Agar Pandemi Corona Cepat Berlalu, Senator Maya Rumantir Memberikan Pesan ini Kepada Pemerintah dan Masyarakat

Selasa, 08 September 2020 | 11:17
Situs resmi Maya Rumantir/mayarumantirhutasoit.com

Maya Rumantir sekarang, dari pekerja seni jadi politisi

Agar Pandemi Corona Cepat Berlalu, Senator Maya Rumantir Memberikan Pesan ini Kepada Pemerintah dan Masyarakat

GridHITS.id - Pandemi corona belum juga berlalu karena kasusnya masih banyak terdeteksi sampai saat ini.

Padahal, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penyebaran wabah.

Mulai melakukan pembatasan sosial, melakukan kampanye cuci tangan dan penggunaan masker, hingga menekankan pentingnya menjaga jarak.

Baca Juga: Rilis Lagu Bertajuk Indonesia Bersinar, Senator Maya Rumantir Menaruh Harapan Besar Agar Bangsa Indonesia Bebas dari Bentuk Penyimpangan Hukum

Baca Juga: Sempat Diterpa Fitnah, Ini Dia Segudang Prestasi Maya Rumantir hingga Dikenal dengan Komitmen Perjuangkan Kesejahteraan Guru

Senator DR. Maya Rumantir MA PhD sebagai Annggota DPD RI Dapil Sulawesi Utara yang duduk di Komite III memiliki peran strategis untuk turut dalam upaya percepatan, pencegahan, penanganan, dan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19.

Komite III sebagai alat kelengkapan DPD RI yang mempercayakan figur perempuan yang memiliki visi Indonesia Bersinar ini menilai, tugas-tugasnya itu memiliki banyak isu strategis, secara khusus terkait Pandemi COVID-19 dalam ruang lingkup bidang kesehatan dan juga kesejahteraan sosial.

“Dalam rangka percepatan, penanganan dan kewaspadaan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, saya bersama Komite III DPD RI memandang perlu bagi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah meningkatkan koordinasi. Secara khusus dalam hal ini menyangkut implementasi peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 ini,” kata Senator Maya Rumantir, Selasa (28/4/2020) kemarin.

Menurutnya, Pemerintah harus memberikan perhatian khusus dan prioritas terhadap kesehatan masyarakat serta keselamatan warga negara di seluruh wilayah NKRI.

Maya Rumantir juga meminta Gugus Tugas Penanganan COVID-19, baik di tingkat nasional maupun daerah secara khusus Provinsi Sulawesi Utara agar terus tingkatkan koordinasi dan kerja sama.

Hal-hal teknis yang jadi perhatian yaitu tentang distribusi Rapid Test, Hand Gun Thermoeter, Mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), Ventilator, Masker N95, Face Shield dan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap kepada rumah sakit rujukan harus diperhatikan dengan baik.

Tim Maya Rumantir saat hendak melakukan penyemprotan disinfektan di Kelurahan Sario Kota Manado beberapa waktu lalu.

Baca Juga:Dulu Dicaki dan Dicemooh karena Terapkan Lockdown, Kini Dunia Kagum karena Malaysia Sukses Tangani Corona! Hanya Sisakan 4 Pasien Sakit di ICU

Baca Juga:Waspada Untuk Para Pecandu Akut! Polisi Akan Meringkus Siapapun yang Terciduk Mengakses Situs Pornografi: Kami Akan Menjemput Mereka!

Senator Maya Rumantir juga mendorong agar sosialisasi kebijakan-kebijakan pemerintah lebih dipercepat dan dilakukan secara merata atau menyeluruh dengan maksud agar pemerintah daerah maupun masyarakat dapat menerima berbagai informasi dengan cepat, jelas, dan pasti.

“Dalam kondisi seperti ini, pemerintah daerah dan masyarakat sangat membutuhkan pengetahuan yang jelas dan benar dari satu sumber informasi yang ditunjuk oleh otoritas pemerintah agat tidak termakan informasi menyesatkan. Menurut saya, masih banyak masyarakat yang tidak patuh terhadap kebijakan pembatasan jarak sosial (Social Distancing) dan pembatasan jarak fisik (Physical Distancing). Maka dari itu, saya mengharapkan sekaligus menghimbau masyarakat secara kooperatif dan aparat penegak hukum juga harus tegas terhadap mereka yang melanggar atau tidak disiplin,” jelas Maya Rumantir.

Sejalan dengan dikeluarkannya himbauan resmi tersebut, pemerintah juga memberikan solusi secara bersamaan, karena bebagai latar belakang masyarakat tentu menghadirkan beragam respon atau tanggapan terkait kebijakan pemerintah itu sendiri.

Hal yang bisa dilakukan pemerintah daerah yaitu bagaimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari selama masa Pandemi COVID-19 ini dan hal ini terus didorong untuk dengan cepat menyelesaikan aturan-aturan bersifat teknis dalam penanganan kedaruratan.

Dari sisi birokrasi, Maya Rumantir yang dieknal dengan program-program sosial kemasyarakatannya itu sangat berharap birokrasi yang ada tidak menjadi penghambat eksekusi kebijakan dalam penanganan COVID-19.

“Ini berhubungan dengan keselamatan nyawa warga negara dan saya berkomitmen untuk terus melaksanakan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan ketentuan Undang-Undang terkait. Semua kebijakan yang diambil pemerintah harus tepat sasaran, termasuk penyaluran bantuan yang harus diawasi bersama agar tidak salah sasaran,” harapnya.

Baca Juga:Selama ini Ditutup-tutupi, Aktris Malaysia ini Mengaku Jadi Tempat Curhat Laudya Cynthia Hingga Berani Bongkar Perilaku Engku Emran Hingga Penyebab Perceraiannya : Saya Sudah Tahu Sejak Awal

Baca Juga:Tahu Betul Seluk-beluk Kehidupan Laudya Cynthia Bella, Raffi Ahmad Bongkar Rahasia Janda Engku Emran yang Sempat Disembunyikan Rapat-rapat

Pada bagian lain, sebagai kontribusi nyata bagi masyarakat Sulut, secara pribadi Senator Maya Rumantir juga telah memberikan bantuan bagi penanganan COVID-19 melalui program penyemprotan disinfektan, pembagian masker gratis dan bantuan lainnya, meski disadarinya apa yang dilakukan itu belum bisa menjangkau semua kebutuhan masyarakat.

“Mengubah rutinitas di tengah-tengah Pandemi COVID-19 ini memang tidak mudah, namun saya menghimbau agar kita semua bisa tetap tinggal di rumah, karena dengan demikian itu sudah sangat membantu untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Sebagaimana himbauan yang ada, masyarakat yang keluar rumah, kiranya hanya untuk kebutuhan yang mendesak dan pekerja di sektor yang wajib untuk tetap bekerja sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga tidak menambah jumlah orang yang terinfeksi,” tutup Maya Rumantir.

(Frangki Wullur)

Artikel ini telah ditulis di Beritamanado.com dengan judul :Kilas Balik Pandemi COVID-19, Ini Pesan Senator Maya Rumantir

Editor : Saeful Imam

Sumber : Beritamanado.com

Baca Lainnya