Stop! Mulai Besok Jangan Pernah Cuci Beras Pakai Wadah Rice Cooker Lagi Jika Kamu Tak Ingin Hal Mengerikan Ini Terjadi Pada Tubuhmu

Selasa, 08 September 2020 | 10:00
pixabay.com

Air bekas cucian beras bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Stop! Mulai Besok Jangan Pernah Cuci Beras Pakai Wadah Rice Cooker Lagi Jika Kamu Tak Ingin Hal Mengerikan Ini Terjadi Pada Tubuhmu

GridHITS.id - Semenjak munculnya rice cooker, memasak nasi menjadi pekerjaan yang sangat mudah.Oleh karenanya, rice cooker atau penanak nasi adalah benda yang wajib ada di dapur.

Namun sayang, tak semua orang tahu bagaimana cara merawat rice cooker.

Baca Juga: Nasi Sudah Menjadi Bubur, Terlanjur Batal Nikah Jessica Iskandar Kini Baru Menangis dan Mengakui Semua Perselingkuhannya di Belakang Richard Kyle Selama Ini: Enggak Bisa Diperbaiki!

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Pulen dan Wangi, Masak Nasi Menggunakan Daun Pandan Juga Bisa Datangkan Sederet Manfaat Kesehatan IniCoba, kapan terakhir kali Anda membersihkan rice cooker hingga tabung penampung air di belakangnya?

Sama seperti benda lainnya, kalau tidak dibersihkan dan dirawat dengan benar, rice cooker bisa cepat rusak.Nah, salah satu kebiasan yang paling sering kita lakukan adalah mencuci beras langsung di wadah rice cooker. Nah ternyata, kebiasaan ini menyimpan bahaya yang tidak main-main.

Kenapa, ya?Jangan Mencuci Beras di Wadah Rice CookerSatu kebiasaan yang sering dilakukan adalah mencuci beras langsung di dalam panci.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Muzdalifah Pernah Diporoti oleh Orang Terdekatnya Ini Sebelum Nikahi Fadel Islami

Baca Juga: Demi Sesuap Nasi, Artis Tampan yang Dulu Jadi Primadona Ini Ngaku Banting Setir Jualan Keripik hingga Pernah Jadi Driver Taksi OnlineHal ini dilakukan demi faktor kepraktisan. Jadi, tinggal mencuci di wadah rice cooker, lalu memasaknya.

Irit cucian kan? Namun ternyata, langkah ini salah besar!

Pasalnya, tekstur beras yang keras juga bisa menggores lapisan antilengket, lo!Alhasil, lama kelamaan wadahnya akan mengelupas dan tampilannya tidak cantik lagi. Belum lagi, kelupasannya bisa berbahaya jika bercampur ke dalam beras yang akan kita makan, lo.Sebagai informasi, lapisan antilengket pada wadah rice cooker terbuat dari PFOA atau asam perfluorooctanoic yang juga digunakan pada proses pembuatan wajan teflon.PFOA sempat menjadi topik perdebatan hangat di dunia kesehatan.

Bahan kimia ini bersifat kanker (karsinogenik) dan diyakini lama kelamaan bisa mengendap dalam tubuh bila Anda terpapar secara terus-menerus.Selain itu, wadah yang mengelupas membuat nasi juga bisa menempel dan berkerak.Jadi, hindari kebiasaan ini mulai dari sekarang.

Baca Juga: Kerja Keras Demi Sesuap Nasi, Meggy Wulandari Justru Bongkar Nasib Anaknya dari Kiwil: Membantu Mama

Baca Juga: Jadi Makanan Pokok, Ternyata Kita Tidak Boleh Konsumsi Banyak Nasi dengan Lauk Pauk, Begini Pemaparan AhliLebih baik cuci beras pada wadah terpisah dan baru masukkan ke panci saat sudah bersih.

Nah, supaya rice cooker lebih tahan lama, beberapa tips ini bisa dicoba.1. Masak air di dalam rice cookerSetelah nasi habis, pasti yang tersisa adalah nasi kering yang menempel pada lapisan panci antilengket.Untuk membersihkannya, kita bisa mengisi panci sampai ¾ tinggi wadah.Kemudian, tinggal tekan tombol ‘cook’ dan biarkan selama 15 sampai 20 menit.Setelah selesai nanti, sisa-sisa nasi yang menempel akan lebih mudah dibersihkan.2. Cuci dengan air hangatCara lain untuk membersihkan rice cooker adalah dengan melepas panci dari rice cooker, lalu isi dengan air hangat.

Tuangkan satu sendok sabun cuci piring, kemudian aduk hingga berbusa.Kalau sudah didiamkan beberapa menit, pasti nasi yang menempel akan lepas sehingga panci jadi lebih mudah dibersihkan.Jangan lupa bersihkan dengan spons yang lembut, ya!

Baca Juga: Diet Sehat Usai Melahirkan ala Tya Ariestya, Tetap Makan Nasi dan Bebas Olahraga Kapan Saja!

Baca Juga: Semua Hartanya Habis Dijual, Saipul Jamil Kini Pasrah Makan Nasi Pera dengan Sayur Hambar di Penjara! Sahabat : Dia Sudah Tak Punya Apa-apa Lagi

3. Lap rice cooker hingga bersihJangan melupakan bagian dalam dan luar rice cooker!Meski tidak terkena nasi, kalau tidak dibersihkan, pasti ada noda kecokelatan pada bagian dalam rice cooker yang disebabkan oleh panas.Kita bisa mengelap bagian dalam rice cooker dengan lap basah yang sudah dicampur sedikit sabun cuci piring.Setelah itu, jangan dibiarkan terlalu lama dan segera lap kembali dengan lap kering.Untuk bagian luar, cukup bersihkan dengan lap kering hingga bersih.

4. Jangan menggunakan sabutMemang sih, terkadang sisa nasi yang menempel bisa jadi sangat sulit dibersihkan.Tidak jarang akhirnya kita menggunakan sabut untuk membersihkan panci antilengket.Padahal sabut bisa mengikis lapisan antilengketnya, lo!Kalau terkikis, lapisan antilengket bisa tercampur ke dalam nasi dan bisa berbahaya untuk kesehatan.Mudah banget kan, membersihkan rice cooker?Kalau begini, dijamin rice cooker akan awet sampai waktu yang lama.Yuk, rawat alat dapur kita!

Artikel ini telah tayang di SajianSedap.com dengan judul Stop Mencuci Beras di Wadah Rice Cooker Mulai Sekarang! Ternyata Bisa Timbulkan Bahaya Mengerikan Ini Bagi Tubuh

Editor : Saeful Imam

Sumber : sajiansedap.com

Baca Lainnya