Sangat Berbahaya Jika Diabaikan, Beberapa Tips Memilih Makanan Ini Bisa Kita Lakukan Agar dapat Terhindar dari Stroke yang Mematikan

Rabu, 13 Januari 2021 | 08:00
Freepik

Ilustrasi Makanan Sehat

Sangat Berbahaya Jika Diabaikan, Beberapa Tips Memilih Makanan Ini Bisa Kita Lakukan Agar dapat Terhindar dari Stroke yang Mematikan

GridHITS.id - Strokeadalah salah satu penyakit yang berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Stroke merupakan suatu kondisi di mana pasokan darah menuju otak terganggu atau berkurang karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Stroke merupakan kondisi yang berbahaya dan perlu ditangani oleh dokter secepatnya, karena sel dalam otak bisa mati hanya dalam hitungan menit.

Baca Juga: Kariernya Meredup Usai Digerogoti Penyakit Stroke, Mat Solar Bajaj Bajuri Justru Baru Saja Dikabarkan Apes Jadi Korban Penggelapan Uang, Begini Faktanya

Salah satu faktor terpenting yang berkaitan dengan penyakit ini tentu saja adalah dari beragam makanan yang kita konsumsi.

Untuk lebih memahami, berikut ini beragam asupan yang perlu dipahami agar kita dapat terhindar dari penyakit stroke.

1. Hindari Makanan Berkolesterol Tinggi

Kurangi konsumsi daging merah, mentega, atau goreng-gorengan yang dapat meningkatkan risiko stroke pada tubuh.

Jika kamu suka daging, konsumsilah daging putih yang lebih baik daripada daging merah dengan cara yang tepat.

Misalnya saat konsumsi daging ayam, pilihlah daging ayam tanpa kulit karena kulit juga mengandung tinggi kolesterol.

Selain mengonsumsi daging, pilihlah kacang-kacangan, kacang polong, lentil, atau tahu untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Dianggap Sebagai Teknik Memasak yang Lebih Sehat Daripada Menggoreng, Ternyata Memanggang Makanan Dapat Memperbesar Risiko Kanker, Begini Cara Mengatasinya

2. Batasi Jumlah Alkohol

Konsumsi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko utama stroke.

Bagi yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol, batasi jumlah pengonsumsiannya dengan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu gelas sehari untuk wanita.

Jenis alkohol juga memengaruhi, maka sebaiknya pilihlah anggur merah karena memiliki sifat yang baik untuk melindungi jantung dan otak.

3. Kurangi Asupan Garam

American Heart Association merekomendasikan untuk asupan natrium (kandungan dalam garam) harian tidak lebih dari 1.500 mg sehari dan jumlahnya bisa lebih sedikit jika dibandingkan orang-orang dengan kondisi medis tertentu.

“Kurangi penggunaan garam dalam masakan dan jangan tambahkan garam saat makan,” kata Jaeger.

Dia menyarankan untuk mencoba mengganti garam dengan bumbu dalam masakan untuk meningkatkan cita rasa secara alami tanpa meningkatkan tekanan darah.

Garam juga bisa tersembunyi dalam makanan favoritmu seperti pizza, sup kalengan, roti, dan sandwich, oleh karena itu, penting untuk memeriksa label ketika sebelum membeli makanan.

Baca Juga: Baru Saja Terbebas dari Vonis Cuma Bisa Hidup 4 Bulan Lagi, Kini Pemeran ‘Kang Mus’ Preman Pensiun Malah Alami Stroke hingga Kebutaan Sebelah: ‘Pelan-pelan Dihantamnya’

4. Tingkatkan Asupan Buah dan Sayuran

Untuk mengurangi risiko stroke kamu bisa tingkatkan konsumsi buah dan sayuran, namun juga perlu diperhatikan bahwa tidak semua sayur dan buah itu sehat.

Apalagi jika kamu gemar memakan salad yang dikombinasikan dengan daging, keju, atau mayones yang malah jutru meningkatkan risiko stroke.

Kamu bisa terapkan pola makan diet mediterania yang akan mengutakamakan konsumsi daging tanpa lemak, ikan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

5. Makanan Kaya Omega-3

Omega-3 merupakan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang dapat mengurangi risiko stroke.

Omega-3 ini bisa ditemukan dalam berbagai jenis ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden, serta bisa juga ditemukan pada biji rami dan telur.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya konsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu.

Baca Juga: 7 Trik Makan Malam yang Bantu Diet Anda Tetap Sukses, Yakin Nggak Mau Coba?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Mencegah Stroke dengan Pilihan Makanan"

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya