Mudah dan Murah, Cuma Perlu Pakai Cara Ini Untuk Mengobati Sakit Lambung Secara Alami

Jumat, 10 Juli 2020 | 16:00
Freepik

Pakai Cara Ini Untuk Mengobati Sakit Lambung Secara Alami

Mudah dan Murah, Cuma Perlu Pakai Cara Ini Untuk Mengobati Sakit Lambung Secara Alami

GridHITS.id - Cuma perlu pakai cara ini untuk mengobati sakit lambung secara alami secara mudah.

Tak cuma mudah, obat obatan alami ini punya harga terjangkau dan bisa ditemui dimana saja berada.

Seperti kita ketahui bersama jika penyakit lambung sering dijumpai oleh beberapa masyarakat di Tanah Air.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, penyakit lambung menyerang setidaknya 41 persen masyarakat Indonesia.

Tak pelak tingginya angka penyakit ini berujung pada kematian.

Baca Juga: Pasien Sakit Lambung Disogok Rp15 Juta Agar Mengaku Pasien Corona, Pihak RS: Kami Sudah Melakukan Tugas dan Kewajiban Kami

Baca Juga: Terbukti Ampuh! Cuma Modal Pakai Mentimun Bisa Sembuhkan Asam Lambung Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini

Pasalnya, masih banyak yang menyepelekan gangguan lambung karena gejala penyakit yang tidak memberi tanda serius.

Dilansir dari Klikdokter, gangguan lambung sendiri bisa disebabkan banyak hal.

Mulai dari infeksi bakteri H.pylori; mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein secara berlebihan, pola makan tidak teratur, serta nutrisi yang tidak terserap dengan baik oleh usus halus.

Ada banyak cara mengobati gangguan lambung, namun sebagian besar memilih untuk menggunakan racikan herbal karena aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Lalu, bagaimana cara mengobati sakit lambung secara alami? Konsumsi lima obat herbal berikut ini.

Kunyit

freepik
tj_studio

Campuran kunyit

Asam lambung dan GERD (gastroesophageal reflux) terjadi akibat peradangan dan stres oksidatif yang terjadi di area lambung.

Menurut jurnal Turmeric (curcumin) remedies gastroprotective action ditemukan kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi - bahan aktif kurkumin - yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya peradangan tersebut.

Jahe Merah

kompas.com

Jahe merah mengusir asma

Diketahui ada segudang manfaat jahe merah untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga mampu mengatasi masalah lambung. Di antaranya dapat menghilangkan rasa mual, memecah gas dalam saluran pencernaan, meningkatkan pengosongan lambung dan kontraksi lambung bagian bawah secara efektif.

Maka dari itu, konsumsi jahe merah secara rutin sangat dianjurkan bagi penderita gangguan lambung. Anda bisa konsumsi produk yang mengandung jahe merah.

Baca Juga: Ragam Manfaat Jahe Untuk Tubuh, Siapa Sangka Jika Air Rebusan Jahe Bisa Beri Efek Samping Jika Dikonsumsi Begini

Baca Juga: Dikenal Bermanfaat, Orang dengan 5 Kondisi Ini Dilarang Keras Minum Air Kelapa Jika Tak Ingin Alami Gangguan Kesehatan

Madu

Freepik

Ilustrasi madu

Berdasarkan penelitian yang termuat dalam jurnal Honey, Propolis, and Royal Jelly: A Comprehensive Review of Their Biological Actions and Health Benefits terungkap jika madu dapat menghambat H.pylori yang menyebabkan gangguan lambung.

Dijabarkan juga dalam sebuah survei secara klinis, madu dapat mengurangi sekresi asam lambung dan dapat meningkatkan efek penyembuhan pada lambung.

Tidak hanya itu, madu dapat menguatkan sistem imun tubuh dan menjadi sumber energi yang baik.

Adas

Melansir situs azcentral.com, menurut penelitian dalam Phytotherapy Research edisi November 2005 disebutkan jika biji adas mampu menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori yang menjadi salah satu penyebab penyakit lambung, khususnya gangguan lambung.

Akar manis

Salah satu bahan obat herbal tertua di dunia ini punya khasiat untuk mengatasi gangguan lambung loh, terutama yang disebabkan bakteri H.pylori.

Diungkapkan healthline, penelitian dilakukan terhadap 120 orang yang mengkonsumsi ekstrak akar manis selama dua minggu, ditemukan jika bakteri H.pylori pada lambung cenderung berkurang.

Baca Juga: Sering Tak Diperhitungkan, Teh Daun Salam Nyatanya Punya Khasiat Ampuh Atasi Asam Urat hingga Kolesterol Jahat

Baca Juga: Banyak yang Tak Menyadari, Kebiasaan Kencing di Malam Hari Bisa Jadi Pertanda Idap Penyakit Hipertensi

Karena tidak memberikan efek samping dan efektif memulihkan tubuh, obat herbal makin digemari sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sayangnya, di era mobilisasi yang tinggi ini, tentu repot bila harus mengolah bahan-bahan alami tersebut. Apalagi di pandemi ini, kita harus menghindari keramaian, baik di pusat perbelanjaan atau mal.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Lebih Aman, Cara Mengobati Sakit Lambung Secara Alami

Editor : Safira Dita

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya