh rak, yang di dalamnya tersusun rapih produk-produk kecantikan.

Karena dengan teknologi VR, maka dunia maya itu seperti sungguhan. Sebab,teknologiVR memungkinkan kita bisa berinteraksi dengan objek imajinasi menggunakan komputer. Teknologi ini akan membawa kita ke dalam suasana 3 dimensi yang seolah nyata.

"Mirip dengan layanan chat atau video call, tapi ini lebih sungguhan, dokternya seolah-olah di depan kita, padahal hanya berbentuk avatar,"tandas dokter yang meraih master marketing dariUniversitas Pelita Harapan ini.

Baca Juga: Hanya Modal Garam Dapur Bisa Jadikan Wajah Mulus Bak Perawatan Wajah di Klinik Kecantikan Mahal, Bagaimana Caranya?

Nantinya, meta clinicjuga akan dibekali dengan articial intelligence untuk skin analysis dengan kamera berteknologi tinggi sehingga memudahkan menegakkan diagnosa untuk gangguan dan perawatan kulit.

"Saat ini sudah adakonsultasi online lewat kamera smartphone atau desktop yang banyak keterbatasannya dari segi resolusi dan lain-lain yang kemungkinan sulit menegakkan diagnosis atau memberikan saran medis," tutur ahliCoolSculpting ini.

Ada banyak kelebihan dari kehadiran meta clinic ini. Salah satunya memangkas biaya dan waktu konsultasi kecantikan.

Dapat dibayangkan seseorang yang berada di Makassar harus bolak-balik Jakarta hanya untuk mendapatkan konsultasi kecantikan.

Selain itu, bagi dokter juga bisa mempersingkat waktu saat pelanggan mendapatkan perawatan.

"Karena sudah konsultasi dan analisa lewat online, pelanggan langsungakan mendapatkan treatment seperti injeksi ketika datang ke klinik secara offline," tuturnya. "Sebagian besar pelanggan kecantikan adalah orang-orang sibuk yang kadang tak punya banyak waktu saat ingin mendapatkan perawatan kecantikan, kehadiran meta clinic bisa membantu."

Indonesia sendiri sudah dapat beradaptasi dengan teknologi. "Saya pernah ke Filipina yang apa-apa harus bayar cash, tidak seperti kota Jakarta yang sudah terbiasa membayar pakai aplikasi atau e-wallet. Adopsi teknologi di sini sangat cepat."

Baca Juga: Hilangkan Kutil di Semua Bagian Tubuh dengan Alami, Cukup dengan Konsumsi Makanan Ini

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya