Saran Dokter Agar Sembuh Total dari Corona, Deretan Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Pasien Covid-19 Ini Wajib Dicoba

Senin, 15 Februari 2021 | 19:30
Freepik

Makanan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Pasien Covid-19

GridHITS.id - Berikut ini deretan makanan yang bisa mempercepat penyembuhan pasien Covid-19. Apa saja?

Diketahui bersama jika hingga kini virusCovid-19 masih menjadi momok di seluruh penjuru dunia.

Di Tanah Air sendiri, kasus positif Covid-19 pun kian meningkat hingga menambah banyaknya pasien Covid-19.

Bagi mereka pasien Covid-19, penting untuk mendapatkan perawatan sampai dinyatakan sembuh atau negatif.

Hal ini juga berlaku bagi mereka yang mengalami gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

Berbicara mengenai persoalan tersebut, diketahui salah satu unsur terpenting dalam proses penyembuhan pasien Covid-19 adalah asupan makanannya.

Dimana pasien Covid-19 wajib mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Baca Juga: Vaksin Corona Gratis, Ini Deretan Orang-orang yang Harus Disuntik Vaksin Covid-19, Orang dengan Penyakit Ini Termasuk

Bagi para pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mungkin persoalan ini bisa terbantu karena makanan yang ada disana sudah terjamin mutunya.

Beda lagi dengan, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, dimana literasi gizi harus mereka miliki agar makanan yang dikonsumsi di rumah tetap bergizi seimbang.

Menanggapi hal itu, dokter, filsuf dan ahli gizi komunitas, Dr dr Tan Shot Yen M Hum pun memberikan sarannya perihal makanan yang sebaiknya dikonsumsi para pasien Covid-19.

Dirangkum GridHITS dari GridHealth, berikut makanan yang bisa mempercepat penyembuhan pasien Covid-19:

Menurut Dr Tan, baik pasien maupun keluarga yang merawat di rumah perlu belajar bagaimana cara menyajikan makanan yang kaya nutrisi dan tetap terjaga manfaatnya.

"Prinsipnya gizi seimbang dan diolah dengan cara yang sehat," kata Dr Tan seperti dilansir dari Kompas.com, Senin (8/2/2021).

Dia menjelaskan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun sebenarnya sudah mengeluarkan panduan yang sangat jelas terkait asupan gizi seimbang.

Baik makanan yang harus dikonsumsi oleh setiap individu, juga yang sehat maupun yang sedang sakit.

Baca Juga: Waspada! Kondisi Kesehatan yang Dapat Meningkatkan Risiko Covid-19 Ini Belum Banyak Diketahui, Segera Lakukan Hal Ini Jika Anda Termasuk

Dalam panduan Kemenkes tentang makanan gizi seimbang tersebut, dalam satu porsi piring terdapat empat isi, diantaranya seperti berikut.

1. Makanan pokok seperti nasi, ubi, singkong, jagung dan lain sebagainya.

2. Lauk-pauk seperti ikan, daging ayam, daging sapi, telur, dan lain sebagainya.

3. Buah-buahan, sangat lebih baik dimakan dengan cara digigit langsung bukan di jus dengan campuran kental manis ataupun gula.

4. Sayuran, semua jenis sayuran, baik untuk tubuh jika dicuci bersih dan di masak dengan cara yang tepat.

Perlu juga diingat, sayur dan buah harus dicuci dengan bersih dahulu, lauk-pauk di masak dengan matang, dan upayakan untuk menghindari gula, garam dan lemak yang berlebihan.

Selain mencoba mengonsumsi makanan sesuai panduan Kemenkes, pengolahan makanan tradisional juga ternyata bisa jadi pilihan baik untuk pasien.

"Justru saat begini kita perlu evaluasi. Makan benar dengan olahan nusantara itu sehat banget. Ayam bisa dipepes, soto, garang asem, kari atau gulai," ungkapnya.

Bahkan, rempah-rempah yang dipakai sebagai penyedap rasa dalam pengolahan makanan tradisional ini, berlaku sebagai functional food.

Dimana sifat antioksidan dan mineralnya justru akan mempertinggi kualitas masakan yang bisa menjadimakanan yang bisa mempercepat penyembuhan pasien Covid-19.

Namun, Ia mengingatkan, dalam mengolah masakan nusantara, ada baiknya tidak melenceng dari resep aslinya.

Seperti saat memasak rendang, bumbu rempah-rempah harusnya disangrai. Tetapi sekarang, banyak resep justru menyarankan pembuatannya dengan cara ditumis.

"Kebanyakan orang jadi ngasal, karena mau praktis dan cepat. Padahal tubuh manusia butuh gizi yang diperlakukan dengan baik dan benar. Bukan kesesatan teknologi," pungkasnya.

Sementara itu dikutip dari laman who.int, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk orang dewasa yang terinfeksi Covid-19 agar memakan berbagai makanan segar dan makanan yang tidak diolah.

Baca Juga: Update Corona di Indonesia, Pemerintah Bakal Beri Bantuan Rp 1,4 Juta untuk Pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah, Berikut Rinciannya

Dilansir laman WHO, berikut ini sarannya:

1. Setiap hari, makanlah: 2 cangkir buah (4 porsi), 2,5 cangkir sayuran (5 porsi), 180 gram biji-bijian, 160 gram daging dan kacang-kacangan.

Daging merah dapat dimakan 1-2 kali seminggu dan unggas 2 −3 kali per minggu.

2. Makan buah-buahan, sayuran, polong-polongan (misalnya lentil, kacang-kacangan), kacang-kacangan atau biji-bijian (misalnya jagung yang belum diolah, millet, oat, gandum, beras merah atau umbi atau akar bertepung seperti kentang, ubi, talas atau singkong), dan makanan dari hewan sumber (misalnya daging, ikan, telur dan susu).

3. Untuk camilan, pilih sayuran mentah dan buah segar daripada makanan yang tinggi gula, lemak, atau garam.

4. Jangan terlalu lama memasak sayuran dan buah karena dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting.

5. Saat menggunakan sayuran dan buah kalengan atau kering, pilih varietas tanpa tambahan

Baca Juga: Positif Terinfeksi Virus Corona dan Lakukan Isolasi Mandiri, Berikut Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Pasien Covid-19n garam atau gula.

6. Air sangat penting untuk kehidupan. Ini mengangkut nutrisi dan senyawa dalam darah, mengatur suhu tubuh, membuang limbah, dan melumasi dan menyangga sendi.

7. Minum 8–10 gelas air setiap hari.

8. Air putih memang pilihan terbaik, tapi juga bisa mengonsumsi minuman lain, buah dan sayuran yang mengandung air, misalnya jus lemon (diencerkan dengan air dan tanpa pemanis), teh dan kopi.

9. Tetapi hati-hati untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein, dan hindari jus buah manis, sirup, konsentrat jus buah, minuman bersoda dan masih minuman karena semuanya mengandung gula.

10 Konsumsi lemak tak jenuh (misalnya ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, kedelai, kanola, bunga matahari dan minyak jagung) daripada lemak jenuh (misalnya ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak kelapa, krim, keju, ghee, dan lemak babi).

11. Pilih daging putih (misalnya unggas) dan ikan, yang umumnya rendah lemak, daripada daging merah.

12. Hindari daging olahan karena tinggi lemak dan garam.

13. Jika memungkinkan, pilih versi susu dan produk susu rendah lemak atau rendah lemak.

14. Hindari lemak trans yang diproduksi secara industri. Ini sering ditemukan dalam makanan olahan, makanan cepat saji, makanan ringan, gorengan, pizza beku, pai, kue, margarin, dan selai.

15. Saat memasak dan menyiapkan makanan, batasi jumlah garam dan bumbu natrium tinggi (misalnya kecap dan kecap ikan).

Baca Juga: Pecinta Pedas Wajib Waspada, Deretan Makanan dan Minuman Ini Ternyata Harus Dihindari Pasien Covid-19

16. Batasi asupan garam harian hingga kurang dari 5 gram (sekitar 1 sendok teh), dan gunakan garam beryodium.

17. Hindari makanan (misalnya camilan) yang tinggi garam dan gula.

18. Batasi asupan minuman ringan atau soda dan minuman lain yang tinggi gula (misalnya jus buah, konsentrat dan sirup jus buah, susu beraroma, dan minuman yogurt).

19. Pilih buah-buahan segar daripada camilan manis seperti biskuit, kue dan cokelat.

Nah, sudah tahu kanmakanan yang bisa mempercepat penyembuhan pasien Covid-19? Semoga bermanfaat!

Artikel ini sudah pernah tayang di GridHealth.id dengan judul: Makanan Ini Sangat Disarankan Dikonsumsi Pasien Covid-19, Rupanya Bisa Percepat Penyembuhan

Editor : Poetri Hanzani

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya