Nyata Tapi Unik, Fakta Ular Suci Penjaga Pura Tanah Lot Bali: Tiga Kali Lebih Beracun dari Kobra tapi Tidak Mau Menggigit Manusia

Selasa, 08 Juni 2021 | 11:30
dok. penulis Aulia

Terdapat fakta unik tentang ular suci di Pura Tanah Lot Bali

GridHITS.id -Semua orang yang pernah mengunjungi puraTanah Lotdi Tabanan, Bali tentu tak akan asing dengan pemandangan pura di tengah lautan yang didirikan di atas batu karang besar itu.

Pura Tanah Lot terkenal dengan air sucinya. Di tengah pura di atas batu karang itu ada sumber mata air tawar yang muncul dari tengah-tengah lautan.

Air tawar ini dipercaya oleh umat Hindu sebagai air suci pembawa berkah.

Baca Juga: Sudah Tampi Mesra Tapi Ngaku Hanya Sahabat, Jessica Iskandar Nyatanya Sudah Mau Dibangunkan Rumah Mewah oleh Vincent Verhaag di Bali, Ada Kolam Renang di Lantai 3!

Setiap harinya, para warga di sekitar PuraTanah Lotselalu mengantar hasil bumi dan berdoa di pura serta meminum atau membasuh wajah dengan air suci tersebut.

Selain air suci, ada pula ular suci yang jadi salah satu daya tarik wisatawan di Tanah Lot.

Ular suci ini ada di gua yang terletak di seberang pura dan dijaga oleh seorang warga asli sekitar Tanah Lot lengkap dengan sesajen serta dupa di atas liang tempat tinggalnya.

Selain memiliki sarang di dalam gua, ular suci Tanah Lot juga banyak ditemui di sekitar pura dan di sekitar sumber mata air tawar di tengah batu karang Tanah Lot.

Ularini sering juga disebutularpoleng, dalam bahasa Bali artinya belang hitam-putih.
UlarsuciTanah Lotmemiliki tubuh panjang dengan warna belang hitam-putih dan kadang abu-putih serta ekornya pipih, bukan tumpul memanjang.

Bli Made, nama pemangku adat yang bertugas hari itu bercerita bahwaularini dipercaya muncul sebagai jelmaan dari sabuk atau selendang seorang Bramana dari Jawa bernama Danghyang Nirartha.

Baca Juga: Viral! Orang Ini Terpaksa Harus Bayar Parkir Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Sebesar Rp 9,6 Juta, Ternyata Ini yang Sebenarnya Terjadi

Dengan kesaktian Danghyang Nirartha, ia memindahkan sebongkah batu besar ke tengah laut lalu membangun sebuah pura untuk ibadah di atasnya.

Pura buatan Danghyang Nirartha itulah yang kita kenal sebagai PuraTanah Lotyang artinya tanah di tengah lautan.

Lalu Danghyang Nirartha mengubah sabuk atau selendang yang dia kenakan menjadiular-ularsuci untuk menjaga PuraTanah Lot.

Menurut Bli Made, itu menjadi salah satu alasan kenapaularini memiliki ekor pipih seperti ujung sabuk.

Umat Hindu di Bali percaya, berdoa sembari mengelusularsuci diTanah Lotini bisa membuat doa mereka terkabul.

dok. penulis Aulia
dok. penulis Aulia

ular suci di Pura Tanah Lot Bali

Banyak yang berdoa mendapat keselamatan, rezeki hingga ingin dikaruniai anak.

"Ya mereka banyak berdoa di sini sambil pegangularsuci, supaya terkabul. Salah satu bentuk kepercayaan sekaligus ikhtiar saja, tetap kita harus usaha, tapi berdoa pada yang Maha Kuasa juga perlu," kata Bli Made.

"Harus hati-hati. Niatnya juga tidak boleh buruk.Ularini jinak, tidak akan mau menggigit manusia selama manusia berniat baik dan tidak bermaksud mengganggunya," lanjut Bli Made.

Baca Juga: Nekat Susul Billy Syahputra ke Bali, Memes Prameswari Sampai Terkejut Saat Temukan Barang Pribadi Wanita Ini di Kamar Hotel Adik Olga Syahputra, Sang Komedian Sembunyikan Cewek?

Padahal menurut Bli Made, ular suci di gua Tanah Lot ini sangat beracun. Jauh lebih mematikan dariularkobra.

Jika ditelusuri lebih lanjut,ularsuci diTanah Lotini termasuk ke dalam jenisularlaut Banded Sea Krait.

Ularlaut ini memang sangat berbisa dengan racun tiga kali lebih kuat dari jenisularKobra.

Banded sea krait dapat melumpuhkan korbannya hanya dengan sekali gigitan.

Namun, ularlaut banded sea krait juga tipeularyang tenang serta tidak agresif kecuali diserang lebih dulu.

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya