Heboh Lebanon Diguncang Ledakan Maha Dahsyat, Diduga Sumber Penyebabnya Akibat Amonium Nitrat

Rabu, 05 Agustus 2020 | 10:25
Kolase | Kompas.com / Aljazeera.com

Heboh Lebanon Diguncang Ledakan Maha Dahsyat, Diduga Sumber Penyebabnya Akibat Amonium Nitrat

Heboh Lebanon Diguncang Ledakan Maha Dahsyat, Diduga Sumber Penyebabnya Akibat Amonium Nitrat

GridHITS.id -Baru-baru ini warganet tengah dihebohkan kabar Lebanon diguncang ledakan maha dahsyat.

Ya, ledakan di Beirut, Lebanon itu nampaknya jadi pembicaraan hangat karena menimbulkan banyak korban.

Dikabarkan jika puluhan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan orang mengalami luka-luka pasca- ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) petang.

Ledakan yang berlokasi di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan dan menebarkan kepanikan di antara warganya.

Kepulan asap berwarna oranye membubung ke langit setelah ledakan kedua terjadi.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjaid penyebab insiden.

Baca Juga: Peringatan Keras dari Jokowi Untuk Seluruh Masyarakat Tanah Air Terkait Gelombang Kedua Virus Corona: Kita Tetap Harus Waspada

Baca Juga: Bikin Lega Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Bansos Covid-19 2020 hingga Muncul Fakta Terkait Penyaluran Tidak Merata

Pupuk itu, imbuhnya disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut.

"Memicu bencana alam dalam setiap arti," kata dia.

Lantas, apa itu amonium nitrat dan apakah zat tersebut mudah meledak?

Dilansir dari situs web kesehatan dan keselamatan kerja pemerintah negara bagian Australia disebutkan bahwa amonium nitrat merupakan bahan yang tidak berbau, yang biasanya berbentuk butiran (pada pupuk), ada yang kristal, dan berwarna putih.

Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa amonium nitrat diklasifikasikan sebagai kelas 5.1 agen pengoksidasi di bawah kode Australian Dangerous Goods (ADG) dan bahan kimia berbahaya di bawah Globally Hamonized System (GHS).

Zat ini adalah oksidator yang kuat dan dapat bereaksi keras dengan bahan yang tidak kompatibel lainnya, sehingga sangat penting untuk menyimpan dan menangani amonium nitrat dengan benar.

Kegunaan amonium nitrat Di Queensland, sekitar 99 persen amoium nitrat digunakan sebagai bahan peledak dalam operasi penambangan.

Sisanya digunakan untuk membuat pupuk.

Keamanan amonium nitrat Mengetahui amonium nitrat dapat meledak pada kondisi tertentu, maka zat tersebut masuk dalam Amonium nitrat keamanan sensitif atau security sensitive ammonium nitrate (SSAN).

SSAN secara khusus dicakup oleh UU Bahan Peledak 1999 dan termasuk zat amonium nitrat, emulsi nitonium nitrat, dan campuran amonium nitrat yang mengandung amonium nitrat lebih dari 45 persen.

Stabilitas dan bahayanya Amonium nitrat stabil dalam larutan padat, cair atau padat.

Namun, itu bisa menjadi kurang tahan terhadap peledakan atau inisiasi karena adanya kontaminasi atau pada paparan suhu tinggi misal terkena api atau panas radiasi.

Baca Juga: Usai NASA Bilang Hujan Meteor Dekati Bumi Lalu Warganet Kaitkan dengan Tanda Kiamat, Tiba-tiba Muncul Video Ledakan Meteor di Madura, Papua, dan Surabaya, LAPAN Angkat Bicara

Baca Juga: Serius! BMKG Sudah Bunyikan Alarm untuk Masyarakat Agar Mulai Waspada Usai Selatan Jawa Lagi-lagi Diguncang Rentetan Gempa Bumi

Adapun aspek yang dapat menyebabkan amonium nitrat menjadi kurang stabil dan berisiko lebih besar meledak antara lain, paparan terhadap kontaminan klorida dan logam (kromium, tembaga, kobalt, dan nikel), penurunan pH atau peningkatan keasaman.

Kemudian, aspek yang membuat amonium nitrat dapat meledak yakni:

Adanya paparan terhadap guncangan kuat, misal dari gelombang kejut ledakan di dekatnya

Terpapar pada suhu tinggi di bawah kurungan, misal dalam pipa tertutup

Adanya ledakan kecil yang dapat memicu ledakan hebat yang disimpan di dekatnya

Amonium nitrat tidak terbakar Masih dari sumber yang sama, dijelaskan bahwa amonium nitrat tidak terbakar.

Namun, zat ini akan mendukung dan meningkatkan laju pembakaran di dekat bahan yang mudah terbakar atau mudah terbakar, bahkan tanpa adanya oksigen.

Ketika amonium nitrat dipanaskan akan meleleh, terurai dan melepaskan gas beracun termasuk nitrogen oksida (NOx) dan gas amonia (NH3).

Saat dipanaskan secara berlebihan (misal terkena api) dapat menyebabkan ledakan di ruang tertutup dan wadah atau bejana yang tertutup dapat pecah dengan hebat.

Diketahui titik lebur amonium nitrat sebesar 170 derajat celsius dan suhu penguraian kurang dari 210 derajat celsius.

Baca Juga: Beda dengan Pemerintah, Perhimpunan Dokter Ini Tak Sarankan Rapid Test dan PCR Jadi Syarat Perjalanan: Silahkan Dibaca

Baca Juga: Kabar Gembira Terkait Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS di Depan Mata, Pemerintah Pastikan Pekan Depan Sudah di Tangan

Mengelola bahaya dan risiko

Setelah meninjau lembar data keselamatan dan label wadah, ada sejumlah tindakan yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya bahaya dan risiko dari amonium nitrat, antara lain:

Mengidentifikasi bahaya dari amonium nitrat dalam konteks bagaimana bahan disimpan dan ditangani.

Melakukan penilaian risiko untuk menentukan sifat, kemungkinan dan tingkat keparahan insiden yang dapat mengakibatkan kerusakan pada orang, properti lingkungan (misal kebakaran, ledakan, atau tumpahan).

Putuskan dan terapkan tindakan pengendalian yang tepat untuk memastikan bahwa risiko terhadap orang, properti, dan lingkungan diminimalisasi sejauh mungkin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ledakan di Beirut, Lebanon dan Dugaan Sumber Penyebabnya

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya