Buat Tenang Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 2020 Untuk UMKM: Bapak Presiden Meminta Kami

Jumat, 24 Juli 2020 | 12:41
Instagram/@smindrawati

Buat Tenang Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 2020 Untuk UMKM: Bapak Presiden Meminta Kami

Buat Tenang Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Bansos Covid-19 2020 Untuk UMKM: Bapak Presiden Meminta Kami

GridHITS.id - Sri Mulyani bagikan kabar gembira terkait Bansos Covid-19 2020 untuk UMKM di tahun ini.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga sempat membagikan kabar gembiraterkait perpanjangan Bansos Covid-19hingga Desember 2020.

Untuk yang ingin mendapatkannya bisa langsung segera cek data penerima bansos di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Kompas.com

Buat Tenang Masyarakat Indonesia, Sri Mulyani Bagikan Kabar Gembira Terkait Covid-19 Untuk UMKM

Pemerintah sebelumnya memang sengaja memberikan Bansos dari April hingga Juni 2020 untuk meringankan beban masyarakat lapisan bawah akibat penyebaran virus Corona.

"Ada hal yang tadi diputuskan oleh sidang kabinet, yakni untuk Bansos yang selama ini diberikan dalam bentuk sembako, pertama, bansos ini diperpanjang sampai Desember," ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani usai rapat terbatas dengan presiden, Rabu, (3/6/2020).

Baca Juga: Menuju New Normal Namun Tak Kunjung Dapatkan Bansos, Begini Cara Mendapatkan Bantuan dari Pemerintah Meski Belum Terdata

Baca Juga: Kabar Baik Bansos Covid-19 2020 Diperpanjang hingga Akhir Tahun Namun Nilainya harus Dipangkas, Berikut Cara Mengecek Kepesertaannya

Hanya saja menurut dia, nilai bansos yang diberikan akan berkurang separuh dari nilai Bansos yang diberikan pada rentang waktu April-Juni 2020, yakni hanya RP 300 ribu tiap bulannya.

"Mulai Juli hingga Desember manfaatnya akan turun dari Rp 600 ribu menjadi Rp 300 ribu per bulan," katanya.

Terbaru, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, pemerintah bakal mengucurkan bantuan sosial ( bansos) untuk pelaku UMKM.

Disebutkan jika Bansos tersebut bakal dikucurkan kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses kredit.

Sri Mulyani pun mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki masih meraccik skema yang tepat untuk penyaluran bansos tersebut.

Baca Juga: Kabar Gembira karena Bansos Covid-19 Diperpanjang Hingga Desember 2020! Begini Cara Mengecek Penerima Bantuan Sosial Corona di cekbansos.siks.kemsos.go.id

Baca Juga: Satu Kabar Baik karena Bansos Segera Cair! Ini Jadwal dan Lokasi Penyaluran Bansos Tahap 4 Pemprov DKI Jakarta 24 Juni - 7 Juli 2020

Sebab, salah satu kendala yang dihadapi untuk menyalurkan bansos kepada sektor UMKM yg belum tersentuh pembiayaan adalah data dari pelaku UMKM yang bersangkutan.

"Bapak Presiden meminta kami dan Pak Teten adalah bagaimana memberikan modal kerja dalam bentuk bansos kepada UMKM yang belum mendapatkan akses kepada pembiayaan," ujar Sri Mulyani, Senin (21/7/2020).

"Ini masalahnya lebih kepada datanya," tambah dia. Bendahara Negara itu pun mengatakan, pihaknya secara sengaja tidak memberikan bantuan dalam bentuk kredit modal kerja.

Namun, dengan bansos tersebut diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk bisa lebih produktif di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

"Mereka tidak diberikan dalam bentuk kredit kerja tapi bansos yang diharapkan produktif. Ini sedang kita formulasikan," ujar dia.

Bendahara Negara itu mengatakan, bansos tersebut bakal diumumkan dalam satu hingga dua pekan ke depan.

Dengan demikian, pemerintah tidak hanya memberikan dukungan kepada masyarakat, UMKM kecil dalam bentuk transfer langsung untuk hal-hal konsumtif, namun juga produktif.

Selain itu, Sri Mulyani pun mengatakan, berbagai stimulus pemerintah yang tadinya dirancang hanya untuk dilakukan selama tiga bulan, bakal diperpanjang hingga Desember.

Hal tersebut mengingat kasus Covid-19 di Indonesia yang masih terus bertambah setiap hari.

“Sekarang dengan situasi yang kita lihat bahwa perkembangan COVID ini akan cukup panjang, semua measure itu semua diperpanjang sampai Desember.

Itu kita harapkan dapat memberikan ketenangan dan keyakinan kepada semua hal, baik di Bansos, kesehatan, serta untuk dunia usaha seperti UMKM dan korporasi,” tutur Sri Mulyani.

Baca Juga: Anda Termasuk Penerima Bansos? Cek Datanya di Website Dan Aplikasi Penerima Bansos Covid-19 Tahun 2020 Berikut ini

Baca Juga: Kabar Baik Bansos Covid-19 2020 Diperpanjang hingga Akhir Tahun Namun Nilainya harus Dipangkas, Berikut Cara Mengecek Kepesertaannya

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya