Buahnya Jadi Incaran di Bulan Ramadan, Konsumsi Blewah Ternyata Punya 6 Manfaat Luar Biasa Termasuk Bisa Cegah Penyakit Mematikan

Minggu, 25 April 2021 | 15:39
pixabay/Jill Wellington

Konsumsi Blewah Ternyata Punya 6 Manfaat Luar Biasa

GridHITS.id - Siapa sangka jika konsumsi blewah ternyata punya 6 manfaat luar biasa bagi tubuh.

Apa itu?

Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan puasadengan berpuasa selama satu hari penuh selama satu bulan.

Sebab, setiapkaum muslimin hendaknya menahan lapar dan haus sejak azan Subuh hingga azan Magrib.

Saat beduk Magrib tiba, maka itulah saatnya untuk berbuka puasa namun sebelum itusegala aktivitas tentu harus tetap berjalan seperti biasanya bukan?

Baca Juga:Begitu Populer di Masyarakat Indonesia, Inilah Dia Arti dan Sejarah Ngabuburit yang Sering Dilakukan untuk Menunggu Waktu Buka Puasa

Nah, buah blewah menjadi salah satu yang laris dicari dan digunakan selama bulan puasa dan kerap dijumpai saat bulan Ramadan ini.

Bukan hanya dijadikan sebagai isian dari sop buah atau es buah, blewah juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan.

Buah jenis ini juga mengandung beragam vitamin, mineral, dan antioksidan.

Melansir dari medicalnewstoday.com dalam artikel 'Everything you need to know about cantaloupe', air, antioksidan, vitamin, dan mineral dalam blewah dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan.

Antioksidan, misalnya, dapat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat memicu kanker dan kondisi kesehatan lainnya.

Selama metabolisme, tubuh menghasilkan molekul yang tidak stabil yang disebut radikal bebas, yang dapat terkumpul di dalam tubuh dan merusak sel.

Kerusakan ini dikenal sebagai stres oksidatif. Antioksidan membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan mencegah stres oksidatif.

Blewah mengandung berbagai antioksidan, termasuk selenium, beta karoten, vitamin C, lutein, zeaxanthin, dan choline.

Tak hanya itu, ini segudang manfaat blewah yang sayang jika dilewatkan, seperti berikut.

Baca Juga:Postingan Buka Puasa Pertama Naysilla Mirdad Hebohkan Jagad Dunia Maya, Jamal Mirdad Sampai Ikut Buka Suara: 'InsyaAllah'

Degenerasi Usia

Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan serupa dan pigmen tumbuhan yang memberi warna kuning ke merah pada buah dan sayuran.

Kombinasi tersebut dapat membantu menyaring sinar cahaya biru yang berbahaya. Dokter percaya bahwa itu memainkan peran pelindung dalam kesehatan mata dan dapat membantu mencegah kerusakan akibat degenerasi makula terkait usia (AMD).

Selain itu, penulis studi yang diterbitkan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa kombinasi lutein dan zeaxanthin, yang terdapat dalam blewah, dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang menyebabkan AMD.

Asma

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa mengonsumsi beta karoten antioksidan dalam jumlah besar, salah satu bentuk vitamin A, dapat membantu mencegah asma berkembang di kemudian hari dalam kehidupan seseorang.

Beta karoten ada dalam buah kuning dan oranye, seperti melon. Secangkir melon mengandung 3.580 mikrogram (mcg) beta karoten.

Para ahli merekomendasikan asupan beta karoten harian 18.000 mcg setiap hari untuk pria usia 14 dan lebih tua dan 14.000 untuk wanita dalam kelompok usia yang sama.

Vitamin C adalah sumber terpercaya vitamin dan antioksidan yang dapat melindungi dari asma. Beberapa ahli menyarankan penggunaan suplemen vitamin C untuk mengobati asma.

Selain itu, orang dengan asma yang menerima kolin (antioksidan lain dalam blewah) sebagai pengobatan mengalami penurunan tingkat peradangan, menurut sebuah penelitian tahun 2010.

Tekanan Darah

Serat, potasium, vitamin C, dan kolin dalam blewah semuanya mendukung kesehatan jantung. Mengonsumsi makanan yang kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. The American Heart Association (AHA) merekomendasikan bahwa rata-rata orang dewasa mengonsumsi 4.700 mg potasium sehari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Secangkir melon menyediakan sekitar 473 mg kalium, atau 10% dari asupan harian yang direkomendasikan seseorang.

Baca Juga:Bosan dengan Menu yang Itu-itu Saja? Resep Kimbab Simpel yang Satu Ini Bisa jadi Solusi Hidangan Buka Puasa Bersama Keluarga

Kanker

Beta karoten, tokoferol, dan antioksidan lain dalam blewah dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Ada bukti bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung ini dan antioksidan lain dapat mengurangi risiko paru-paru, prostat, dan jenis kanker lainnya. Serat makanan juga tampaknya menawarkan perlindungan dari kanker kolorektal. Secangkir melon mengandung 1,6 g sumber serat tepercaya.

Pencernaan

Blewah memiliki kandungan air yang tinggi dan memberikan serat. Serat dan air dapat membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan dan saluran pencernaan yang sehat.

Hidrasi

Dengan kandungan air dan elektrolit yang tinggi, melon adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan hidrasi selama bulan-bulan musim panas atau setelah berolahraga.

Secangkir bola melon seberat 177 gram berisi 160 gram. Contoh elektrolit dalam blewah termasuk natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: Manfaat Blewah Buah yang Banyak Muncul Setiap Puasa Ramadan, Jarang yang Mengetahuinya

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya