Kekayaannya Mampu Kalahkan 20 Perusahaan Top Dunia Saat Ini, Ternyata Ini Akal Licik yang Dilakukan VOC Demi Keruk Sumber Daya Nusantara, Akhinya Hancur Sendiri Akibat Budaya Korupsi

Selasa, 17 Agustus 2021 | 19:00
visualcapitalist.com

Kekayaan VOC yang tak kalah dengan gabungan kekayaan 20 perusahaan top dunia.

GridHITS.id -Ternyata ini yang dilakukan perusahaan yang konon katanya merupakan perusahaan terkaya hingga hari ini, VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie)demi keruk sumber daya Indonesia.

Tentunya sebagian besar orang Indonesia pasti masih ingat dengan perusahaan kongsi dagang asal Belanda satu ini.

Pasalnya, diyakini berbagai sumber VOC merupakan titik awal penjajahan Belanda terhadap Indonesia hingga masa kekuasaan Belanda terakhir di tahun 1942.

Menurut Britanica, kehadiranVOC memicu perubahan besar dalam jangka panjang.

Berbentuk organisasi tunggal, diperdagangkan di daerah yang luas, memiliki kekuatan militer yang unggul, serta memiliki birokrasi dan pegawai membuatnya menjadi perusahaan terkuat pada masa itu.

Singkatnya, VOC mampu memaksakan kehendaknya kepada pengusasa lain, dan memaksa mereka menerima syarat perdagangan.

Di bawah kepemimpinan jenderal Jan Pieterzoon Coen dan penerusnya, Anthony van Diemen (1636-1645), dan Joan Maetsuyker (1653-1678).

Baca Juga: Atta Halilintar Rilis Lagu This Is Indonesia Mengajak Menteri dan Diva Indonesia dengan Mengemas Konsep Video Klip yang Canggih

Meskipun ingin membatasi aktivitasnya pada perdagangan, perusahaan ini juga masuk ke dalam politik lokal di Jawa dan di tempat lain.

VOC ikut campur uruan kerajaan, menjadi penengah dalam sengketa kerajaan dan dalam konflik antara persaingan penguasa.

Membuat VOC secara tidak langsung muncul sebagai entitas politik utama di nusantara.

Kesuksesan VOC di Indonesia membuatnya menerbitkan saham pertama di dunia.

Kemudian mendirikan pusat dagang di Asia di kota Jayakarta yang kemudian diubah menjadi Batavia, diberikan hak dagang oleh kesultanan Banten.

Oleh Gubernur Jenderal Pieter Both menjadikan Jayakarta sebagai pusat administrasi, dan mengubahnya menjadi kota dagang terbesar dengan benteng dan pelabuhan.

Tak hanya di Batavia, VOC juga memantapkan dirinya di dekat Jepang, menjadi satu-satunya perusahaan yang diizinkan berdagang di sepanjang Malabar Cost di India, menyingkirkan Portugis, di Sri Lanka, dan Tanjung Harapan Afrika Selatan, dan seluruh Asia.

Untuk melancarkan monopoli komersilnya, VOC juga dengan licik mendirikan pabrik perusahaan untuk pengumpulan hasil dan menekan para penguasa perorangan untuk berbisnis.

Mengendalikan sumber-sumber pasokan produk tertentu seperti produksi cengkeh, misalnya terbatas di Ambon, pala dan gada ke Kepulauan Banda.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, Danone Indonesia Hadirkan Mini Sentra Vaksin Ke-76 Bertajuk Danone Vaccine Center

Kompas.com

Cultuurstelsel atau sistem tanam paksa, salah satu kebijakan yang diterapkan VOC demi keruk sumber daya Indonesia.

Pada abad ke-18, didorong melalui sistem pengiriman paksa dan kontinjensi.

Kontinjensi merupakan bentuk pajak yang terutang dalam bentuk natura di wilayah yang dikendalikan langsung oleh perusahaan.

Seperti pengiriman paksa terdiri dari produksi yang dipaksa ditanam oleh pembudidaya lokal dan dijual kepada perusahaan dengan harga yang ditentukan.

Akibatnya, seluruh sistem perdagangan perusahaan dirancang untuk mengekstraksi hasil bumi dari Hindia Timur untuk dibuang ke pasar Eropa.

Keuntungan menjadi milik perusahaan, bukan produsen.

Para pedagang pribumi di kawasan itu disingkirkan oleh VOC karena ia menguasai lebih banyak perdagangan ekspor nusantara.

Menurut Visual Capitalist, VOC mengalami puncak kejayaan pada fenomena tulip mania, dengan keuntungan hingga 78 juga Gulden,

Tulip Mania adalah masa di mana bibit unggul tulip Belanda harganya melonjak drastis.

Manurut laporan tahun 2017, kekayaan VOC saat itu mencapai 7,9 triliun dollar AS, atau sekitar Rp107.037,1 Triliun.

Baca Juga: Dulu Terkenal dan Kaya Raya hingga Buat Presiden Soekarno Ngefans, Artis Cantik Ini Justru Alami Nasib Pilu di Akhir Hayatnya, Makan dari Belas Kasihan Orang Lain dan Cuma Punya Selembar Pakaian

Kekayaan itu, setara dengan gabungan 20 perusahaan moderen saat ini, seperti Apple, Microsoft, Facebook, Cevron, dan ExxonMobil.

Bahkan perusahaan terkaya di dunia Apple.Inc tak mampu menandingi kekayaan VOC.

Namun, VOC hancur dari dalam karena korupsi yang merajalela.

Kemudian ambruk pada tahun 1799.

Semua asetnya dilimpahkan ke kerajaan Hindia Belanda, setelah kemerdekaan konon menjadi milik republik Indonesia.

Baca Juga: Demi Terlihat Glamour, Pegawai Honorer Samsat Ini Gelapkan Uang Rp 2,1 M hingga Suami Sendiri Jadi Korban

Artikel ini tayang di Intisari Online dengan judul Konon Sepanjang Sejarah Tak Ada Perusahaan yang Mampu Menandingi Kekayaannya, Siapa Sangka VOC Kaya Raya Berkat Keruk Kekayaan Indonesia, dengan Cara Ini

Editor : Saeful Imam

Sumber : intisari

Baca Lainnya