Rumah Sudah Bersih dan Wangi Tapi Tetap Banyak Tikus Bermunculan? Ternyata Hal Sepele Ini Penyebabnya

Selasa, 14 Juli 2020 | 13:15
pexels

5 hal yang membuat tikus tertarik untuk datang ke rumahmu

Rumah Sudah Bersih dan Wangi Tapi Tetap Banyak Tikus Bermunculan? Ternyata Hal Sepele Ini Penyebabnya

GridHITS.id - Tikus yang ada di rumah tentu sangat mengganggu, nih.Sebabnya adalah karena tikus bisa menyebarkan berbagai penyakit pada manusia yang ada di rumah.Sebelum masuk ke rumah, tikus juga sering berada di tempat yang kotor.

Sehingga saat masuk ke rumah, tikus dapat membawa penyakit.

Baca Juga: Sampai Makan Tikus! Begini Nasib TKI di Malaysia yang Berujung Nestapa Akibat Virus Corona

Baca Juga: Masih dalam Tahap Uji, Reaksi Mengejutkan Terjadi Saat Vaksin Corona Disuntikkan pada Seekor Tikus!Selain itu, dengan giginya yang kuat, tikus juga bisa menggigit dan merusak berbagai benda yang ada di rumah.Namun ternyata ada empat hal, nih, yang membuat tikus jadi senang berada di dalam rumah kita.Cari tahu apa saja penyebabnya, yuk!

1. Mencari Sumber MakananSeperti kebanyakan makhluk hidup, tikus akan datang kalau ada sumber makanan.

Pada dasarnya, tikus memakan apa saja yang manusia makan, teman-teman.Selain dengan penciumannya yang tajam, tikus juga bisa mendeteksi makanan menggunakan kumisnya.Mereka menggunakan kumis seperti manusia menggunakan sidik jari untuk menyentuh atau merasakan sesuatu.

Baca Juga: Cara Mudah Membersihkan Nampan Oven yang Kotor karena Ketumpahan Makanan Saat Memanggang, Tak Perlu Pakai Tenaga!

Baca Juga: Terungkap, Pije Sengaja Bakar Mobil Via Vallen karena Sakit Hati Dihina Kotor Oleh Keluarga Via VallenNah, kamu harus waspada. Karena, makanan yang sudah dicicipi oleh tikus, sangat berbahaya.Tikus bisa menyebarkan kotoran dan penyakit dari urin atau feses.Bakteri yang dibawa oleh tikus antara lain Salmonella yang menyebabkan gejala diare parah.Oleh karena itu, selalu simpan makanan di tempat aman. Penting juga untuk mengeceknya secara berkala.2. Mencari Sumber MinumanSama seperti makanan, minuman juga tidak kalah penting untuk makhluk hidup. Hal ini juga yang bisa menarik tikus ke rumah.

Sebenarnya, tikus tidak butuh banyak air.

Namun mereka akan tetap memerlukannya kalau memakan sesuatu yang kering.Tikus sering memanfaatkan pipa air dan kepala keran yang bocor hingga mangkuk minuman hewan peliharaan untuk mendapatkan sumber air di rumah.

3. Mencari Tempat BerlindungTikus suka berada di tempat yang gelap.

Dan biasanya, di tempat yang susah dijangkau manusia.Atap atau loteng yang biasanya jadi tempat yang ideal buat mereka bersarang. Selain loteng, tempat ideal lainnya adalah dapur.

Baca Juga: Ngeri! Usai Gunakan Handuk Kotor Penuh Jamur untuk Bersihkan Wajah, Gadis Remaja Ini Justru Alami Hal Buruk Setelahnya

Baca Juga: Tabuh Genderang Perang! Banjir Hujatan Usai Tertangkap Basah Nongkrong di Kafe, dr Tirta Kumpulkan Bukti hingga Ancam Tuntut Sosok Ini : Fitnah Pakai Kata-kata KotorKalau di dapur, biasanya mereka bersarang di dekat kulkas, lemari makan, atau tempat menyimpan tabung gas.Nah, tempat-tempat ini kadang suka lupa dibersihkan.Ingat, ya, tikus suka tempat yang kotor. Jadi, sebisa mungkin selalu bersihkan rumah dan perabotanmu.

4. Ada Rongga di TembokPernah dengar ada bunyi cicit tikus, tapi enggak bisa menemukannya? Bisa jadi, mereka berada di dalam tembok.Biasanya, tembok tambahan dengan tripleks rentan jadi tempat tikus bersarang.

Selain itu, mereka pun bisa bersarang di pipa yang tidak terpakai.

Oh iya. Untuk membuat sarang, tikus akan mengumpulkan potongan koran, kardus, atau bahan lainnya yang bisa mereka gunakan.Itu sebabnya, segera buang barang-barang yang tidak terpakai, ya!Atau paling tidak, barang itu harus dibereskan dan pastikan tidak bisa diambil oleh tikus.

Artikel ini telah tayang di Bobo.id dengan judul Wah, Ternyata 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Banyak Tikus Ada di Rumah

Editor : Safira Dita

Sumber : bobo.id

Baca Lainnya