Air Kelapa Hijau Terus Diburu Sampai Disebut Bisa Menangkal Virus Covid-19, Begini Penjelasan Ahli: 'Bisa Meningkatkan Imunitas'

Selasa, 13 Juli 2021 | 07:30
Freepik

Air kelapa hijau dipercaya bisa menangkal virus Covid-19

GridHITS.id -Kasus penambahan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia terus meningkat tajam.

Akhir-akhir ini, dalam sehari bisa lebih dari 30.000 kasus per hari dan membuat zona merah di Indonesia juga terus bertambah.

Tak heran jika masyarakat mulai panik mencari banyak vitamin dan bahan pangan yang dipercaya bisa membuat imun tubuh meningkat.

Salah satu bahan pangan yang banyak diburu saat ini adalah air kelapa hijau.

Banyak kesaksian penyintas Covid-19 soal khasiat dari air kelapa hijau ini.

Salah satunya dari seorang tenaga perawat di RS Bhayangkara Indramayu Jawa Barat Cecep Nanang yang mengatakan terbantu khasiat air kelapa dirinya positif COVID-19 pada bulan Juni 2021.

Baca Juga: Viral Anjuran Minum Teh Panas Dicampur Minyak Kayu Putih Disebut Ampuh Lawan Virus Covid-19, Begini Penjelasan Ahli

Menurutnya, salah satu kunci kesembuhan adalah menjaga agar tubuhmendapat asupan cairan yang baik dan cukup setiap saat.

Dengan minum air kelapa, ia merasa tubuhnya tetap mendapat cairan, kesegaran dan energi tambahan dari kadar gulanya, serta manfaat dari kandungan mineral dan vitaminnya untuk mendorong kesembuhannya.

"Namun, saya tetap meminum obat-obatan dan vitamin yang diresepkan dokter kepada saya,” ungkap Cecep.

Khasiat air kelapa muda yang dipercaya bisa membantu menangkal virus Covid-19 juga ramai beredar di berbagai grup WhatsApp.

Benarkah air kelapa muda bisa menangkal Covid-19?

dr. Juwalita Surapsari dokter spesialis gizi klinis RS Pondok Indah mengatakan bahwa belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat.

Namun bisa saja air kelapa ini meningkatkan imunitas tubuh yang membuat obat-obatan juga bekerja lebih optimal.

Baca Juga: Kimia Farma Putuskan Tunda Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Berbayar: 'Sampai Waktu yang Belum Ditentukan Lagi'

Saat seorang pasien Covid-19 merasa tubuhnya membaik setelah rutin minum air kelapa muda, itu bisa jadi sesuatu yang bersifat subjektif.

“Jadi jika dia merasa lebih baik, sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif, yang pertama kemungkinan memang orang ini sudah menjalankan pengobatan yang dianjurkan," ucapnya.Seorang pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan mendapat obat-obatan dari dokter yang bersifat spesifik menyembuhkan gejala Covid-19, dan ada obat yang sifatnya suportif.

Air kelapa hijau memang dikenal sebagai salah satu cairan yang bisa mencegah dehidrasi pada tubuh.

Air kelapa mengandung protein, vitamin C, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk tetap terhidrasi dan bisa bekerja lebih baik.

Namun, jadikan air kelapa hijau sebagai pelengkap saja.

Anda sebaiknya tetap minum obat yang dianjurkan, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi lengkap dan seimbang serta menjaga agar tidak stres berlebih.

Sebab, belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa hijau efektif dalam membunuh atau menangkal virus Covid-19.

Baca Juga: Sudah 4 Hari Terpapar Virus Covid-19 Ganas, Afgansyah Rasakan Keajaiban ini hingga Tak Alami Gejala Sakit Apa pun, Ternyata ini Rahasianya

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya