Jadikan Acuan Ini Sebelum Memilih Rumah! Berikut adalah Beragam Risiko dan Bahaya Kesehatan yang Bisa Terjadi Jika Memiliki Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur

Senin, 22 Februari 2021 | 07:40
Freepik

Memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata menyimpan bahaya tersembunyi.

GridHITS.id -Miliki kamar mandi di dalam kamar tidur ternyata simpan dampak buruk bagi kesehatan yang tak banyak diketahui orang.

Miliki kamar yang nyaman tentu menjadi keinginan semua orang.

Selain nyaman, tak sedikit orang juga menyediakan beragam fasilitas di dalam kamar tidurnya untuk meningkatkan kepraktisan, sehingga beragam aktivitas bisa dilakukan di kamar tidur.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Ternyata Ada Alasan Dibalik Anjuran Segera Mandi Setelah Kehujanan

Salah satu fasilitas yang sering diinginkan orang untuk ada di dalam kamar tidurnya adalah tersedianya kamar mandi.

Secara teknis dan teoritis, ilmu arsitektur sejatinya tidak pernah mempermasalahkan kehadiran kamar mandi pribadi di dalam kamar tidur, asal masih sesuai dengan aturan.

"Saya percaya ada beberapa prinsip (tentang kamar mandi di kamar tidur) yang menyangkutmaintenancebangunan. Kalau dari sisi desain, arsitektur, kamar mandi memang memiliki risiko rembes," jelas Indra Zaka Permana, arsitek prinsipal dariPrivateLaboratory.net.

Menurutnya, baik atau tidak letak kamar mandi pribadi tersebut, justru ditentukan oleh kesiapan kita akan risiko jika tidak terdesain dengan baik, yaitu kelembapan ruang yang tinggi.

"Karena ada penggunaan air di situ, pemakaian cenderung tidak kontinu, air lebih banyak. Apalagi sifat (kamar mandi) untuk menyimpan air," lanjut Zaka.

Kelembapan yang tercipta, terang saja akan membuat kamar mandi lebih rentan berlumut jika kita tidak memerhatikan prosedur perawatan yang ideal.

Belum lagi, kalau kita memilih menggunakan bak air ketimbangshoweratau tangki luar ruang sebagai tempat penampungan air.

Baca Juga: Masih Sering Meletakkan Sikat Gigi di Kamar Mandi? Penjelasan Ini akan Bikin Kamu Mikir Dua Kali Buat Melakukannya Lagi

Jentik nyamuk bisa berkembang liar dan membahayakan kesehatan.

Terkecuali, jikapara pemilik kamarbersedia rajin menguras.

"(Kamar mandi dalam) akan menyebabkan pengaruh kelembapanyang tinggi di dalam ruangan. Untuk itu, apakah (mau) itu dibiarkan lembap begitu saja, atau ada pengolahan aliran udara, sehingga tetap ada udara yang masuk. Kalau kita biarkan, mungkin akan ada lumut, atau sarang laba-laba, atau juga bau, karena ada bakteri anaerob yang tumbuh," imbuh Zaka.

Walau lembap dan ada dampak negatif kecil lain, kamar mandi di dalam kamar tidur tetaplah menawarkan beberapa kemudahan.

Misal, lahan bangunan akan menjadi efektif dan efisien karena tidak membutuhkanspacetersendiri di luar ruangan.

Kemudian, kita yang terbiasa buang air tengah malam, tidak perlu jauh-jauh membuka pintukamar tidur, melainkan hanya beranjak beberapa langkah.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Bukannya Sehat Mandi dengan Kebiasaan Ini Justru Memberi Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Walau lebih praktis dan lebih bersifat pribadi,sebuah penelitian yang diublikasikan padaJournal of Breathemenyebutkan bahwa kemungkinan kebocoran,dinding lembab, keran air rusak, atau perabotan yang berkarat dalam kamar mandi dapat menimbulkan penyakit paru-paru basah.

Namun tidak bisa dipaksakan, pemilihan kamar mandi di dalam kamar tidur ini tergantung tiap masing-masing individu.

Artikel ini telah tayang di GridHEALTH.id dengan judul Inilah Risiko Kamar Mandi di dalam Kamar Tidur, Jarang Disadari

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya