Muncul Gejala Ini Setelah Minum Kopi? Hati-hati, Berarti Anda Sudah Harus Berhenti Konsumsi Itu

Kamis, 17 Juni 2021 | 15:45
Freepik/jannoon028

Kopi sehari-hari

GridHITS.id - Ternyata berbahaya untuk tetap minum kopi jika Anda merasakan hal-hal seperti ini di tubuh.

Seperti diketahui, beberapa dari kita biasanya memilih untuk minum kopi saat menjalani hari bukan?

Terkadang alternatif minum kopi itu dianggap sebagai 'senjata' ampuh untuk melawan rasa kantuk kita.

Terutama ketika siang hari saat tubuh sudah mulai 'nyaman' setelah menikmati makan siang, kantuk suka melanda.

Sehingga tak heran jika banyak orang yang memilih kopi untuk menjadi sumber kafein utama mereka.

Namun siapa sangka, ternyata Anda haus mulai berhenti minum kopi jika merasakan gejala ini pada tubuh.

Baca Juga: Jangan Minum Kopi, Teh dan Boba! Coba Hanya Minum Air Putih Selama Sebulan, 8 Manfaat Ajaib Ini Akan Dirasakan Oleh Tubuh

1. Jantung berdebarJantung berdebar-debar, bisa disebabkan karena beragam faktor, seperti terlalu banyak mengonsumsi kopi, kafein, nikotin, bahkan alkohol.Dalam beberapa kasus, jantung berdebar dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan.Menurut sebuah penelitian tahun 2017 dalam jurnal Frontiers in Psychiatry, 94 persen dokter merekomendasikan pasien yang mengalami detak jantung berdebar untuk berhenti mengonsumsi kafein.

2. Merasa cemasKetika sedang cemas atau grogi, secangkir kopi ternyata bukan ide yang bagus untuk membuat kita lebih tenang.National Institute of Mental Health justru merekomendasikan orang yang menderita kecemasan untuk menghindari kafein.Alasannya, terlalu banyak kopi justru sebenarnya dapat memperburuk efek kecemasan tersebut.

Hal ini termasuk yang berakibat berkurangnya waktu tidur atau memicu respons "perlawanan" seperti saat stres.

Baca Juga: Kalahkan Nani Sate Racun dan Jessica Kopi Maut, Ternyata Wanita India Ini Dijuluki 'Ratu Sianida' karena Jadi Pembunuh Berantai Spesialis Racun Sianida

3. DiareKebanyakan orang tahu bahwa kopi dapat membantu kita buang air besar tetap teratur, berkat sifat pencahar yang terkandung di dalamnya.Namun, International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD) mengatakan, jika kita minum lebih dari dua atau tiga cangkir sehari bisa membuat kita terkena diare.

4. Sakit perutPada tahun 2017, para ilmuwan Eropa menemukan bahwa senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam lambung oleh sel-sel perut.Tak heran jika sebagian orang tak suka kopi karena alasan bisa membuat sakit perut.Jika sakit perut yang kita alami dirasakan karena kebiasaan konsumsi kopi setiap hari.

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghindarinya sejenak. 5. Tidak bisa tidurInsomnia bisa menjadi tanda bahwa kita sudah terlalu banyak minum kopi, karena kopi memang dapat merusak siklus tidur seseorang.

Baca Juga: Tadinya Dinilai Begitu Kharismatik, Taqy Malik Justru Dapat Komentar Menohok Ini Tentang Fisiknya

Menurut American Academy of Sleep Medicine, waktu paruh kopi atau lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menghilangkan efek kafein sekitar 5 jam.Untuk itu, kita bisa mengatasi masalah ini, dengan minum secangkir kopi paling terakhir pada tengah hari.

6. Sakit kepalaMenurut sebuah penelitian di The Journal of Headache and Pain, kafein dalam jumlah sedang berguna untuk membantu meredakan sakit kepala.Beberapa obat memang mengandung kafein. Meski begitu, minum lebih dari tiga cangkir kopi perhari justru bisa memicu sakit kepala dan juga rasa lelah.7. Merasa gelisahKopi memang bisa membuat kita merasa lebih waspada atau terjaga. Inilah yang membuat kegelisahan datang.Kafein dapat mempercepat sistem saraf pusat kita sehingga menyebabkan kita merasa gelisah.

Baca Juga: Webinar Kenangan, Kopi Kenangan Kenalkan Light Coffee Series yang Aman Bagi Lambung, Bisa Diminum Saat Berbuka

Artikel ini telah tayang di SajianSedap dengan judul Jangan Lagi Minum Kopi Kalau Sudah Muncul Tanda-tanda ini, Efeknya Gak Main-main!

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya