Nyesel Banget Baru Tahu! Ternyata Tidur Telentang Bisa Bikin Kulit Wajah Jauh Lebih Berseri dan Minim Kerutan, Bonusnya Banyak Banget

Rabu, 18 Agustus 2021 | 12:00
Freepik

Ilustrasi manfaat tidur telentang

GridHITS.id - Siapa yang menyangka ternyata kualitas tidur juga tergantung pada posisi tidur kita.

Biasanya, banyak orang yang memilih untuk tidur dengan posisi miring, baik miring ke kanan ataupun kiri.

Atau bahkan ada juga beberapa orang yang memilih untuk tidur dengan posisi tengkurap atau meringkuk.

Lalu bagaimana dengan posisi telentang? Apakah posisi yang satu itu baik untuk meningkatkan kualitas tidur?

Siapa yang menyangka, ternyata posisi yang satu ini memiliki segudang manfaat kesehatan untuk kita.

Apa saja?1. Menurunkan risiko sakit punggung dan leher

Baca Juga: Sang Lady Killer Tak Bisa Sembunyikan Rasa Malunya, Ariel Noah Hanya Bisa Ungkapkan Permintaan Maaf Setelah Tidur Seranjang dengan Perempuan Ini: 'Maaf Ya...'

Tidur telentang membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang. Posisi tidur seperti ini mirip dengan saat kita berdiri tegak.

Tidur tengkurap dengan kepala menghadap satu sisi sama seperti memutar kepala ke satu arah selama berjam-jam sambil duduk atau berdiri.

Hal ini menimbulkan rasa sakit, serta membebani tulang belakang karena leher yang miring.

Sebuah studi tahun 2017 mencatat tidur telentang dengan kedua tangan di samping atau di dada adalah cara terbaik untuk mencegah rasa sakit di punggung dan leher.2. Memperbaiki saluran pernapasan Jika kita berbaring tengkurap atau menyamping, kita akan menekan saluran pernapasan.

Diafragma adalah otot yang bertanggung jawab untuk bernapas.

Jika diafragma dalam kondisi tertekan akibat kita tidur tengkurap, maka pernapasan kita saat tidur menjadi pendek.

Beberapa penelitian mengaitkan pernapasan diafragma dalam saat bangun dengan berkurangnya stres, perbaikan suasana hati, dan perbaikan perhatian atau fokus.

Satu studi pada 2018 menemukan, pernapasan dalam yang lambat menghasilkan produksi hormon melatonin.

Baca Juga: Kaget Pergoki sang Suami Meninggal Dunia dalam Keadaan Mulut Berbusa, BCL Sempat Trauma hingga Takut Tidur Sendirian di Kamarnya

Kondisi tersebut mendorong tubuh untuk rileks, lebih mudah tertidur, serta meningkatkan aktivitas sistem saraf parasimpatis.3. Mengurangi jerawat

Mencuci muka, menjauhkan tangan dari wajah, dan membatasi asupan gula adalah cara untuk membuat kulit bersih dari jerawat.

Posisi tidur telentang juga akan membantu wajah terbebas dari jerawat yang mengganggu.

Sebab, sarung bantal atau guling yang menyerap sebum dan kotoran dari kulit dan rambut bisa kembali menempel ke kulit wajah.

Akibatnya, akan muncul komedo, komedo putih, hingga kemerahan dan iritasi pada wajah.

Tidur telentang akan menjauhkan wajah dari sarung bantal, sehingga kotoran dan minyak tidak menempel.4. Mencegah kerutan Tidur tengkurap dapat mengiritasi kulit dan mengakibatkan kerutan di wajah.Apabila wajah menempel dengan bantal, gesekan yang dihasilkan saat tidur menimbulkan kerutan dan garis.

Baca Juga: Mengaku Kaget dan Panik Bangun Tidur Dilaporkan ke Polisi Atas Kasus Penggelapan Dana 1,15 M, David NOAH Akhirnya Muncul dan Berharap Lina Yunita Mau Berdamai: 'Mudah-mudahan Bisa'

Kerutan tersebut juga dapat terlihat pada leher, saat kita tidur tengkurap.

Jika kita lupa membersihkan produk perawatan wajah saat tidur, maka tidur telentang menawarkan keuntungan.

Sebab, produk perawatan itu tetap menempel di wajah dan tidak mengotori sarung bantal atau sarung guling.5. Mengurangi pembengkakan Tidur tengkurap memicu terjadinya penumpukan cairan sehingga bagian sekitar mata membengkak.

Jika kita berbaring telentang, kita dapat mencegah timbulnya kantung mata saat bangun tidur.

Ketika tidur telentang, posisi kepala dinaikkan sedikit agar kita tidak memiliki kantung mata dan bangun dalam kondisi yang lebih segar.6. Meredakan sinus Tidur telentang membantu mencegah sekaligus meredakan penyumbatan saluran hidung.Ketika kepala menunduk akibat tidur tengkurap, maka lendir akan menumpuk di sinus.

Baca Juga: Tidur Seranjang dengan Ketiga Istrinya, Anggota DPR ini Buka-bukaan Bongkar Posisi Tidur Tiap Malam : Tiga di Atas, Satu di Bawah

Jika posisi kepala berada di atas, gaya gravitasi akan membantu mengalirkan lendir dan menjaga saluran hidung tetap bersih.

Berdasarkan studi yang dimuat pada 2016, posisi telentang juga membantu meredakan refluks asam, atau yang sering disebut Gerd.7. Mencegah nyeri atau rasa tegang di kepala Tidur telentang akan mencegah adanya rasa nyeri atau tekanan pada kepala.

Sakit kepala cervicogenic, atau sakit kepala yang berakar di tulang belakang leher, berasal dari leher dan sering disalahartikan sebagai migrain.8. Bangun tepat waktu Saat kepala menghadap ke atas, kita lebih mudah melihat perubahan cahaya.

Saat sinar matahari masuk ke kamar tidur, kita dapat menerima sinar matahari yang menandakan sudah waktunya bangun.

Cahaya dari sinar matahari juga membantu mengatur ritme sirkadian (jam internal tubuh), sehingga kita dapat tidur dan bangun pada waktu yang optimal.

Baca Juga: Sering Makan Mi Instan dan Tidur Larut Malam, Pria Ini Alami Kejadian yang Tak Disangka-sangka

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 8 Manfaat Sehat dari Tidur Telentang, Sudah Tahu?

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya