Anggota Komite III DPD RI Maya Rumantir Minta Gugus Tugas Covid-19 Nasional dan Daerah Eratkan Kerja Sama dan Koordinasi

Selasa, 08 September 2020 | 11:34
Kompas/Lasti Kurnia

Maya Rumantir

Anggota Komite III DPD RI Maya Rumantir Minta Gugus Tugas Covid-19 Nasional dan Daerah Eratkan Kerja Sama dan Koordinasi

GridHITS.id - Saat ini seluruh dunia disibukkan dengan pandemi corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir.

Wabahnya masih merajalela di sejumlah negara.

Bahkan di tanah air, angka positif kasus corona semakin melonjak hari demi hari.

Ini menjadi perhatian tersendiri bagi Maya Rumantir, Anggota DPD RI daerah pemilihan Sulawesi Utara yang menjadi bagian dari Komite III DPD RI memiliki peran strategis dalam upaya percepatan, pencegahan, penanganan dan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19.

Baca Juga:Rilis Lagu Bertajuk Indonesia Bersinar, Senator Maya Rumantir Menaruh Harapan Besar Agar Bangsa Indonesia Bebas dari Bentuk Penyimpangan Hukum

Baca Juga:Sempat Diterpa Fitnah, Ini Dia Segudang Prestasi Maya Rumantir hingga Dikenal dengan Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan Guru

Komite III sebagai alat kelengkapan DPD RI yang dipercayakan kepadanya memiliki banyak isu strategis secara khusus yang terkait isu pandemi saat ini yakni isu dibidang kesehatan dan kesejahteraan sosial.

“Dalam rangka percepatan pencegahan, penanganan, dan kewaspadaan untuk memutus rantai penyebaran covid-19, saya bersama Komite III DPD RI memandang perlu bagi Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan koordinasi. Secara khusus dalam implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019. Pemerintah harus memberikan perhatian serius dan prioritas terhadap kesehatan masyarakat serta keselamatan warga negara diseluruh wilayah NKRI,” tegas Maya Rumantir, siang tadi di Jakarta (28/04/2020).

Senator Republik Indonesia dari Sulawesi Utara, dia juga meminta Gugus Tugas Penanganan Covid-19 baik di tingkat nasional maupun di daerah secara khusus Provinsi Sulawesi Utara terus meningkatkan koordinasi dan kerja sama. Distribusi rapid test, hand gun thermometer, mesin polymerase chain reaction (PCR), ventilator, masker N95, face shield dan alat pelindung diri (APD) lengkap, kepada semua rumah sakit rujukan harus diperhatikan dengan baik.

"Saya mendorong agar sosialisasi kebijakan-kebijakan pemerintah harus lebih dipercepat dan dilakukan secara merata dan atau menyeluruh. Hal ini agar dapat dipastikan bahwa pemerintah daerah maupun masyarakat dapat menerima berbagai informasi dengan cepat, jelas dan pasti." tegasnya.

Menurutnya dalam kondisi seperti ini Pemda dan masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan yang jelas dan benar dari satu sumber informasi yang ditunjuk oleh otoritas pemerintah agar tidak termakan informasi-informasi menyesatkan.

“Saya juga melihat bahwa saat ini masih banyak masyarakat yang tidak patuh akan kebijakan pembatasan jarak sosial (social distancing) dan pembatasan jarak fisik (physical distancing). Saya menghimbau masyarakat agar dapat kooperatif dan aparat penegak hukum juga harus tegas terhadap mereka yang melanggar/tidak disiplin. Toh ini untuk kebaikan bersama. Namun disisi lain juga perlu diberikan solusi secara bersamaan atas kebijakan tersebut. Berbagai latar belakang masyarakat tentu menghadirkan beragam respon juga terkait kebijakan pemerintah. Bagaimana masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup setiap hari di masa-masa pandemi juga harus menjadi perhatian bersama,” ucap Maya Rumantir ,penyanyi legendaris yang telah menorehkan karya-karya emasnya sejak tahun 1980-an.

Baca Juga: Agar Pandemi Corona Cepat Berlalu, Senator Maya Rumantir Memberikan Pesan ini Kepada Pemerintah dan Masyarakat

Baca Juga:Dulu Dicaki dan Dicemooh karena Terapkan Lockdown, Kini Dunia Kagum karena Malaysia Sukses Tangani Corona! Hanya Sisakan 4 Pasien Sakit di ICU

Baca Ju

Maya Rumantir menambahkan bahwa dia senantiasa mendorong pemerintah untuk secepatnya menyelesaikan aturan-aturan secara teknis dalam penanganan kondisi kedaruratan semacam ini.

Dia berharap agar birokrasi pemerintah tidak menjadi penghambat eksekusi kebijakan dalam penanganan covid-19.

Dikarenakan ini menyangkut keselamatan nyawa warga negara, saya berkomitmen untuk terus melaksanakan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan ketentuan Undang-Undang terkait.

Tentu semua kebijakan harus dapat tepat sasaran, termasuk penyaluran bantuan yang harus diawasi agar tidak salah sasaran.

Selain itu, Maya Rumantir juga telah menyalurkan sejumlah bantuan dalam penanganan covid-19 baik melalui penyemprotan disinfektan, pembagian masker gratis serta bantuan-bantuan lainnya.

Meski tidak mungkin untuk membantu semua kebutuhan masyarakat dan menyelesaikan semua permasalahan tetapi dia berharap dapat sedikit meringankan beban bersama di tengah pandemi.

Maya Rumantir juga berusaha untuk membantu semaksimal mungkin yang dia bisa.

Baca Juga:Selama ini Ditutup-tutupi, Aktris Malaysia ini Mengaku Jadi Tempat Curhat Laudya Cynthia Hingga Berani Bongkar Perilaku Engku Emran Hingga Penyebab Perceraiannya : Saya Sudah Tahu Sejak Awal

Baca Juga:Tahu Betul Seluk-beluk Kehidupan Laudya Cynthia Bella, Raffi Ahmad Bongkar Rahasia Janda Engku Emran yang Sempat Disembunyikan Rapat-rapat

Dia juga mengajak semuanya untuk dapat bergotong-royong menghadapi pandemi dan berharap agar kondisi sulit ini segera berlalu sambil terus berpengharapan di dalam Tuhan.

“Mengubah rutinitas di tengah pandemi memang tidak mudah tetapi saya mengimbau agar kita semua bisa tetap tinggal di rumah. Dengan tetap tinggal di rumah sudah sangat membantu untuk memutus mata rantai penyebaran virus. Bagi yang keluar rumah sekiranya hanya untuk urusan mendesak saja dan pekerja di sektor-sektor yang diwajibkan untuk tetap bekerja. Selain itu harus juga memperhatikan setiap protokol kesehatan sehingga tidak menambah angka yang terinfeksi,” harap Maya Rumantir menutup penyampaiannya.

Artikel ini telah ditulis di Rri.co.id dengan judul :Maya Rumantir Komite III DPD RI Minta Sosialisasi Covid 19 Cepat dan Merata

Editor : Saeful Imam

Sumber : RRI.co.id

Baca Lainnya