Kabar Gembira! ini Update Terbaru Obat Corona Berbahan Herbal dari LIPI yang Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19

Rabu, 23 September 2020 | 22:22
Pixabay

Anea macam herbal yang disarankan dikonsumsi saat pandemi virus corona.

Kabar Gembira! ini Update Terbaru Obat Corona Berbahan Herbal dari LIPI yang Bisa Sembuhkan Pasien Covid-19

GridHITS.id -Obat herbal untuk sembuhkan corona dari LIPI sedang menjalani proses uji dan riset.

Ini menjadi kabar baik selain vaksin yang juga masih dalam tahap penelitian.

Dengan penemuan ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa optimisme di kalangan masyarakat.

Pandemi Covid-19 belum juga berakhir.

Baca Juga: Bikin WHO Kagum, Obat Herbal dan Alami dari Afrika ini Resmi Diuji Secara Klinik Untuk Pengobatan Covid-19

Baca Juga:Jus Kunyit Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Jantung hingga Cegah Penyakit Serius

Selama masa pandemi ini, beragam penelitian dan riset telah banyak dilakukan, termasuk kandidat immunomodulator yang dibuat Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI).

Para peneliti LIPI membuat immunomodulator dari bahan tanaman herbal asli Indonesia untuk pasien Covid-19.

Klaim terkait immunomodulator herbal ini pun sudah ramai diperbincangkan oleh berbagai pihak.

Klaim yang pernah disebutkan antara lain, immunomodulator obat yang sudah diujikan ke pasien Covid-19 ini dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Untuk diketahui, immunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memengaruhi sistem imun.

Obat ini memiliki beragam efek dalam penanganan Covid-19. Mulai dari menekan (disebut immunosupresan) dan meningkatkan (immunostimulan) respon imun, atau menyebabkan jaringan menjadi tidak responsif terhadap suatu antigen (disebut tolerogen).

Secara sederhananya, obat berbasis immunomodulator merupakan obat yang membantu meregulasi atau mengembalikan kerja sistem imunitas atau kekebalan tubuh.

Update immunomodulator LIPI LIPI tengah mengembangkan dua kandidat immunomodulator herbal untuk meningkatkan imun para pasien Covid-19 ini sejak Mei 2020 lalu, dengan target subjek penelitian sebanyak 90 orang.

Baca Juga:Ingin Wajah Cerah dan Awet Muda Tanpa Skincare? Kunyit Jurus Jitunya! Begini Cara Mudah Membuatnya

Baca Juga:Manfaat Ajaib Rutin Minum Infused Water Kunyit Setiap Hari, Ampuh Sembuhkan Nyeri hingga Bisa Cegah Penuaan Dini

Pada Minggu (2/8/2020), LIPI mengabarkan tim peneliti di Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta berhasil merekrut subjek penelitian terakhir yaitu subjek ke-90.

Kemudian, ada 72 relawan yang telah selesai melakukan uji klinis kandidat immunomodulator pasien Covid-19.

Foto: LIPI / Kompas.com

Pusat Penelitian Kimia LIPI mencoba mengembangkan ekstrak daun ketepeng badak (Cassia alata) dan benalu (Dendrophthoe sp.) sebagai obat herbal antivirus COVID-19.

Mekanisme uji klinis kandidat immunomodulator Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Masteria Yunolvisa Putra menjelaskan, metode uji klinis kandidat imunomodulator dilakukan secara acak terkontrol tersamar ganda dengan plasebo untuk menjaga dari terjadinya bias pada penelitian.

Terdapat dua produk uji dan satu plasebo yang diberikan secara acak dan merata kepada 90 subyek uji, sehingga terdapat 30 subyek uji untuk masing-masing kelompok.

"Karena digunakan sistem blinding yang tersamar ganda, baik subyek maupun peneliti tidak mengetahui yang diberikan kepada subyek tersebut adalah salah satu dari produk uji yang diujikan atau plasebo," kata Putra yang juga Koordinator Kegiatan Uji Klinis Kandidat Immunomodulator dari Herbal untuk Penanganan Covid-19.

Sistem blinding akan dibuka setelah keseluruhan uji klinis obat terhadap subyek selesai.

Direncanakan pada tanggal 16 Agustus sistem blinding ini sudah bisa dibuka untuk mengetahui data pasien yang sudah mendapatkan kontrol.

Koleksi data penelitian Sembari melihat hasil akhir dari uji klinis kandidat immunomodulator herbal Indonesia ini, sejumlah pihak bekerjasama untuk melakukan koleksi data yang akan dikirimkan ke Badan POM (BPOM)selaku regulator.

Baca Juga:Mulai Hari Ini Rutin Makan Satu Sendok Teh Kunyit Setiap Hari, Rasakan Sederet Manfaat Ajaib hingga Bisa Sembuhkan Penyakit Mematikan

Baca Juga:Campur Kunyit dengan Bahan Alami Berikut, Ampuh Atasi Jerawat dengan Cepat!

Selain LIPI, tim yang tengah melakukan koleksi data adalah Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan, dan tim dokter Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Untuk diketahui, dua produk yang di ujikan pada uji klinis adalah Cordyceps militaris dan kombinasi herbal yang terdiri dari rimpang jahe, meniran, sambiloto dan daun sembung.

Kombinasi herbal ini sudah memilki prototype dan data awal serta sudah memiliki izin edar dari BPOM. Putra berkata, seluruh tim peneliti memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar uji klinis ini mendapatkan hasil yang menggembirakan sehingga dapat memberikan sumbangsih signifikan untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Obat Corona, Ini Update Immunomodulator Herbal LIPI untuk Pasien Covid-19"

Editor : Saeful Imam

Sumber : kompas

Baca Lainnya