Cara Memperbaiki Meteran Listrik Pulsa yang Error dengan Benar, Hati-hati Melanggar Hukum!

Jumat, 21 Mei 2021 | 19:31
Freepik

cara memperbaiki meteran listrik pulsa yang error

GridHITS.id - Berikut ini cara memperbaiki meteran listrik pulsa yang error.

Listrik merupakan hal yang sangat primer bagi kehidupan masyarakat masa kini.

Saat ini listrik token memang tengah populer di tengah-tengah masyarakat.

Pasalnya, selain hemat pengguna juga bisa memperkirakan penggunaannya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespons, Gampang Banget

Pelanggan listrik pra bayar kerap mengeluh mengapa kWh meter di rumahnya muncul tulisan periksa saat akan diisi token dan pengisian gagal.Manager Humas PLN S2JB, Bakri mengatakan jika pelanggan mengalir hal serupa jangan langsung mengotak-atik kWh meternya.

Segera hubungi call center PLN 123 dan petugas secepatnya akan datang ke rumah memeriksa kondisi kwh meter yang dikeluhkan tersebut.

Berikut ini cara memperbaiki meteran listrik pulsa yang error.Petugas yang datang akan memeriksa apa kendala yang terjadi pada meteran pelanggan.

Jika ada yang rusak akan diganti.Jika ada kasus kWh tidak mau diisi token terkadang ada kendala usia pemakaian kWh meter itu sudah habis atau kadaluarsa.

Jika kasusnya seperti ini maka kWh akan diganti dan tidak dikenakan biaya alias gratis."Semua kWh meter itu miliki negara atau milik PLN jadi penggantian atau kerusakan yang ada diperbaiki PLN dan gratis. Kalau ada yang meminta uang laporkan saja akan segera kita tindaklanjuti," ujarnya, Rabu (1/1/2020).

Baca Juga: Begini Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex, Nyesel Baru Tahu!Bakri mengatakan biasanya ada sejumlah sebab kWh meter mengeluarkan tulisan periksa bisa saja karena arus bocor, arus balik pembunuhan dan Gamper.Penyebab umum kwh meter muncul tulisan periksa yakni karena Arus Bocor.

Kebocoran arus listrik disebabkan oleh cara penyambungan atau kondisi kabel yang buruk.

Hal ini menyebabkan kabel terkelupas yang mana sangat berbahaya memicu percikan api dan kebakaran atau biasa disebut konsleting.

Berikut ini cara memperbaiki meteran listrik pulsa yang error.Maka dari itu, pemeriksaan instalasi sangatlah penting dan pastikan instalasi di runah telah memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO) agar tidak ada kelebihan beban pada kabel yang digunakan dan mencegah terjadinya hubungan arus pendek."Saat ini kita wajibkan setiap pelanggan wajib memiliki SLO jika bangunan atau rumahnya ingin dialiri listrik itu sudah aturannya tapi kadang masih banyak yang tidak sabar.

Belum miliki SLO memaksa listriknya ingin segera disambungkan," ujarnya.Penyebab lainnya yakni arus balik pembumian disebabkan oleh cara sistem pembumian instalasi rumah yang buruk atau tidak tepat.

Baca Juga: Terkenal dan Banyak Penggemar, Raffi Ahamd Bebas Pergi ke Malang Tanpa Diminta Putar Balik oleh Polisi Gara-gara Penyekatan Mudik, Kok Bisa?Sistem pembumian ini sangat penting sebagai pengaman apabila terjadi gangguan atau kelebihan arus listrik yang mengalir maka akan langsung dialirkan ke dalam tanah.Bakri mengatakan tombol tamper yang berfungsi sebagai pengaman meteran dari gangguan luar.

Seperti orang yang akan membuka meteran juga menyebabkan kWh meter memberikan respon peringatan.

Berikut ini cara memperbaiki meteran listrik pulsa yang error.Ketika cover dibuka, otomatis tombol temper akan menyala dan terjadilah eror lalu muncul tulisan “periksa”.Jangan diutak-atik kWh meter sendiri.

Pasalnya, hal itu termasuk pelanggaran dan bisa kena Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL), ada dendanya dan bahkan sampai pidana."Besaran denda dan pidananya berbeda untuk setiap kasus atau setiap jenis kWh meter karena dihitung berdasarkan pelanggan golongan listrik.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Youtube yang Tak Bisa Dibuka, Ternyata ini Biang Keladinya!

Mulai dari kWh 450 hingga yang paling tinggi. Semakin besar pelanggannya maka semakin besar pula sanksinya.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Sumsel dengan judul KWH Meter Sering Bermasalah, Muncul Tulisan Periksa, Ini yang Harus Dilakukan

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Tribunsumsel.com

Baca Lainnya