Dijamin Nanti Malam Tidur Nyenyak, 7 Tanaman Hias Untuk di Kamar Ini Bisa Menyaring Racun dalam Ruangan

Senin, 23 November 2020 | 20:07
(PIXABAY/kaboompics)

Ilustrasi tanaman hias

Dijamin Nanti Malam Tidur Nyenyak, 7 Tanaman Hias Untuk di Kamar Ini Bisa Menyaring Racun dalam Ruangan

GridHITS.id -7 tanaman hias untuk di kamar ini bisa menyaring racun yang ada di dalam ruangan.

Seperti kita ketahui bersama jika saat ini banyak masyarakat yang sedang hobi memelihara tanaman hiasa di rumah.

Hal tersebut lantaran pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai hingga membuat masyarakt mencari hobi baru.

Baca Juga:Mulai Besok Coba Rutin Konsumsi Jus Timun Setiap Hari, Wanita Ini Temukan Perubahan Luar Biasa pada Tubuhnya Setelah 7 Hari

Baca Juga:Mulai Besok Coba Rutin Konsumsi Timun Setiap Hari, Perubahan Luar Biasa pada Tubuh Ini Akan Segera Terjadi

Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, selain banyak orang yang mendadak hobi olahraga sepeda, banyak juga yang mendadak hobi tanaman hias.

Karuan saja, harga tanaman hias saat ini cukup menggirukan untuk digeluti sebagai bisnis utama atau sampingan.

Eits manfaatnya tidak hanya itu saja jika kita mau merawat dan mempunyai tanaman di rumah.

Melansir Good Housekeeping, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menemukan, sejumlah tanaman populer, seperti dracaena dan lidah mertua, dapat membantu membuang racun dan meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan.

Asal tahu saja, dua faktor tersebut kunci tidur malam yang lebih nyaman dan nyenyak.

Kaget kan, karena informasi ini baru diketahui? Buktinya masih jarang yang menempatkan tanaman tersebut di dalam rumah.

Nah, jika ingin memulainya, berikut tujuh jenis tanaman hias yang bisa dipilih untuk mempercantik kamar tidur, sekaligus membantu mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak:

Baca Juga:Jadi Rahasia Para Chef Ternama, Coba Mulai Sekarang Campurkan Maizena Saat Masak Nasi, Jangan Kaget Lihat Hal yang Terjadi Setelahnya

Baca Juga:Penderita Diabetes Bisa Bernafas Lega, Mulai Hari Ini Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga Dijamin Ampuh Turunkan Gula Darah

1. Lidah mertua

Menurut Erin Marino dari toko tanaman online the Sill, lidah mertua adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan mampu membantu memperbaiki kualitas udara di kamar tidur.

"Tanaman ini terbukti dapat menyaring benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan toluene," katanya, seperti dilansir House Beautiful.

Ia menambahkan, lidah mertua juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman hias yang dapat mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari, sesuatu yang dilakukan kebanyakan tanaman di siang hari.

Meletakkan pot kecil lidah mertua di kamar tidur akan membantu meningkatkan kualitas udara di kamar tidur dan membuatmu tidur lebih nyenyak, terutama jika kamu rentan terhadap alergi.

2. Lavender

Mencium minyak esensial lavender terasa menenangkan dan secara otomatis menghilangkan rasa cemas kita.

Oleh karena itu, meletakkan lavender di kamar tidur juga akan memberikan efek serupa ketika kita beristirahat.

Baca Juga:Jadi Rahasia Para Chef Ternama, Coba Mulai Sekarang Campurkan Maizena Saat Masak Nasi, Jangan Kaget Lihat Hal yang Terjadi Setelahnya

Baca Juga:Penderita Diabetes Bisa Bernafas Lega, Mulai Hari Ini Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga Dijamin Ampuh Turunkan Gula Darah

"Dedaunan lavender penuh dengan minyak wewangian yang terbukti membantu kita untuk rileks, memperbaiki suasana hati dan membuat kita mudah mengantuk," kata Jesse Waldman dari toko tanaman bunga yang berbasis di Oregon, AS, Pistils Nursery.

Jika ada cukup cahaya di kamar, kita dapat dengan mudah menanamnya di dalam ruangan.

Namun jika tidak, bisa mendapatkan manfaat serupa dengan menempatkan daun lavender kering di bawah bantal untuk sedikit aromaterapi.

3. Golden pothos

Golden pothos adalah tanaman hias yang perawatannya sangat mudah.

Selain cantik, Waldman mengatakan tanaman ini tidak memerlukan terlalu banyak cahaya dan bisa digantung agar menghemat ruang.

4. Philodendron

Tanaman hias dengan daun berbentuk hati yang berwarna hijau cerah ini juga mudah dirawat dan sangat efektif menyerap formaldehida dari udara di dalam ruangan.

Menurut Marino, udara di dalam ruangan yang cenderung kering dapat menjadii penyebab sejumlah penyakit, termasuk masalah pernapasan, sakit tenggorokan, pilek, hingga kulit berjerawat.

Baca Juga: Indonesia Tidak ada Gelombang 2 Infeksi Virus Corona? 11 Negara Sudah Memasukinya Bahkan Ada yang Gelombang 3

"Tanaman dalam ruangan membantu mempertahankan kelembapan dan dalam beberapa kasus dapat meningkatkan tingkat kelembapan dengan mengeluarkan uap air selama transpirasi," ujarnya.

Philodendron juga bisa memberi kesan ruangan yang rindang, sangat bagus terutama untuk rumah dengan langit-langit yang tinggi.

Baca Juga:Pemilik Golongan Darah O Boleh Bernafas Lega Karena Kebal Lawan Covid-19, Namun Harus Waspada Terhadap Cemilan Enak yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi

Baca Juga:Tak Perlu Keluar Biaya Beli Obat, Cuma Tempekan Kaus Kaki Berisi Kentang di Dahi Dijamin Ampuh Obati Penyakit Musiman Anak

5. Monstera

Banyak dari kita yang mungkin sering melihat foto-foto tanaman ini di media sosial.

Selain cantik, monstera hanya membutuhkan cahaya sedang dan hanya memerlukan penyiraman mingguan.

Membuatnya cocok untuk menemani waktu santai di kamar tidur.

Namun, jika kamu memiliki hewan peliharaan, sebisa mungkin hindari memelihara tanaman hias ini karena dedaunannya dapat mengganggu kucing, anjing atau hewan kecil lainnya.

6. Bambu hoki

Seperti namanya, tanaman yang terbilang bandel ini diyakini mampu membawa keberuntungan, rejeki dan pesona kepada siapapun yang merawatnya.

Bambu hoki lebih menyukai cahaya sedang, tetapi bisa beradaptasi dengan kondisi cahaya rendah.

Jika ditanam di tanah, penting untuk menjaga kelembapannya. Jika tidak, biarkan akar tetap terendam air dan gantilah airnya setiap minggu atau lebih.

7. Aglaonema

Baca Juga:Jadi Rahasia Para Chef Ternama, Coba Mulai Sekarang Campurkan Maizena Saat Masak Nasi, Jangan Kaget Lihat Hal yang Terjadi Setelahnya

Baca Juga:Penderita Diabetes Bisa Bernafas Lega, Mulai Hari Ini Rutin Konsumsi Air Rebusan Daun Mangga Dijamin Ampuh Turunkan Gula Darah

Ini adalah jenis tanaman lainnya yang tetap bisa tumbuh subur tanpa harus terlalu sering diperhatikan dan sebagian besar aglaonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup.

Tergantung pada variasinya, tanaman ini dapat memiliki sedikit warna merah atau perak.

Jika ingin meletakannya untuk mempercantik kamar tidur, pastikan untuk tetap menjaga tanahnya tetap lembap dengan menyiraminya secara teratur.

Artikel ini sudah pernah tayang di Kompas.com dengan judul: Cocok untuk Kamar Tidur, 7 Tanaman Hias Ini Bikin Tidur Nyenyak

Editor : Safira Dita

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya