Perempuan Ini Bikin Heboh Setelah Berhasil Turunkan Berat Badan 4,5 Kg dalam 3 Hari dengan Diet Nanas, Begini Menurut Pandangan Ahli, Aman?

Selasa, 06 Juli 2021 | 11:30
Freepik

Viral diet nanas turun 4,5 kg dalam 3 hari, ini dia penjelasan ahli.

GridHITS.id - Viral diet nanas bisa turun 4,5 kg dalam 3 hari, ahli langsug beri penjelasan.

Berat badan ideal tentu menjadi impian semuan orang.

Bahkan tak sedikit orang yang rela melakukan hal apapun untuk mendapatkan berat badan idealnya.

Beberapa waktu terakhir di media sosial TikTok sedang ramai diperbincangkan tentang diet nanas.

Tak tanggung-tanggung, pengguna TikTok @catcasas mengungkapkan jika dirinya berhasil menurunkan 4,5 kg dalam 3 hari saja.

"Saya dapat menurunkan hingga 4,5 kilogram dalam tiga hari dengan makan nanas untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, bersama dengan dada ayam panggang," sambung dia.

Menurut USDA, kandungan dalam satu mangkok nanas memiliki 82 kalori dan 21 gram karbohidrat yang memang terbilang rendah.

Baca Juga: Tak Perlu Buru-buru ke Dokter, Ternyata Mudah Lo Cara Mengatasi Gigi Kuning Hanya Dengan Buah-buahan Ini Dalam 2 Menit, Coba Mulai Sekarang

Nanas diketahui juga memiliki kandungan bromelain atau enzim yang berguna untuk membantu memecah protein dan meningkatkan penyerapan nutrisi tertentu.

Dalam beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan, jika jus nanas memang dapat membantu mengurangi pembentukan lemak, setidaknya pada tikus.

"Bromelain diyakini membantu membakar lemak," kata Vanessa Rissetto, pendiri Culina Health di New York, Amerika Serikat.

"Ini dapat memecah protein menjadi asam amino (proses yang disebut proteolisis) dan membantu tubuh mendapatkan energi dari lemak atau lipolisis," sambung dia.

Selain itu, nanas juga merupakan buah yang kaya akan serat dan seperti yang diketahui serat adalah elemen besar dalam penurunan berat badan.

"Serat dicerna secara perlahan di dalam tubuh, dan karena itu membantu membuat kita lebih kenyang," ujar Keri Gans, MS, RDN, penulis The Small Change Diet.

Rissetto juga menambahkan bahwa serat yang ada di dalam nanas dapat membantu pencernaan dengan bertindak sebagai pencahar alami.

Menyantap nanas juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian.

Sebab, Gans mengungkapkan, nanas terdiri dari 86 persen air yang pasti mampu menghidrasi tubuh dengan baik.

Baca Juga: Jangan sampai Masalah Sepele Berbuah Fatal, Ini Dia Empat Jenis Buah yang Berbahaya untuk Ibu Hamil, Buah Nomor 4 Sering Tak Disadari!

"Menjadi terhidrasi dapat membantu mengurangi makan berlebihan terutama karena ketika kita mengalami dehidrasi, kita mungkin mengira itu kelaparan," ujar dia.

Terakhir, nanas mengandung mangan yang merupakan nutrisi penting untuk tubuh agar dapat memproses makanan yang kita makan dengan baik.

"Semangkok nanas mengandung 1,5 miligram mangan yang direkomendasikan setiap harinya. Mangan juga membantu mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat," kata Rissetto.

Menurunkan berat badan

Jika kita bertanya-tanya apakah tren penurunan berat badan TikTok itu sah, maka para ahli kesehatan pun mengatakan bahwa hal ini masih belum jelas.

"Semua buah dapat membantu dalam penurunan berat badan, apabila ukuran porsinya tetap terkendali," kata Gans.

Menurut dia, buah-buahan manis, termasuk nanas juga dapat memuaskan keinginan untuk sesuatu yang manis.

Sehingga, kita cenderung tidak memilih makanan penutup yang dapat mengacaukan tujuan makan sehat kita seperti es krim, biskuit, atau kue kering.

Cara yang baik mengonsumsi nanas

Rissetto merekomendasikan kita mengonsumsi setengah mangkok nanas, lalumemasangkan nanas tersebut dengan protein atau lemak seperti keju atau kacang-kacangan.

Strategi camilan ini akan membantu memperlambat pencernaan, dan menstabilkan gula darah, sehingga kita bisa merasa kenyang lebih lama.

Kita juga dapat menambahkan potongan nanas ke yogurt tawar untuk memberikan rasa manis dan mengimbangi rasa asam pada yogurt.

Baca Juga: Sering Dihindari karena Miliki Bau yang Menyengat, Ini Dia 9 Manfaat Buah Durian yang Sayang Sekali untuk Dilewatkan, Baik untuk Ibu Hamil!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"Diet Nanas Turunkan 4,5 Kg Berat Badan dalam 3 Hari, Benarkah?"

Editor : Averus Al Kautsar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya