Hati-hati, Berikut Makanan Pemicu Kanker Kelenjar Getah Bening yang Dialami Suami Tasya Kamila

Jumat, 09 Juli 2021 | 19:00
Pixabay/buffetcrush

Ilustrasi makanan

GridHITS.id - Ada beberapa makanan yang bisa menjadi pemicu kanker kelenjar getah bening ternyata.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu selebriti tanah air, Tasya Kamila sempat membagikan kabar mengagetkan.

Hal tersebut soal sang suami, Randi Bachtiar yang divonis kanker kelenjar getah bening beberapa waktu lalu.

Sontak jenis kanker tersebut menjadi pembicaraan netizen tanah air, sebab tak hanya satu orang saja kena.

Ada beberapa selebriti tanah air yang juga sudah meninggal karena jenis kanker yang satu itu dulunya.

Seperti almarhum Olga Syahputra, almarhumah Ria Irawan juga yang sempat lama melawan penyakit itu.

Baca Juga: Sebelumnya Heboh karena Dikabarkan Idap Kanker, Begini Kondisi Suami Tasya Kamila Sekarang

Lebih lanjut, kanker kelenjar getah bening juga ternyata bisa disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Salah satu makanan yang sangat mungkin jadi penyebab kanker kelenjar getah bening di Indonesia adalah makanan sejuta umat, ikan asin.Hal ini diungkapkan oleh pakar karsinoma nasofaring Dr. dr. Farhat, M.Ked Sp. THT.KL seperti yang dilansir dari Tribun Medan."Faktor makanan tadi diulas itu ikan asin. Ikan asin itu ada zat namanya Nitrosamin. Tapi bukan di ikan asin saja, pada daging yang diasapkan, itu juga tinggi nitrosaminnya. Jadi itu juga bahaya," terangnya.Ya, ikan asin yang sering diolah itu ternyata memiliki kandungan yang bisa menyebabkan kanker kelenjar getah bening. Zat yang terkandung dalam ikan asin itu disebut nitrosamin.Nitrosamin juga sering ditemukan pada makan olahan daging, seperti sosis, daging asap, hot dog atau burger.

Baca Juga: Kisah Haru Seorang Calon Dokter yang Rela Bekerja Jadi Kuli Bangunan, Banting Tulang Demi Biayai Adiknya yang Kena Kanker

International Agency for Research on Cancer (IARC), lembaga riset kanker di bawah WHO, mengelompokkan nitrat dan nitrit ke dalam "kemungkinan karsinogen pada manusia" karena saat daging yang memiliki kandungan zat itu digoreng atau dibakar di suhu tinggi, bisa berubah menjadi N-nitroso, seperti nitrosamin, yang memang bersifat karsinogen.Bahkan walau nitrosamin belum terbentuk saat daging digoreng, bisa saja pembentukannya terjadi di dalam lambung.

Zat asam di dalam lambung ternyata cukup untuk mengubah pengawet ini menjadi nitrosamin.Penelitian pada tikus menyimpulkan, nitrosamin dari daging berperan besar pada terjadinya kanker usus.Pengamatan pada manusia juga menunjukkan orang yang sering mengonsumsi daging yang diproses memiliki insiden kanker lambung, esofagus, kanker usus dan kelenjar getah bening lebih besar.Kembali ke kanker kelenjar getah bening, kanker jenis ini memang termasuk berbahaya mengingat gejalanya bisa nampak maupun tak nampak karena tidak semua kejadian kanker terdapat benjolan yang dirasakan.Sebagaimana kanker lainnya, kanker jenis ini pun bisa terjadi pada siapa pun, namun tetap terdapat faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan kejadian.

Baca Juga: Kanker Darah Sebabkan Olga Syahputra Meninggal Muda, Ternyata Makanan Enak dan Gurih yang Sering Terhidang di Meja Makan ini Bisa Memicunya

Kanker ini kemungkinannya bisa lebih tinggi pada seseorang dengan usia di atas 65 tahun.Apalagi menurut data Global Burden Cancer (Globocan), jenis kanker kelenjar getah bening atau limfoma merupakan kanker nomor 7 yang sering dijumpai di Indonesia.Dokter dari Divisi Hematologi Onkokogi Medik Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr.dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengatakan, limfoma bisa disebabkan oleh berbagai faktor.Kanker ini terjadi karena pertumbuhan yang berlebihan dari sistem kekebalan tubuh atau sel limfosit.Jenis kanker ini juga dikenal dengan istilah Limfoma Non-Hodgkin (LNH) dan Limfoma Hodgkin (LH).Berbeda dengan jenis kanker pada umumnya, kanker kelenjar getah bening bisa terjadi di bagian tubuh mana saja.Hal ini tentunya karena kelenjar getah bening terdapat di banyak tempat di dalam tubuh.

Baca Juga: Profil Waty Siregar, Aktris Senior yang Kini Tengah Melawan Kanker

Artikel ini telah tayang di GridHEALTH.id dengan judul Ikan Asin, Makanan Sejuta Umat Pemicu Kanker Seperti Ria Irawan

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya